Penerapan metode forward chaining untuk pelevelan pada game pembelajaran bahasa Inggris

Dzikrullah, Moh (2015) Penerapan metode forward chaining untuk pelevelan pada game pembelajaran bahasa Inggris. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10650105.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Seiring dengan kesepakatan yag terjalin oleh beberapa negara dengan masuknya pasar bebas AFTA (ASEAN Free Trade Area) akan mempengaruhi kehidupan sosial serta perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin cepat berkembang. Proses interaksi sosial juga akan mengalami perubahan terutama dalam berkomukasi. Komunikasi menggunakan bahasa internasional (Inggris) sangat diperlukan agar kita bisa berkomukasi dengan para pelaku pasar bebas. Belajar bahasa inggris penting bagi siapa saja, baik tua maupun muda, bahasa Inggris akan lebih mudah diajarkan kepada anak usia dini, karena pada usia dini adalah masa yang disebut dengan “critical period” sehingga anak akan lebih mudah dan cepat menguasai bahasa. Metode belajar bisa dilakukan dengan media permainan, karena permainan merupakan salah satu cara efektif dan efisien untuk memperkenalkan informasi kepada anak. Namun, permainan juga mengandung dampak negatif terutama yang bergenre aksi kekerasan bahkan dapat mengganggu kosentrasi di sekolah, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk membuat permainan (game) pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode Forward Chaining untuk pelevelan. Metode Forward Chainnig diterapkan untuk mengatur perpindahan level agar permainan adaftif dengan user serta diharapkan permainan ini dapat menumbuhkan minat belajar bahasa Inggris karena anak bisa bermain serta belajar . Berdasarkan pengujian Review dan perpindahan level, rules yang digunakan pada metode Forward Chaining sebanyak 5 rules, menunjukkan nilai validitas sebesar 100%. Dari hasil uji coba penerapan ke lima device mobile dengan ukuran display layar yang berbeda menghasilkan pengujian sistem 100% berjalan baik, pengujian tombol 100% berjalan baik, sedangkan pengujian tampilan 80% berjalan baik. Adapun kesalahan yang terjadi disebabkan ukuran layar handphone. Untuk pengembangan selanjutnya, perlu perbaikan agar game bisa berjalan dengan baik pada semua perangkat handphone android.

ENGLISH:

Social and technology are two aspects which develop many times. One influential cause is about the International agreement concerning ASEAN Free Trade Area (AFTA). AFTA will influence the social and technology development including in Indonesia as one country of ASEAN. In this case, the social interaction process will be more different and complex. As a subject country of AFTA, people agree to use English as an International language to communicate. That is why English is very important language to be learned. Although, the young learners usually called as „critical period‟ can learn English easier than the old learners, English can be learned by all learner levels. Game is one learning method besides many methods that usually used. It is because game is an effective and efficient way to deliver the information for the young learners. Young learners can play and learn at one. Although, game has negative impact especially for violence, almost all young learners like games and send their time to play game. In this study, the writer focus on increasing young learners interest in learning English by game English learning which use Forward Chaining method. Forward Chaining method is applied to regulate the flow level in order to play with the user adaptive. Based on the testing result of Review and moving level, rules that are used on Forwarding Chaining as many as 5 rules showed 100% validity value. The fifth testing result of device mobile with the different wide screen display showed as followed; the system is 100 % good working, the testing knob is 100% good working, and the testing display is 80% good working. The errors that occur due to the size of the mobile phone screen can influence the work of the game. For further development, need to be improved so that the game can run well on all android mobile devices.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kurniawan, Fachrul and Nugroho, Fresy
Keywords: Permainan; Pembelajaran; Bahasa Inggis; Game; Learning; English
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:10
Last Modified: 13 Oct 2017 07:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8230

Actions (login required)

View Item View Item