Putrisari, Nurina Dyah (2014) إعداد الواحدة التعليمية لتنمية مهارة الكلام في دورة تعليم اللغة العربية المكثفة: : بحث تطويرى في معهد القلم الإسلامي بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (31MB) |
Abstract
ABSTRAK
Bahasa Arab Intensif merupakan agenda yang diselenggarakan untuk para santri baru Ma’had Al Qalam MAN 3 Malang yang bertujuan untuk membekali mereka dengan kemampuan-kemampuan dasar dalam Bahasa Arab. Namun terdapat beberapa unsur pembelajaran yang kurang mendukung upaya pembekalan ini, yang terpenting adalah isi bahan ajar yang hanya terbatas pada pemberian kosa kata. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti menyusun sebuah modul sebagai bahan ajar yang menggabungkan di dalamnya pembelajaran kosa kata dengan keterampilan berbicara. Bahan ajar ini juga mampu memberikan peluang bagi para santri untuk belajar secara mandiri. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menyusun sebuah modul dan (2) mengetahui efektifitas modul tersebut.
Populasi dalam penelitian pengembangan ini adalah santri Ma’had al Qalam kelas X dari program reguler tahun pelajaran 2013-2014 dengan mengambil santriwati kelas X E sebagai sampelnya. Dan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, angket dan tes.
Modul ini tersusun melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis awal, (2) penyusunan, dengan isi modul yang terdiri dari (a) petunjuk penggunaan, (b) kegiatan pembelajaran, (c) evaluasi, (d) materi suplemen dari istilah-istilah yang umum digunakan dan beberapa permainan kebahasaan. Dan karakteristik modul ini adalah: (a) ketersediannya sebagai sarana pembelajaran mandiri, (b) penyusunannya berdasarkan kebutuhan santri, (c) penyusunannya untuk 18 kali pertemuan meliputi pembelajaran kosa kata dan pengembangan keterampilan berbicara, (d) setiap materi diawali dengan percakapan yang disusun dengan kalimat-kalimat sederhana, (e) penggunaan gaya bahasa komunikatif (f) dilengkapi dengan rekaman percakapan untuk latihan pengayaan. Tahapan selanjutnya adalah: (3) validasi ahli, (4) uji lapangan, (5) revisi modul setelah uji lapangan. Dan modul yang disusun peneliti memiliki efektivitas.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menyusun bahan ajar yang terfokus pada pengajaran keterampilan berbicara dan untuk menyusun tema-tema lain bagi pelajar pada
level menengah ke atas.
ABSTRACT
Arabic Intensive Teaching is an agenda which is held for all new students of Al Qalam Islamic which is purposed to provide every new student with Arabic basic competences. But there are some learning elements that didn’t support the effectiveness of this program, and the main point was the learning materials which was just consist of vocabularies. Based on that case, researcher designed a module as learning materials which was integrated with speaking skill development in it and it was also designed for every student to learn with autonomous learning model. Therefore, this research purposed: (1) designing module and (2) knowing its effectiveness.
The population of this research and development are all students from first graduate in regular program on period 2013-2014, with students of class X E as its sample. The instruments of this research are the guideline of observation and interview, and also the questionnaire and test.
This module was designed on these steps, they are: (1) introductory analysis, (2) designing, at which this module consisting of: (a) user’s guideline, (b) learning activities, (c) evaluations, (d) supplemental materials containing common expressions and language games. And the characteristics of this module are: (a) autonomus learning available, (b) based on students‘ need, (c) designed for 18 meetings including vocabularies learning and speaking skill development, (d) every module is started with conversation which is contained short sentence, (e) using interactive language style, (f) added with recorded conversations for enrichment speaking practice. The next steps are: (3) module validation, (4) product experiment, (5) module revise after experiment. And the designed module has an effectiveness.
Based on those results, the researcher suggests the next researchers to design other materials which focus its attention on speaking skill and also to design other topics for the students in intermediate and advance level.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الواحدة التعليمية; مهارة الكلام; Module; Speaking Skill; Modul; Keterampilan Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2017 15:33 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8218 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |