Kaserun, Kaserun (2013) فعالية استخدام قاموس معاصر عربى-إندونسى "الكمال" فى تعليم مهارة القراءة: بحث تجريبي بجامعة هاشم أشعرى الإسلامية تبو إيرنج جومبانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Membaca merupakan satu dari sekian ketrampilan berbahasa yang ditujukan untuk memahami makna melalui huruf-huruf dan kata-kata yang tercetak. Proses membaca juga dianggap sebagai dasar bagi proses belajar mengajar, serta menjadi salah satu kunci pengetahuan dan ketrampilan mendasar bagi perkembangan pengetahuan. Sementara penggunaan kamus yang sesuai dalam proses membaca memiliki urgensi yang tak diragukan lagi, karena kamus merupakan salah satu sarana penting dalam proses membaca obyek bacaan dan pembelajaran bahasa asing secara umum.
Rumusan malasah dalam penilitian ini adalah; Sejauh manakah efektifitas penggunaan Kamus Modern Arab-Indonesia al-Kamal dalam pengajaran kemahiran membaca? Pertanyaan ini kemudian diderivasikan ke dalam dua pertanyaan turunan; Sejauh manakah efektifitas penggunaan Kamus Modern Arab-Indonesia al-Kamal dalam memahami idiom Bahasa Arab? Dan Sejauh manakah efektifitas penggunaan Kamus Modern Arab-Indonesia al-Kamal dalam memahami frasa bahasa Arab?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang berpijak pada pendekatan kuantitatif. Sedangkan desain eksperimen yang digunakan adalah: Desain Kelompok Kontrol dengan Pre-tes dan Pos-tes (The Randomized Pretest- Posttest Control Group Design). Sedangkan populasi penelitian adalah semua mahasiswa Prodi Pembelajaran Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Keislaman Hasyim Asy`ari Tebuireng Jombang tahun 2012-2013, dan sampel diambil dari mahasiswa semester empat yang berjumlah 28 mahasiswa.
Pengumpulan data menggunakan instrument; 1). tes, 2) angket, 3) wawancara dan 4) observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Penggunaan Kamus Modern Arab-Indonesia al-Kamal memiliki dampak yang cukup signifikan untuk membantu mahasiswa dalam memahami idiom-idiom Bahasa Arab. (2) Penggunaan Kamus Modern Arab-Indonesia al-Kamal memiliki dampak yang cukup signifikan untuk membantu mahasiswa dalam memahami frasa-frasa Bahasa Arab.
Efektifitas kamus dalam pembelajaran kemahiran membaca ditunjukkan oleh meningkatnya kecakapan mereka dalam memahami idiom-idiom dan frasa- frasa Bahasa Arab. Penulis juga melihat peningkatan kecapakan mahasiswa dalam membaca, sebagaimana ditunjukkan dalam perbandingan antara pre-test dan post- tes untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 3, 27 dan t-tabel dengan signifikansi 5% = 2,18 serta 1 % = 3,06. Jadi t-hitung lebih besar dibanding nilai t-tabel. Demikian pula dengan perbedaan antara hasil post-tes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Diperoleh t hitung sebesar 2, 979 sedangkan t tabel dengan tingkat sigfikansi 5 % = 2,06 dan 1 %= 2,78. Jadi t hitung dari keduanya lebih besar dibanding t tabel, hingga H0 ditolak. Artinya bahwa ada perbedaan signifikan antara pengajaran kemahiran membaca dengan menggunakan Kamus al-Kamal dan pembelajaran tanpa kamus ini.
ABSTRACT
Reading skill is one of language skill that aims to understanding of meaning through of articles and vocabularies. Reading activity is one of principle thing in teaching and learning activity. It is one of principles in knowledge and an urgen skill for knowledge growing. Using an compatible dictionary in reading process have a greet urgention, because of dictionary is one of urgen utilities in understanding of text in learning any of foreign language.
The problem in this research is; How effective the using of modern Arabic-Indonesian dictionary al-Kamal in teaching of reading skill? From this principle problem, there is two derivation problem; How effective the using of al- Kamal dictionary in understanding of Arabic idiom? And How effective the using al-Kamal in dictionary in understanding of Arabic phrases?
The research is an experimental research based on cuantitative approach and The Randomized Pretest-Posttest Control Group. The population is 80 students from Arabic Teaching Programme in the year 2012-2013, with the sample 28 students; 13 in experiment group and 15 in control group. The instruments used in data gathering is: (1) test, (2) questionarre, (3) interview and (4) observation.
The result of research indicates that using al-Kamal dictionary in teaching of reading skill is effective to grow the skill of reading for students of Arabic Teaching Programme. This result based on difference between pre test and post test in experiment group. T aritmatic is: 3,27 and t table at significant level 5 %=
2,18 and 1%= 3,06. Also difference between post-test of control group and experiment group. T aritmatic = 2,979 and t table at significance level 5%= 2,06 and 1%= 2,78. Both of values indicate that the H0 is denied. It’s means that using al-Kamal Dictionary in Reading Skill Teaching is effective in compare with teaching without it.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Muzakki, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | قاموس معاصر عربى-إندونسى الكمال; تعليم مهارة القراءة; Modern Dictionary al-Kamal; Reading Skill; Kamus Modern al-Kamal; Pengajaran Kemahiran Membaca | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2017 15:42 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 14:42 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8151 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |