Sulistiyah, Erni (2014) تطوير المواد التعليمية في ضوء ثقافة جاوى الشرقية لتنمية مهارة الكلام: بالتطبيق على طالبات بمعهد الأمانة سيدوأرجوا جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa di Pondok Pesantern Al-Amanah adalah salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara para santri. Akan tetapi pada kenyataannya para santri merasa jenuh dan meremehkan dalam mengikuti program ini, karena materi- materi yang diajarkan belum bisa di terima/ menyatu dalam diri dan pikiran mereka. ini disebabkan karna materi pembelajaran tersebut tidak menyajikan materi yang sesuai dengan budaya dan lingkungan mereka.
Dari permasalahan diatas maka peneliti meletakkan Rumusan masalah yaitu: bagaimana cara mengembangkan bahan ajar berbasis Budaya Jawa Timur dan sejauh mana efektifitasnya untuk meningkatkan ketrampilan berbicara di Pondok Pesantren Al-Amanah Sidoarjo Jawa Timur?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang terdiri dari 9 langkah, yaitu:
1) potensi & masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain,6) Uji Coba Produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, dan 9) Revisi produk. Populasi dari penelitian ini meliputi para mahasiswa kelas mutawasit A & B yang berada di Pondok Pesantren Al-Amanah yang berjumlah 28 orang. Adapun instrumen penelitian adalah: observasi, wawancara, angket dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis budaya Jawa Timur sangat efektif dan berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran bahasa arab. Ini dapat dilihat dari perbandingan hasil postest 2 kelompok yaitu kelombok uji coba dan kontrol, yang mana jumlah nilai dari kelompok uji coba yaitu 75,11 lebih tinggi dari kelompok kontrol 63,33 dan lebih tinggi juga dari nilai T table 5% (2,064) dan 1% (2,797).
ABSTRACT
Language learning in Islamic Boarding School of Al- Amanah is one of the programs which has the specific porpoise to increase the speaking skill of the students but, in the fact, those students is bored and do not care about this program. It happens because the materials which is explained is cannot be received and their selves also their though. This is caused by the material of learning did not give the materials which have relation with their culture and environment.
Statement of problem in this research is: how the significant way to develop the teaching material based on East Java culture and its effectiveness to increase speaking skill in Al-Amanah Boarding School Sidoarjo, East Java?
This research uses quantitative and qualitative approach within research and development method (R & D) which consists of 9 steps, they are: 1) problem and potency, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) product experiment, 7) product revision, 8) consumption experiment, and 9) product revision. Population of this research covers all students in intermediate class both A and B in Al- Amanah Boarding School Sidoarjo, East Java. While the instrument of this research are observation, interview, sampling and testing.
The result of research shows that using of teaching material based on East Java culture effectively success in Arabic language learning. It can be seen from the higher posttest result of grouping experiment 75,11 compared with control grouping which only has 63, 57 and the average rate of T – table.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطوير المواد التعليمية; ثقافة جاوى الشرقية; مهارة الكلام; The teaching material development; East Java; speaking skills; Pengembagan bahan ajar; Budaya Jawa Timur; Ketrampilan berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2017 15:24 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:08 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8239 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |