استخدام المختبر للألعاب اللغوية لترقية مهارة الاستماع والكلام : بحث تجريبي في مدرسة روضة الحكمة الثنوية التأهيلية كرسيك جاوى الشرقية

Fuadatun Nisa’, Husnul (2012) استخدام المختبر للألعاب اللغوية لترقية مهارة الاستماع والكلام : بحث تجريبي في مدرسة روضة الحكمة الثنوية التأهيلية كرسيك جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hendaknya kita menggunakan metode pembelajaran yang sesuai,metode adalah serangkaian kegiatan yang di gunakan untuk menjelaskan materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan tertentu,dan tidak terjadi perbedaan diantara keduaannya.sesungguhnya penggunaan laboratorium bahasa berkaitan erat dengan metode “Drill” dalam pembelajaran bahasa asing, dan pengggunaan media adalah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. sedangkan laboratorium bahasa adalah peranan penting dalam media pembelajaran modern,yang dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara siswa,oleh sebab itu peneliti ingin mengkaji studi dan penerapan nya di Sekolah Menengah Atas Kejuruhan “Raudlotul Hikmah Gresik Jawa timur Tahun Pelajaran 2010-2011.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Lemah nya siswa di bidang ketrampilan mendengar dan berbicara,(2 dalam pembelajaran bahasa arab tidak ada penggunaan permainan bahasa yang menggunakan media laboratorium bahasa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif serta eksperimen dengan menggunakan pretest danpost test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruhan Gresik tahun pelajaran 2010-2011.dan sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIIA sebagai kelas eksperiman yang berjumlah 32 siswa,dan kelas B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa.dan instrumen pengumpulan data memakai,1-Tes, 2-Interview, 3-Angket.

Adapun hasil dari penelitian ini (1)Peneliti menggunakan laboratorium bahasa dengan menggunakan metode permainan bahasa untuk meningkatkan ketrampilan mendengar dan berbicara Di Sekolah Menengah atas Kejuruhan Kelas XIIA, memakai dua permainan bahasa.(man ana)untuk ketrampilan mendengar dan (na’am la)untuk kemampuan berbicara.dan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran yang menyenangkan.(2)penggunaan laboratorium Bahasa dengan memakai metode permainan bahasa untuk meningkatkan ketrampilan mendengar dan berbicara dari segi hasil Tes,dapat meningkatkan kefektifan pembelajaran,dan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pre test nya mencapai 63,43 dan nilai rata-rata post test mencapai nilai 75,78,ada peningkatan yang banyak.tetapi dari segi jawaban angket hasil nya tidak efektif (gagal). Dengan nilai rata-rata siswa 16,85

ABSTRACT

We should use the appropriate teaching methods, the method is a series of activities that is used to describe learning materials in accordance with a particular approach, and there is no difference between the two. Actual use of language laboratory is closely related to the “Drill” in learning a foreign language, and use of media is one way to achieve learning objectives. The Language Game is an appropriate method while the lab of language is an important part in modern learning media which can improve students listening and speaking skills, so researchers wanted to examine the study and its application in vocational High School “ Raudlotul Hikmah Gresik East Java” Lesson Year 2010 – 2011.

Formulation of the problem in this study were ( 1 ) the lack of students in the areas of listening and speaking skills, ( 2 ) in learning the Arabic language there is no use of the language game that uses media language laboratory. This type of study is a descriptive and quantitative experiments using the pre test and post test in experimental classes and control classes. The study population was vocational High School students Gresik School year 2010 – 2011. and the sample in this study were grade students XIIA as the experimental class totaled 32 Students, and class B as the control classes totaling 33 students and a data collection instrument using 1) Researchers using 1-test, 2- interview, 3- Questionnaire.

The results of this study were (1) Researchers using language laboratories using language games to improve listening and speaking skills in the vocational High School Class XII, taking two language games (man ana) to hear and skills, (na’am la) for the ability to speak, and students can follow the learning process fun. (2) the use of language laboratories by using the method of language games to improve listening and speaking skills in terms of test results, it can increase the effectiveness of learning and this can be seen from the average pre test reaches
63,43 and the mean post test reaches value of 75,78. But there are a lot of improvement in terms of answers to the questionnaire results were not effective (failure). With the average value of 16,85.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nur, Syuhadak Sholeh and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam
Keywords: المختبر; اللعبة اللغوية; مهارة الاستماع; مهارة الكلام; Laboratorium Language; Language Game; Listening Skills; Speaking Skills; Laboratorium Bahasa; Permainan Bahasa; Ketrampilan Mendengar; Ketrampilan Berbicara
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 27 Sep 2017 09:01
Last Modified: 04 Jan 2018 03:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item