Hakim, Abdul (2014) إدارة تعليم اللغة العربية في معهد عبد الرحمن بن عوف العالي بالجامعة المحمدية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12720001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Perkembangan ini terlihat dari berdirinya pondok, sekolah, universitas,dan lembaga- lembaga khusus dalam pembelajaran Bahasa arab. Oleh sebab itu untuk menjalankan dan mengembangkan pembelajaran Bahasa arab perlu manajemen yang bagus.
Fokus penelitian ini adalah manajemen pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Abdurrahman bin Auf Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam hal ini penelitian dilakukan di kelas putra. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Bahasa Arab serta menganalisis kualitas perencanaan yang dilakukan, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab serta menganalisis kualitas pelaksanaan yang dilakukan, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Bahasa arab serta menganalisis kualitas evaluasi yang dilaksanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sampling.
Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: (1)Perencanaan pembelajaran: (a) perencanaan kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum yang digunakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) pada jurusan Al-I’dad Lughowi dengan beberapa perubahan yang dilakukan oleh bagian akademik di kantor pusat Yayasan Muslim Asia di Jakarta, (b) Perencanaan proses pembelajaran mengacu pada kurikulum yang digunakan, (c) Perencanaan materi ajar mengacu pada kurikulum, yaitu menggunakan kitab “silsilatu ta’limi al-lugahat al-‘arabiyah” yang diterbitkan oleh Universitas Islam Imam Muhammad Ibnu Su’ud Kerajaan Arab Saudi (d) kualitas perencanaan pembelajaran di Ma’had Abdurrahman bin auf sangat bagus (2) Pelaksanaan pembelajaran: (a) Pelaksanaan pembelajaran mengacu pada kurikulum dan rencana pembelajaran dan disesuaikan dengan keadaan dikelas, (b) pelaksanaan pengajaran materi ajar mengacu pada kurikulum, (c) metode yang sering digunakan adalah metode langsung, akan tetapi metode yg digunakan juga disesuaikan dengan materi, suasana kelas, dan tingkatan mahasiswa, (d) di antara Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah LCD, kartu bergambar, film, papan tulis, peta, (e) Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa yaitu: lomba pidato, lomba cerdas cermat, lomba debat, lomba bercerita, pidato Bahasa arab setelah solat asar, kuliah umum yang disampaikan oleh orang arab, dan wisata Bahasa, (f) kualitas pelaksanaan pembelajaran di Ma’had Abdurrahman bin auf sangat bagus (3) Evaluasi Pembelajaran; (a) Kegiatan evaluasi dari segi waktu berupa penilaian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester. Kegiatan evaluasi dari segi macamnya berupa ujian tulis dan ujian lisan, (b) soal ujian dibuat oleh dosen, kecuali untuk ujian akhir semester pada mata kuliah kebahasaan, soal dibuat dari kantor pusat Yayasan Muslim Asia di Jakarta, (c) penilaian tidak hanya dari segi kognitif, akan tetapi juga dari segi afektif dan psikomotorik, (d) standar kelulusan yang ditetapkan adalah 60, (e) hasil evaluasi digunakan untuk menentukan kelulusan, kelulusan bersyarat, ketidak lulusan dan Drop Out, (f) kualitas evaluasi pembelajaran di Ma’had Abdurrahman bin auf sangat bagus.
ABSTRACT
Teaching for Arabic in Indonesia keep on progress over the time. This progress can be seen from boarding schools, schools, universities and Arabic courses that already built in many places. Therefore, to operate and develop the Arabic learning, we need a good management of it.
This research focus on Arabic teaching management at Abdurrahman bin Auf boarding school on University of Muhammadiyah Malang. In this case, the research is done in the class of man students. The purposes of this research are: (1) to describe the planning of arabic learning and also to analyze the quality of it that already done, (2) to describe the implementation of arabic learning and to analyze the quality of it that already done, (3) to describe the evaluation of arabic learning and to analyze the quality of it that already done.
This research used the qualitative approach by using case-study method. The technique of collecting data through interviews, observation and documentation. The subject on this research is choosen by purposive sampling.
The results of this reseach are: (1) Planning for learning: (a) Curriculum planning which is used based on curriculum that is used in Islamic and Arabic Science Institute (LIPIA) Jakarta, majoring in Al-I'dad Lughowi with some changes which are made by the academic section at headquarters Asia Muslim Charity Faundation in Jakarta, (b) The planning refers to the process of learning the curriculum which is used, (c) Planning for teaching materials refer to the curriculum which is using the book “silsilatu ta’limi al- lugahat al-‘arabiyah”, published by the Islamic University of Imam Muhammad Ibn Su 'ud Kingdom of Saudi Arabia (d) The quality of the plan for learning in Abdurrahman bin auf Boarding School is very good. 2) The implementation of learning: (a) The implementation of learning refers to the curriculum and lesson plans that already exist and adapted to the situation in class, (b) The implementation of teaching on learning materials refer to the curriculum, (c) The method that frequently used is the direct method, but the method which is used also adapted to the material, classroom atmosphere and student levels, (d) the medias’ which are used on the learning are the LCD, picture cards, movies, blackboard, maps, (e) Extracurricular activities are implemented to enhance the language skills of students, namely: speech contest, quiz competitions, debate contest, storytelling competitions, speech Arabic Language after asr prayers, public lecture that is delivered by the Arabian and Language tour, (f) the quality of learning in Abdurrahman bin Auf boarding school is very good. (3) The Evaluation of Learning: (a) Evaluation activities in terms of time in the form of a daily assessment, assessment midterm and end of semester assessment. Evaluation in terms of the kinds of activities can be form of a written test and an oral test, (b) The examination is made by the lecturer, except for the final exams. Especially for final exams on the languange subjects, the matters are made of Muslim Asia Foundation headquarters in Jakarta, (c) assessment not only in terms of cognitive, but also in terms of affective and psychomotor, (d) the passing standard set is 60, (e) evaluation results are used to determine graduation, graduation on conditional, non graduates and Drop Out, (f) evaluation of the quality of learning in Abdurrahman bin auf boarding school is very good.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Huda, Miftahul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | إدارة تعليمية; تعليم اللغة العربية; Learning Management; Learning for Arabic; Manajemen pembelajaran; pembelajaran Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2017 15:11 | |||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2017 15:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |