Ulfa, Maria (2013) تعليم المفردات العربية باستخدام "بطاقة الصور" وأثره لتنمية مهاراة الكلام: بالتطبيق على طلبة المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية كونير بليتار جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ketrampilan berbicara termasuk bagian penting dan merupakan tujuan terpenting dalam kurikulum pengajaran dan pembelajaran bahasa asing ( Bahasa Arab ). Oleh sebab itu maka pembelajaran ketrampilan berbicara haruslah di perhatikan dalam pembelajaran bahasa asing ( Bahasa Arab ). Berkenaan dengan pentingnya pembelajaran keterampilan berbicara tersebut maka kita harus memperhatikan proses pengajarannya. Tetapi Peneliti menemukan beberapa problem dalam pengajarannya khususnya di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Blitar Jawa Timur yaitu guru bahasa Arab dalam mengajar masih belum menggunakan media pembelajaran secara menyeluruh Maka dari itu peneliti dalam tesis ini menerapkan media kartu bergambar untuk pembelajaran mufrodat, karena tujuan terpenting dari media ini adalah agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan baik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh positif pengajaran mufrodat bahasa arab dengan kartu bergambar terhadap peningkatan ketrampilan berbicara dan pemakaiannya . Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest dan post test untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, angket dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa nilai t-hitung: 10,43 , lebih besar dari nilai t-table pada taraf 1% yaitu 2,64 dan lebih besar dari taraf 5% yaitu 1,99. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan media kartu bergambar untuk pembelajaran mufrodat terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan berbicara sekaligus dalam pemakaiannya dalam bahasa Arab.
ABSTRACT
Speech skill is part of the basic skill in language teaching, Even be himself is a mean of communication with others. And the student are not consideret to learn speech skill if they are not use by speaking practice.
Due to the importance of Speaking Skill Teaching, we should pay attention to this teaching process. But, The Researcher find several problems of this teaching, specialy in Islamic State High School Of Kunir Blitar East java, namely those are “The Arabic teacher has not used the learning media or aid comprehensively ,in this case the writer or s to use card media.
This research is experimental research with pretest-posttest design for experiment and control groups. It has quantitative approach and uses four instruments: observation, interview, questionnaire, and test.
The research findings show that t-test value: 10,43 higher than t-table value at 1% that is 2,64 and higher than t-table value at 5% that is 1,99, it means the hypothesis of this reseach is accepted. So, the conclusion is that the Using Picture Card is effective to upgrade the Speaking Skill students of Islamic State High School Of Kunir Blitar East java in understanding the vocabularies, the sentences, and the main idea of the paraghraf
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم المفردات; بطاقة الصور; مهاراة الكلام; Vocabulary; Picture Card; Speaking Skill; Kosa Kata; Kartu Bergambar; Peningkatan Keterampilan Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2017 15:54 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 13:39 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8172 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |