Responsive Banner

فعالية بيئة اللغة العربية على ضوء الاستيجابة الجسدية الكاملة لتنمية مهارة الكلام: دراسة تطويرية تجريبية في مدرسة "إنسان ترفادوا" المتوسطة بيطان جاوى الشرقية

Syarofah, Alfiatus (2013) فعالية بيئة اللغة العربية على ضوء الاستيجابة الجسدية الكاملة لتنمية مهارة الكلام: دراسة تطويرية تجريبية في مدرسة "إنسان ترفادوا" المتوسطة بيطان جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11720035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Menurut Richard Total Physical Respon merupakan suatu metode pembelajaran Bahasa yang disusun pada koordinasi perintah (command) ucapan (speech) dan gerak (action) begitu pula berusaha mengajarkan bahasa melalui aktifitas fisik (motorik). Metode ini dikembangkan oleh seorang professor psikologi di universitas San Jose Calivornia yang bernama Prof. Dr. james Asher yang telah sukses dalam pengembangan metode ini pada pembelajaran bahasa asing pada anak-anak. Ia berpendapat bahwa pengucapan langsung pada anak atau siswa mengandung suatu perintah dan selanjutnya anak atau siswa akan merespon kepada fisiknya sebelum mereka memulai untuk menghasilkan respon verbal atau ucapan.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang tata cara pengembangan lingkungan bahasa dengan menggunakan metode total physical respons sekaligus melihat seberapa efektif jika pembelajaran maharoh kalam menggunakan metode tersebut sehingga hasil dari maharoh kalam yang dipelajari mempunyai pengaruh dalam keseharian penggunaan bahasa arab.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengembangan, dimana peneliti menggunakan dua kelompok yaitu kelompok uji coba terbatas dan uji coba luas.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penerapan metode Total Physical Respon dimulai dari tahap pembukaan yaitu penjelasan, penerapan, dimana peneliti menerapkan langkah-langkah dalam metode TPR yaitu siswa mengikuti gerakan dan ucapan yang diperagakan oleh guru sebelum memasuki pelajaran inti dan sekaligus mengikuti gerakan-gerakan perintah dalam bentuk mufrodat dan kemudian siswa mempraktekkannya sendiri dengan siswa yang lainnya metode ini sangat efektif diterapkan terlihat dari hasil Ttabel bahwa
5543,58 lebih besar dari 2,00 sama dengan Ho ditolak maka metode ini dapat dikatakan efektif.

ABSTRACT

According to Richard, Total Physical Response is a language learning method developed in coordination command, speech and motion (action) as well as trying to teach language through physical activity (motoric). This method was developed by a professor of psychology at San Jose California University named Prof. Dr. James Asher who has been successful in the development of this method on foreign language learning in children. He argues that the direct pronunciation in children or students containing a command and subsequent, child or student will respond to a physical before they begin to produce verbal responses or speech.

This study aims to address issues regarding the procedure of developing a language environment using total physical response method as well as see how effectively if learning maharoh kalam (the ability of speaking) using these methods so that the results of maharoh kalam (the ability of speaking) who has studied the influence of the Arabic language in everyday use.

This study uses a quantitative approach with development method, where researcher used two groups they are limited testing and extensive testing.

Based on the result of analysis shows that the application of Total Physical Response method started from the opening stage of the explanation, the application, where the researcher applied the steps in the TPR method that students follow the movements and speech are modeled by the teacher before entering the core subjects and at the same time follow the movements in the command vocabulary form and then students practice it by themself with other students, this method is very effective method and the results from T- table that 5543,58 is greater than equal to 2.00 Ho rejected then this method can be effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSyuhadak, SyuhadakUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMustofa, Gareeb Allah Baa BikrUNSPECIFIED
Keywords: مهارة الكلام; الاستيجابة الجسدية الكاملة; Maharoh Kalam; Total Physical Response; TPR; Maharoh Kalam; Total physical Respons; TPR
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 27 Sep 2017 16:00
Last Modified: 22 Dec 2017 10:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8212

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item