Umayah, Binti (2015) Aplikasi market basket analysis dengan metode association rule untuk menemukan perilaku konsumen melalui data transaksi: Studi kasus Business Center Uin Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11650104.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Data transaksi merupakan sekumpulan data hasil pencatatan yang berhubungan dengan kegiatan transaksi jual beli pada sebuah perusahaan. Pada tahun terakhir ini, data transaksi sudah banyak digunakan sebagai bahan penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan beberapa informasi baru guna membantu pengelolaan perkembangan bisnis di masa depan. Salah satu perusahaan kecil swasta yang belum mampu memanfaatkan data transaksi secara maksimal, namun juga harus mampu mengembangkan potensi diri dalam persaingan bisnis adalah Business Center UIN Malang. Data transaksi yang dimilikinya masih sebatas penyimpanan saja dan belum dapat dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan bisnis selanjutnya.
Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisis data transaksi yang ada. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang bersifat market basket analysis. Aplikasi dibangun dengan berbasis desktop, yang didalamnya mampu mengolah serta pendataan ulang data transaksi yang dimiliki. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah dengan mengikuti tahapan-tahapan yang ada pada teknik data mining.
Hasil yang diperoleh dari uji coba yang dilakukan bahwa pembangunan dan penerapan aplikasi market basket analysis dengan metode assocition rule menggunakan algoritma apriori dapat berjalan dengan baik. Dengan rata-rata nilai confidence yang diperoleh sebesar 46.69% dan nilai support sebesar 1.78% dan rule yang dihasilkan sebanyak 30 rule.
ENGLISH:
The data transaction is a set of registration data related to the buying and selling activities on a company. In recent years, the data transaction is already widely used as research object for the purpose of getting some new information to help manage the business development in the future. One of small private company which has not been able to exploit its full potential of data transaction, but also to develop their potential in a competitive business is Business Center UIN Malang. Its data transaction is still limited to storage only and cannot be used well for further business development.
An endeavor to do is designing application that can be used to analyze the data transactions. The application is market basket analysis. Application designed by desktop-based, which includes the capability to process the data transaction as well as data transaction collected. The methodology used in designing this application is keeping all steps in data mining techniques.
The results obtained from experiments performed that the development and implementation of application of market basket analysis by the rule of Association method with Apriory algorithm is able to work properly. By an average value of confidence gained by 46.69% and amounted to 1.78% of support values and rule produced as many as 30 rules.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kurniawan, Fachrul and Abidin, Zainal | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Data Mining; Association Rule; Apriori; Market basket Analysis; Data Mining; Association Rule; Apriory; Market basket Analysis | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:35 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8214 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |