Saifudin, Acip (2014) Rancang bangun permainan aksara Jawa menggunakan Algoritma A* (A Star) untuk penentu arah gerak musuh. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10650072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Aksara Jawa, dikenal juga sebagai Hanacaraka dan Carakan, adalah salah satu aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya seperti bahasa Sunda dan bahasa Sasak, Tulisan ini berkerabat dekat dengan aksara Bali. Semakin berkembangnya dengan zaman media penulisan aksara jawa semakin berkurang. Untuk mengembalikan antusiasme penulisan menggunakan aksara jawa diperlukan pendidikan dini terutama bagi anak muda agar penulisan aksara jawa tidak hilang seiring dengan berkembangnya zaman. Salah satu media pembelajaran yang modern adalah pembelajaran melalui smartphone. Media pembelajaran tersebut adalah berupa game yang didesain menarik sehingga bisa digunakan untuk bermain sambil belajar.
Dalam game ini, musuh akan diterapkan kecerdasan buatan untuk mengejar player. Algoritma yang digunakan adalah A*. Algoritma ini digunakan untuk menentukan jalur terpendek bagi musuh dalam mengejar player. Pengujian dilakukan menggunakan perangkat mobile Android dengan memperhitungkan waktu penyelesaian untuk melalui node yang terpilih dalam mengejar pemain. Dari uji coba yang dilakukan, hasil penelusuran jalur menggunakan algoritma ini ditemukan solusi dengan waktu tempuh rata-rata 4.45 detik untuk 245 node terpilih.
ENGLISH:
Javanese script also known as hanacaraka and Carakan, is one of the traditional characters used to write archipelago Java language and a number of other regional languages like Sundanese Indonesian and Sasak language, this script are closely related to the Balinese script. The writing media of javanese script is decreasing by the time, to restore the enthusiasm of writing javanese script needed early education especially for young children. One of modern media to learn javanese script is learning via smartphone, for example is game. Fascinating game is the powerfull learning media because it’s liked most the young people.
In this game, the enemy applied artificial intelligence to chase the player. The algorithm is A*. This algorithm is used to find sortest path to the player. Testing this game is performed using android mobile device. From the experiments performed, the results of the search paths using the algorithm found a solution with an average travel time of 4.45 seconds for 245 nodes selected.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurhayati, Hani and Faisal, Muhammad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Aksara Jawa; Algotirma A*; Node; Javanese Script; A* Algorithm | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:39 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:39 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8220 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |