Asriandi, Asriandi (2014) تعليم اللغة العربية ضوء نظرية الفطرة اللغوية لنعوم تشومسكي. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan pembelajaran bahasa Arab tidak terlepas dari teori-teori bahasa yang banyak dikaji oleh para ahli bahasa dan praktisi yang menghasilkan berbagai macam teknik-teknik dalam pembelajaran bahasa, yang memberikan banyak pilihan kepada para pengajar bahasa untuk memilih teknik-teknik baik dalam mengajar bahasa atau dalam mengembangkan keterampilan berbahasa Arab siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa yang diingginkan. Teori Nativisme merupakan salah satu teori bahasa yang dapat memberikan model-model baru didalam pembelajaran bahasa khususnya pada pembelajaran bahasa Arab yang merupakan dasar yang harus dimiliki oleh semua pembelajar bahasa Arab, terlebih yang ingin mengembangkan keterampilan berbahasa mereka. Dengan demikian, peneliti mengkaji pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif teori Nativisme yang bertujuan untuk menambah kajian-kajian dalam pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif analitis dengan jenis penelitian yaitu penelitian pustaka. Sumber data penelitian ini adalah buku-buku karya Noam Chomsky yang membahas tentang teori Nativisme dan buku-buku yang membahas tentang pembelajaran bahasa Arab dan yaang lainnya. Dan untuk melakukan kajian dan analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis isi.
Temuan penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif teori Nativissme merupakan pembelajaran bahasa Arab yang berpusat pada kemampuan bawaan siswa. Dimana kemampuan bawaan tersebutlah yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa kita, karna kemampuan bawaan tersebut merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai pengolah data yang masuk untuk dari luar untuk dijadikan sebagai pengetahuan bahasa, kemudian diproduksi oleh kemampuan berbahasa sehingga menjadi sebuah ujaran-ujaran atau kalimat-kalimat baru yang dapat digunakan oleh siswa dalam berkomunikasi dengan lingkunganya. Alat tersebut diistilahkan dengan LAD (alat pemerolehan bahasa).
Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif teori Nativisme bahwa memberikan peran yang lebih banyak kepada siswa untuk lebih aktif didalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab agar dapat lebih cepat dalam menguasai bahasa yang dipelajari dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang dimiliki, karna teori ini memusatkan pada kemampuan bawaan yang telah dimiliki oleh siswa semenjak merkan dilahirkan.
ABSTRACT
The development of Arabic Language teaching is undone of the language theories whic were analisied by all of language scholarships, and it produces any various techniques in the language teaching and gives any choices to the alls teacher of languages to develop the Arabic language skill of students whic suitable with purposes of teaching. The nativism theories is one of language theories that can be giving any new models in the language teaching specially, the Arabic language teaching as a basic that must be on the leaner of Arabic language. So that, we take this topic to be a reaseahc.
This research uses qualitative approach on the descriptive analytis methode, and it include to the library research. The First resouse of this research are alls reference of Noam Chomsky books. And the second resouse are all references that discuss about Arabic teaching.
The result of this research is that Arabic Vocabularies teaching on the nativism theory is Arabic Vocabularies teaching wich is centred on inate competence of students. This inate competence can increase our language competence, because it is a equipment that has fungtion to manage alls data to be coming new words and sentences that can be using to speak whit their invorenment or others. That is mentioned by LAD - Language of Acquisition Divice.
The conclution of this research is that the Arabic teaching on the nativism theory gives the student more roles in the Arabic teaching in other to the students master alls materies fastly and also to increase their inate competence in theirself, because this theory is just centred on the inate competence of students only.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hamid, Mohammad Abdul and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم اللغة العربية; نظرية الفطرة; Teaching of Arabic; Nativism Theory; Pembelajaran Bahasa Arab; Teori Nativisme Chomsky | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2017 15:11 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 11:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8228 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |