Karim, Busro (2013) كراسة التدربيات في مادة اللغة العربية: دراسة وصفية تقويمية في مدرسة سوربابوانا المتوسطة مالانج-جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu unsur terpenting dalam kurikulum adalah materi bahan ajar yang tertuang dalam buku pelajaran yang ditentukan oleh Sekolah, tapi pada kenyataannya terkadang para guru di sekolah dalam mengajar siswa-siswinya menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka. Bahkan para guru mengesampingkan Buku Ajar dan lebih terfokus pada LKS, mereka beralasan bahwa waktu untuk mengajarkan materi terlalu singkat. Tak terkecuali materi Bahasa Arab.
Fenomena ini tidak akan berdampak negative apabila LKS yang digunakan memiliki kualitas yang terjamin pada tampilan, materi, gambar- gambar, latihan-latihan, dan bahasa penyajiannya. Begitu pula sebaliknya akan terjadi, jika LKS tersebut tidak memiliki kulitas yang baik. Seperti yang terjadi di kota Jakarta dan Mojokerto pada tahun lalu. Di Jakarta ditemukan LKS yang tidak sesuai kepribadian, karakter dan usia siswa, dalam LKS tersebut terdapat tema "Kehidupan Rumah tangga" fatalnya lagi digunakan di Sekolah Dasar. Di Mojokerto ditemukan LKS yang memuat gambar perempuan telanjang "Artis Miyabi" juga digunakan di SD.
Penelitian ini Memilih LKS Bahasa Arab yang ditulis oleh Muhammad Alfan, Robi’atul Wahidah dan Aan Andriyana dan diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan Pondok Pesantern Miftahul Huda Malang sebagai bahan untuk dievalusi kualitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dimana peneliti menganalisis data yang ada dengan pendekatan kuantitatif kemudian menafsirkannya dengan pendekatan kualitatif.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (0) Kualitas tampilan dan percetakan LKS mencapai %16 menurut pandangan siswa dan %86 menurut pandangan para ahli dan guru bahasa Arab, (3) Kualitas kecocokan materi dan Buku ajar mencapai %%6 menurut pandangan siswa dan 476 menurut pandangan para ahli dan guru bahasa Arab, (2) Kualitas gambar mencapai %46 menurut pandangan siswa dan %%6 menurut pandangan para ahli dan guru bahasa Arab, (7) Kualitas Latihan-latihanmencapai %%6 menurut pandangan siswa dan 416 menurut pandangan para ahli dan guru bahasa Arab, dan (%) Kualitas Bahasa dan Penyajiannya mencapai %%,%6 menurut pandangan siswa dan %86 menurut pandangan para ahli dan guru bahasa Arab
Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Kualitas LKS yang digunakan di MTs. Surya Buana Malang - Jawa Timur tidak Layak karena tidak sesuai dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh peneliti dalam penelitian ini.
ABSTRACT
One of the most important elements in the curriculum is the teaching materials contained in the textbooks prescribed by the school, but in fact sometimes the teachers at the school to teach its students to use LKS (Student Worksheet) to enhance their skills and abilities. Even the teachers set aside Textbook and more focused on the worksheet, they reasoned that the time to teach is very short. No exception Arabic material.
This phenomenon will not be impacted negatively if used LKS has quality-assured appearance, materials, drawings, exercises, and language. Similarly, the opposite would happen, if the LKS does not have good-quality. As happened in the city of Jakarta and Mojokerto last year. In Jakarta found worksheets that do not fit the personality, character and age of the student, there is a theme in the LKS "Household Life" fatal longer used in Elementary schools. Found in Mojokerto worksheets that contain images of naked women "Miyabi Artist" is also used in Elementary School.
This study Arabic Selecting worksheets written by Muhammad Alfan, Robi'atul Wahidah and Aan Andriyana and published by the Institute for Publishing cottage Pesantern Miftahul Huda Malang as a material for its quality evaluated. This study used a descriptive approach, where researchers analyzed existing data and then interpret the quantitative approach with a qualitative approach.
The results of this study as follows: (0) Quality display and printing worksheets reached %16 according to the views of students and %86 according to the views of experts and Arabic teacher, (3) quality of materials and textbooks match up to %%6 according to the views of students and 47 % according to the views of experts and Arabic teacher, (2) quality images in the view of achieving
%46 of students and %%6 according to the views of experts and Arabic teacher, (7) Quality Training-latihanmencapai %%6 according to the views of students and 416 according to the view the Arabic language experts and teachers, and (%) Language and Presentation Quality reached %%.%6 according to the views of students and %86 according to the views of experts and Arabic teacher Based on the above data it can be concluded that the quality of the worksheets used in MTs. Surya Buana Malang - East Java is not worth being incompatible dengank criteria set by the researchers in this study
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Dimyati, Mohammad Afifuddin and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الجودة; كراسة التدربيات; Student Work Sheet; Quality; Kualitas; LKS | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2017 15:39 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:30 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8141 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |