Ulfa Lubis, Maria (2014) تطوير مادة تعليم مهارة الكلام على المنهج النحوي بمعهد دار الفلاح الإسلامي باتو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengembanganbahan ajar yang esuai dengan kebutuhan siswa merupakan upaya untuk memberikan kemudahan belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan nahwu dan untuk mengetahui keefektifan buku ajar tersebut dalam meningkatkan kelancaran berbicara dan pengucapan yang benar dalam berbahasa arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan( R& D) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini secara umum terbagi dalam tiga tahap: tahap mendesain bahan ajar, tahap validasi ahli( ahliisi dan desain) dan uji lapangan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) bahan ajar dengan pendekatan Nahwu untuk kelas Tiga Tsanawiyah terdiri atas: sampul buku, kata pengantar, petunjuk penggunaan buku, daftarisi, cover tiap bab, 4 judul pelajaran ( susunan kalimat tunjuk, susunan kalimat heranatauta’jub, susunan kalimat lebih dari atau perbandingan, susunan kalimat mintabantuan.) (2) penggunan bahan ajar dengan penggunaan buku ajar dengan pendekatan Nahwu efektif untuk meningkatkan kelancaran berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T yang menyebutkan T lebih besar dari standar nilai yang ada.
ABSTRACT
The development of material which is suitable with student’s need is an effort to facilitate learning process and improve learning quality. This research aims to provide teaching material using nahwu approach and to find out its effectiveness to improve Arabic speaking fluency and pronunciation correctness.
It is a research and development (R&D) using qualitative and quantitative approaches. The development procedure in this research consists of three stages: material design, expert validation, and try out.
The results of this research are (1) Teaching material using nahwu approach for third grade of islamic junior high school consist of: cover, preface, how to use the book, table of content, cover for each chapter, four units (the structure of ism isyarah, Ta’ajjub, Tafdil, isti’anah. (2) The use of teaching material using nahwu approach is effective to improve students’ speaking fluency. The result of T test shows that the T score is higher than the existing standard value
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamid, Mohammad Abdul and Smeer, Zeid B | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم مهارة الكلام; المنهج النحوي; Development; speaking profficiency material; Pengembangan; materi ajar; kemahiran berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 03 Oct 2017 15:17 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 11:17 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8251 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |