Rizal, Eka (2013) استخدام طريقة التمييز لتعليم القواعد النحوية و أثره في تحصيل الطلبة: بحث تجريبي في معهد بيت التمييز بإندرامايو جاوى غربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Qawa’id Nahw merupakan bagian yang penting dalam pengajaran Bahasa Arab. Ia berkaitan erat dengan cabang-cabang Bahasa Arab seperti: imlak, khat, sastra dan balaghah. Qawa’id Nahw dapat mambantu siswa dalam menguasai keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Oleh karena itu Qawa’id Nahw merupakan salah satu materi yang penting untuk dikuasai oleh siswa.
Tidak diragukan lagi bahwa pengajaran Qawaid Nahw di sebagian pesantren berjalan lamban, penguasaannya butuh waktu yang lama. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, di antaranya tidak cocoknya metode yang digunakan dalam pengajaran Qawaid Nahw. Berangkat dari persoalan tersebut, penulis ingin menjawab pertanyaan: apa pengaruh penggunaan Metode Tamyiz dalam pengajaran Ahkamul mubtada’ wal khabar, anwa’ul khabar, khabar muqaddam dan mubtada muakhkhar serta kaana wa akhawatuha wa inna wa akhawatuha terhadap hasil belajar siswa pada materi Qawa’id Nahw?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif untuk menyingkap pengaruh penggunaan Metode Tamyiz dalam pengajaran Qawa’id Nahw terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Bayt Tamyiz. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Bayt Tamyiz, kemudian oleh penulis dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk mengumpulkan data dari dua kelompok tersebut penulis menggunakan instrumen pre test dan post test, kemudian data-data tersebut dipaparkan, dianalisa dan disimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Metode Tamyiz dalam pengajaran Ahkamul mubtada’ wal khabar tidak memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan penggunaan metode tersebut untuk pengajaran anwa’ul khabar, khabar muqaddam dan mubtada muakhkhar serta kaana wa akhawatuha wa inna wa akhawatuha, memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa, sebagaimana hasil pengolahan statistik menunjukan bahwa hasil t-hitung lebih besar dari hasil t-tabel.
ABSTRACT
Qawa’id Nahw is the most important part in Arabic learning. Qawa’id Nahw is correlated with another Arabic knowledge branches, for example: imlak, khat, literature and balaghah. Qawa’id Nahw is able to help student in mastering listening skill, speaking skill, reading skill and writing skill, therefore Qawa’id Nahw is very important to mastered by student.
No doubt that Qawa’id Nahw learning in some of Islamic boarding school is slowly, it’s understanding spends long time. It is because of a lot of things, such as; un appropriate method that used in Qawa’id Nahw learning. From that problem, author wants to answer question: what is the effect of Tamyiz Method in Ahkamul mubtada’ wal khabar, anwa’ul khabar’, khabar muqaddam wa mubtada’ muakhkhar, and kaana wa akhawatuha wa inna wa akhawatuha to student’s result?
In this research author using experiment method with quantitative approach to know the effect of Tamyiz Method used in Qawa’id Nahw learning to VII grade Bayt Tamyiz Islamic junior high school. The research’s samples are VII grade students, then author divided to experiment group and control group. In collecting data form those two groups researcher used pre-test instrument and post-test instrument, then the data are presented, analyzed and concluded.
The result of this research shows that the used of Tamyiz method in ahkamul mubtada’ wa khabar is not have positive effect to student’s learning result enhancement, while the used of the method for anwa’ul khabar, khabar muqaddam wa mubtada’ muakhkhar, and kaana wa akhawatuha wa inna wa akhawatuha have positive effect to student’s learning result, as statistic analysis result shows that t- test value is bigger than t-table value.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | طريقة التمييز; تعليم القواعد النحوية; Tamyiz Method; Qawa’id Nahw Learning; Metode Tamyiz; Pengajaran Qawa’id Nahw | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2017 14:21 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 10:57 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8191 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |