Faruq, Muhammad (2013) إستراتيجيات تعليم المفردات في البرنامج الجاص لتعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية بمالانق جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari minimnya perhatian pada strategi pembelajaran kosakata (mufrodat) dan evaluasinya di Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Padahal kosakata (mufrodat) merupakan unsur penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Termasuk memberikan perhatian pada pembelajaran mufrodat adalah penggunaan strategi pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kondisi pembelajar, sehingga dapat menarik perhatian mereka terhadap pelajaran.
Tujuan pembelajaran mufrodat bukan hanya menjadikan pembelajar mampu mengucapkannya saja, mengartikannya saja, menuliskannya saja dan bukan pula mengetahui derivasinya saja. Akan tetapi mampu semuanya itu disertai dengan kemampuan menggunakannya dalam susunan kalimat yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran mufrodat yang digunakan oleh dosen-dosen di PKPBA, (2) sekaligus mengevaluasi penggunaan strategi pembelajaran tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan jenis peneltian evaluasi. Sumber data penelitian ini adalah kelompok kelas J yang merupakan kelas pemula. Data penelitian diperoleh melalui observasi partisipasi, wawancara terarah, angket dan studi dokumen. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis taxonomy.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelejaran yang digunakan oleh para dosen di PKPBA dalam mengajar kosakata kepada mahasiswa pemula adalah strategi pembelajaran terfokus pada keaktifan pembelajar (heuristic) yang digabungkan dengan strategi discovery. Strategi ini yang paling banyak digunakan. Kemudian juga strategi pembelajaran terfokus pada pengajar digabungkan dengan strategi expository, tetapi strategi ini tidak begitu banyak digunakan. Selanjutnya terkait dengan materi, kosakata yang diajarkan adalah menggunakan strategi terfokus pada materi ajar yang ditetapkan dalam buku ajar yaitu Arabiyyah Baina Yadaik. Sedangkan penjelasan makna mufrodatnya seringkali menggunakan teknik menunjukkan langsung benda dari kata tersebut atau gambarnya, deskripsi kata, penyebutan sinonim atau antonim, dramatisasi, role play, penyebutan terjemahannya langsung, ada pula yang menggunakan kamus bantu, tetapi hanya sedikit saja. Terkait media pembelajaran mufrodat, mayoritas dosen tidak menyiapkannya, kecuali menggunakan media sederhana yang sudah tersedia dikelas.
Sedangkan hal-hal yang dievaluasi dari penggunaan strategi pembelajaran kosakata meliputi perhatian dosen terhadap kondisi mahasiswa saat pembelajaran, pemberian motivasi dan semangat belajar terhadap mahasiswa agar mengikuti pelajaran dengan aktif, penggunaan suara yang jelas saat mengajar mufrodat, pengajaran tulisan mufrodat yang benar, makna kosakata, penempatan kosakata dalam kalimat, menguji dan memastikan pemahaman mahasiswa terhadap kosakata yang telah diajarkan, persiapan media pembelajaran mufrodat yang baik.
ABSTRACT
This study begins with the lack attention of vocabulary learning strategy and it can be seen by the evaluation of Arabic Language Learning Program in State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. even though vocabulary is an important element in learning Arabic language. Includes paying attention in vocabulary learning is kind of effective learning strategy and appropriate with the learning condition, therefore it can advance the student learning attention.
The objective of vocabulary learning is not only make the learners capable to pronounce, interpret, and write it down including it’s derivation. But also it can make student capable to do all these things with the significant ability. The purpose of this study are 1) Describe the learning strategy of vocabulary which is used by Arabic Language Learning Program lecturers, 2) evaluate the strategy use in vocabulary learning.
This study maintains a qualitative approach with descriptive method and other research types of evaluation. The data sources in this study is using J class group as the beginner or basic class. Data were obtained by participatory observation, focused interview, questionnaires and document research. While the data analysis using taxonomy analysis technique.
Results of this study indicate that learning strategy used by Arabic Language Learning Program lecturers in basic class is kind of focused learning strategy or known by heuristic which is combining with discovery strategy. This is kind of strategy that commonly used by lecturers. Then, focused learning strategy combines with expository rarely used by them in teaching and learning process. Further, vocabulary is taught using focused strategy on specified material Arabiyyah Baina Yadaika. While the vocabularies translation and description used technique point toward the direct objects or pictures, word description, synonym and antonym, dramatization, role play, and direct translation. Some students might use dictionary to translate the vocabulary derivationally. Some lecturers commonly never prepare the vocabulary learning and using simply learning media that available in the class as their learning strategy.
While another thing that must be evaluated is lecturers’ attention to the students’ condition, build their motivation and self confidence so that they can participate actively in the classroom. Besides those, loud and clear intonation, valid spelling, meaning, correct grammar in sentence building are important part to make student understand to the vocabulary building.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | إستراتيجيات تعليمية; تعليم المفردات; learning strategy; vocabulary learning; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran Kosakata (Mufrodat) | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2017 15:43 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 10:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8152 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |