Hikmawati, Sholihatul Atik (2013) تطوير لوحة لوجيكو فيكولو لتعليم مهارة الكلام: بحث تطويري وتجريبي في مدرسة ثنائية اللغة الثانوية الإسلامية باتو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa, dan keterampilan setiap orang berbeda. Meskipun demikian setiap orang harus selalu berusa meningkatkan kemahiran berbicaranya. Melihat pentingnya pengajaran bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara maka kita harus memperhatikan bagaimana proses pengajarannya khususnya di Madrasah Aliyah Bilingual Batu Jawa Timur. Yaitu, metode pengajaran yang digunakan guru belum efektif, dan sarana pengajaran belum sempurna lagi memuaskan, serta kurangnya minat siswa untuk belajar berbicara sehingga proses belajar mengajar berbicara jadi membosankan dan siswa menjadi tidak optimis. Dan untuk mencegah permasalahan ini maka penulis mengajukan permainan bahasa Papan Logico Picolo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyususnan (desain) permainan Bahasa Papan Logico Picolo dan efektifitas penggunaannya untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam kegiatan pembelajaran di kelas I Madrasah Aliyah Bilingual Batu Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan prosedur experiment dimana peneliti mendesain pre-tes dan pos-tes terhadap kedua kelompok (control dan eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I Madrasah Aliyah Bilingual Batu Jawa Timur dengan jumlah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas control dan 30 siswa kelas eksperimen.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) proses penyusunan permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara di Madrasah Aliyah Bilingual Batu Jawa Timur memerlukan ketelitian, dan diantara langkah-langkahnya adalah: 1- Analisis kebutuhan, 2-Desain Produk, 3-Validasi, 4-Revisi Desain I, 5-Ujicoba pemakaian, 6- Revisi Desain II, 7- Produk Akhir. (2) Rata-rata dari pos-tes untuk kelompok control tanpa menggunakan permainan Bahasa adalah 56,47 sedangkan rata-rata pos-tes untuk kelompok eksperimen dengan menggunakan permainan bahasa adalah 75,53.Dari nilai hasil tersebut maka peneliti menghitung to dengan hasil 3,766 sedangkan nilai t pada (t-tabel) dengan tingkat signifikasi 5% adalah 2,00 sedangkan tingkat signifikasi 1% adalah 2,66. Maka dapat diketahui nilai t- hitung lebih tinggi dari pada t-tabel (2,66>3,766<2,00). Dengan kesimpulan bahwasanya penggunaan permainan bahasa Papan Logico Picolo dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas I Madrasah Aliyah Bilingual Batu Jawa Timur>
Dari hasil yang disebutkan diatas, sudah semestinya permainan bahasa Papan Logico Picolo dapat dimanfaatkan dengan benar dalam proses pengajaran, selain itu penulis berharap agar penelitian ini menjadi referensi untuk penelitian lanjutan yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga dapat dikembangakan
ABSTRACT
Speaking is one of skill, that everybody has different analities, but there are many ways to increase the skill in reading. Realizing the importance of Arabic teaching, specially speaking skill, we have to pay attention to its teaching process. But writer finds many problem in teaching Arabic specially in Bilingual Islamic Senior High School Batu East Java. Such as the teaching equipment is not complete and satisfactory, as well as the lack of the student’s spirit in learning to speak. So that the process of the speaking teaching makes the student bored. To prevent these problem designed the writer one of language game the Logico Picolo Board.
This research aims at designing process of language game and finding out the effectiveness of Logico Picolo Board using in first grade at Bilingual Islamic Senior High School Batu East Java. This research uses the experimental method that the researcher design pre test and post test for both groups (Experiment and Control Group). From the total of population 60 students consisting 0f 30 of student for control group and 30 students for experimental group.
The result of this research are abstained as follow: (1) designing this Logico Picolo Board to increase the speaking skill at Bilingual Islamic Senior High School Batu East Java must be step accurate such as: 1- problem searching, 2- program developing, 3- program validity, 4- program revisions I, 5- experiment, 6- program revision II, 7- the product. (2) That post-test of student for control group shows the value 56,47 which is the post-test of student for experimental group shows the value 75,53. So, counted the writer this value by abbreviation to with t-count score 3,776 and by knowing that t-count table when 5% is 2,00 so when 1% is 2,66. It is clearly that t-count score higher than t-count table (2,66>3,766<2,00). The experiment appointed that the use of Logico Picolo Board could improve student ability in their speaking skill.
Based on these result, that Logico Picolo Board must be used as good as possible in teaching process. Beside, the researcher hopes that the research becomes the reference for further researcher which connect with in and could be developed another language game to increase speaking skill for advanced grades.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Hamid, Mohammad Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطوير; لوحة لوجيكو فيكولو; مهارة الكلام; Development; Logico Picolo Board; Increase speaking skill; Pengembangan; Papan Logico Picolo; Kemahiran Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2017 15:55 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2023 11:39 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8170 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |