Sundy, Alfa Rizqi (2013) تحليل محتوى الكتاب المدرسي لتعليم اللغة العربية للصف الثمن في المدرسة المتوسطة: دراسة وصفية تحليلية تقويمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Buku ajar merupakan elemen penting dalam proses pendidikan, karena buku ajar merupakan komponen penting dari proses belajar dan sebagai sumber pengetahuan bagi seorang guru dan siswa. Akan tetapi muncul permasalahan dalam penyusunan buku ajar Bahasa Arab ini khususnya bagi pembelajar non- penutur asli, sebagaimana dalam buku ajar untuk pengajaran bahasa Arab di Masrasah Tsanawiyah. Permasalahan yang banyak muncul yaitu kesesuaian buku ajar terhadap asas penyusunan buku ajar yang baik juga sesuai dengan kurikulum yang dipakai, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Berangkat dari permasalahan diatas, penulis mencoba untuk manganalisis isi buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 untuk pembelajar Bahasa Arab kelas 8 di Madrasah Tsanawiyah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana kesesuaian isi buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 terhadap asas penyusunan buku ajar yang baik? dan bagaimana kesesuaian isi buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 terhadap KTSP? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 terhadap asas penyusunan buku ajar yang baik dan untuk mengetahui kesesuaian isi buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 terhadap KTSP
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan analitis, yang terdiri dari beberapa langkah yaitu: menentukan masalah penelitian, melakukan kajian pustaka, menentukan komponen yang akan dianalisis, menentukan pertanyaan untuk analisis, melakukan koding, mengumpulkan dan menganalisis data, menulis hasil penelitian. Sedangkan alat yang digunakan untuk pengumpulan data: angket dan dokumen.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) hasil persentase analisis isi kesesuaian buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 terhadap penyusunan buku teks yang baik adalah 53,789%, hal ini menunjukkan bahwa buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 untuk kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah secara umum cukup sesuai dengan asas penyusunan buku ajar Bahasa Arab yang baik bagi pembelajar non-penutur asli. 2) bahwa hasil persentase analisis isi kesesuaian buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 terhadap KTSP adalah 53,57%, hal ini menunjukkan bahwa buku ajar Fasih Berbahasa Arab 2 untuk kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah secara umum cukup sesuai dengan KTSP.
ABSTRACT
The textbook is an important element in the process of education, because the textbook an important component of the learning process and and as a source of knowledge for teachers and students. However, problems arise in the preparation of this Arabic textbook, especially for non-native learners, as in a textbook for teaching Arabic language at a Islamic Middle School. A lot of problems arise that the suitability the textbook against the basic of drafting a good textbook according to the used curriculum, the curriculum unit level education (KTSP). Departing from the above problems, the authors try to analyze the contents of the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 for the learners 8th grade in the Islamic Middle School.
Formulation of the problem in this research is: How does the suitability the contents of the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 against the principle of the preparation of a good textbook? and what about the suitability contents of the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 to KTSP? This research aims to determine the suitability contents of the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 against the basis of a good textbook compilation and to know the suitability the contents of the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 against KTSP.
This research use quantitative approach on the descriptive research and analytical methods, which consists of several steps: defining the research issues, conducted a literature review, determine the components to be analyzed, specify the question to analysis, do the coding, collecting and analyzing data, writing the results of research. Instrument for this research were: questionnaire and documents.
The results of this research are: 1) the precentation of the analytical content the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 against the drafting a good text book is 53,789%, this indicates the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 for eighth grade at Islamic Middle School generally is quite accordance with the principle of the preparation of an Arabic textbook for students of non-native speakers. 2) The percentage Results of the conformity analysis content the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 to KTSP was 53,57%, this indicates that the textbook Fasih Berbahasa Arab 2 for 8th grade at a Islamic Middle School generally quite according to KTSP.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تحليل محتوى; الكتاب المدرسي; cotent analysis; textbook; Analisis isi; Buku ajar | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2017 15:54 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 10:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8178 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |