Responsive Banner

Implementasi metode role playing pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMAN 2 Trenggalek

Sajida, Farhan Nabil Nur (2025) Implementasi metode role playing pada pembelajaran PAI dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMAN 2 Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210101110082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

(5MB)

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan keterampilan sosial merupakan aspek krusial dalam pendidikan, namun sering kali menghadapi tantangan di lingkungan sekolah menengah atas, di mana interaksi siswa cenderung rendah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menawarkan momentum strategis untuk melatih keterampilan ini secara praktis. Penggunaan metode konvensional dirasa kurang memadai untuk memfasilitasi pengalaman nyata. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji implementasi metode Role Playing sebagai strategi pembelajaran inovatif di SMAN 2 Trenggalek. Tujuannya adalah untuk menganalisis secara mendalam (1) perencanaan, (2) langkah-langkah penerapan, dan (3) hasilnya dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa pada materi tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi di SMAN 2 Trenggalek. Subjek penelitian melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, dua guru PAI, dan siswa kelas XI. Analisis data dilakukan secara interaktif mengikuti model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan metode Role Playing dilakukan secara sistematis, dengan fokus tujuan bergeser dari penguasaan teoretis menjadi pengalaman empiris. Perencanaan ini mencakup pemilihan topik yang kontekstual (isu kekinian dan simulasi khutbah), manajemen waktu yang terstruktur, dan penetapan hasil yang berorientasi pada kerja sama tim. Langkah langkah penerapan dilaksanakan secara partisipatif melalui siklus yang jelas: persiapan, peragaan awal, evaluasi (melibatkan peer assessment), pemeranan ulang, dan refleksi. Implementasi metode ini terbukti memberikan hasil positif terhadap pengembangan keterampilan sosial siswa. Dampak tersebut teridentifikasi pada peningkatan kemampuan komunikasi, kemampuan beradaptasi dalam peran baru, efektivitas kerja sama dalam kelompok, serta kemampuan penyelesaian konflik yang diasah melalui simulasi dan evaluasi reflektif.

ENGLISH:

The development of social skills is a crucial aspect of education, but often faces challenges in high school environments, where student interaction tends to be low. Islamic Religious Education (PAI) learning offers a strategic momentum to practice these skills in a practical manner. The use of conventional methods is considered inadequate to facilitate real experiences. Therefore, this study examines the implementation of the Role Playing method as an innovative learning strategy at SMAN 2 Trenggalek. The aim is to analyze in depth (1) the planning, (2) the implementation steps, and (3) the results in developing students' social skills in this subject.

This study uses a qualitative approach with a field research type. Data collection was conducted through in-depth interviews, observations, and documentation studies at SMAN 2 Trenggalek. The research subjects included the principal, the vice principal of curriculum, two PAI teachers, and 11th grade students. Data analysis was conducted interactively following the Miles and Huberman model, which includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing.

The results showed that the planning of the Role Playing method was carried out systematically, with the focus shifting from theoretical mastery to empirical experience. This planning included the selection of contextual topics (current issues and sermon simulations), structured time management, and the establishment of teamwork-oriented outcomes. The implementation steps were carried out participatively through a clear cycle: preparation, initial demonstration, evaluation (involving peer assessment), re-enactment, and reflection. The implementation of this method has proven to have positive results on the development of students' social skills. The impact has been identified in the improvement of communication skills, the ability to adapt to new roles, the effectiveness of cooperation in groups, and the ability to resolve conflicts, which has been honed through simulation and reflective evaluation.

ARABIC:

ف تابقعب ابلاغ مدطصي هنأ يرغ ،ةيوبترلا ةيلمعلا ف ةيرهوج ةزيكر ةيعامتجلاا تاراهلما ريوطت لكشُ ي ناديمك ةيملاسلإا ةيبترلا ةدام زبرت ،قلطنلما اذه نمو . بلاطلا يب لعافتلا روتفب مستت تلا ةيوناثلا سرادلما تائيب ةيكامحو ةيعقاو براتج يرفوت نع ةيديلقتلا بيلاسلأا روصقل ارظن ؛ةيلمع ةقيرطب تاراهلما هذه لقصل يجيتاترسا يميلعت بولسأك "راودلأا بعل " ةيجيتاترسا قيبطت ةيلعاف ءاصقتسلا ةساردلا هذه ىعست ،كلذ ىلع ءانب .ةايحلل ةيلمع )١( : لمشي قمعم ليلتح يمدقت لىإ ةساردلا فدتهو . كيلاجنيرت ٢ ةيموكلحا ةيوناثلا ةسردلما ف ركتبم نمض بلاطلل ةيعامتجلاا تاراهلما ةيمنتب ةقلعتلما ةيئاهنلا تاجرخلما )٣(و ،ذيفنتلا تاوطخ )٢( و ،طيطختلا ررقلما اذه.

يجهنم ثولثا برع تناايبلا تعُ جُ ثيح ،نياديلما ثحبلا بولسبأ يعونلا جهنلما ةساردلا تدمتعا: بئناو ،ةسردلما ريدم ثحبلا ةنيع تلشم .ةروكذلما ةسردلما ف قئثاولا ةساردو ،ةرشابلما ةظحلالماو ،ةقمعلما تلاباقلما تناايبلا تعضخ دقو . رشع يدالحا فصلا بلاط لىإ ةفاضإ ،ةيملاسلإا ةيبترلا يملعمو ،جهانلما نوؤشل ريدلما جئاتنلا صلاختسا لىإ لاوصو ،اهضرعو تناايبلا فيثكت نم اءدب ،" ناميربوهو زليام " جذونم قفو يلعافتلا ليلحتلل اهنم ققحتلاو.

يرظنلا زيكترلا نم لاوحتم ،قيقد يجهنم قسنب ت راودلأا بعل ةيجيتاترسا طيطتخ نأ جئاتنلا تفشك ةرادإو ،)بطلخا ةاكامحو ةرصاعلما يااضقلا لثم( ةيقايس تاعوضوم رايتخا برع كلذو ،ةيبيرجتلا ةبرلخا لىإ تحبلا ةلماكتم ةرود برع يكراشت بولسبأ تاوطلخا تذفُ ن .يعاملجا لمعلا ونح ةهجوم تاجرمخ ديدتحو ،ةيلعافب تقولا ريدلجاو . يلمأتلا يركفتلاو ،ليثمتلا ةداعإو ، )نارقلأا مييقت كلذ ف ابم ( مييقتلاو ،ليولأا ضرعلاو ،يرضحتلا :تلشم رثلأا ىلتج ثيح ؛ةيعامتجلاا تاراهلما لقص ف ةسوملم ةيبايجإ جئاتن نع رثمأ ةيجيتاترسلاا هذه قيبطت نأ ركذلبا ىلع ةردقلا نع لاضف ،نواعتلا حور زيزعتو ،ةديدلجا راودلأا عم فيكتلا ف ةنورلماو ،لاصتلاا تاراهم يستح ف يساكعنلاا مييقتلاو ةاكالمحا للاخ نم تلق ُص تلا تاعازنلا لح

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rossidy, Imron
Keywords: Metode Role Playing; Keterampilan Sosial; Pembelajaran PAI; Role Playing Methods; Social Skills; PAI Learning; أساليب لعب الأدوار; الأمهارات الاجتماعية; تعلم
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhan Nabil Nur Sajida
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:40
Last Modified: 24 Dec 2025 08:40
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/82132

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item