تحليل بنود اختبار التصنيف: دراسة تقويمية في البرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية بمالانج جاوى الشرقية

Al Faruq, Umar (2013) تحليل بنود اختبار التصنيف: دراسة تقويمية في البرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية بجامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية بمالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11720039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) mengadakan Tes Penempatan (Placement Test) pada seluruh mahasiswa baru dari semua jurusan yang berbeda-beda dengan tujuan menempatkan mereka pada kelas-kelas yang sesuai dengan kemampuan bahasa yang mereka miliki. Hal ini juga memudahkan Program Khusus Pembelajaran Bahasa Arab dalam membuat Bahan Ajar, Metodologi dan Strategi Pembelajaran.

Dari hasil pengamatan peneliti ternyata hasilnya belum menunjukkan pada tujuan yang diinginkan sebagaimana masih terdapat siswa yang duduk di kelas atas tapi kemampuan bahasanya lemah khusunya kemampuan berbicara bahasa Arab, sebaliknya terdapat siswa yang duduk di kelas menengah dan bawah yang mempunyai kemampuan bahasa yang baik.

Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini ingin mengetahui butir-butir soal pada Placement Test di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dari segi tingkat Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Pembeda. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Deskriptif Evaluatif dengan pendekatan Kuantitatif. Pada penelitian ini peneliti juga menggunakan Program Komputer Anates V4.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir-butir soal yang ada pada ujian Placement Test di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Periode 2012/2013 baik, sebagaimana hasil tingkat Validitasnya sangat tinggi yaitu 0,81 sedangkan tingkat Reliabilitasnya tinggi yaitu 0,89 untuk tingkat kesukarannya sedang yaitu 66% dari soal yang ada tingkat kesukarannya sedang, dan untuk tingkat daya pembedanya sedang yaitu
42%.

ABSTRACT

Arabic Learning Intensive Program (PKPBA) held Placement Test to all new students from all different departments with the goal of placing them in classes according to their language skills. It also to make easy for Arabic learning Intensive Program (PKPBA) in making Teaching Materials, Methodology and Learning Strategies.

Based on observations of researcher, the result has not shown the desired destination, as there are students who sat in the upper classes but has weak language skills especially in speaking, otherwise there is a student who sat in the middle and lower classes but has good language skills.

Based on this problem this study wanted to know about the question items of Placement Test of Arabic Learning Intensive Program (PKPBA) of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang in terms of the level of reliability, difficulty, and differentiator. In this study, researcher used the descriptive evaluative method with Quantitative approaches. In this study, the researcher also used computer programs of Anates V4.

The result of this research indicate that the Question Items in Arabic Learning Intensive Program (PKPBA) of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang for the academic year 2012/2013 is good, which terms of Validity level is very high (0,81), Reliability level is high (0,89), the level of difficulty of the test average means 66% of the questions in testing at the middle level, and the level of discrimination average mean of 42%.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Machmudah, Umi and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam
Keywords: تحليل بنود; اختبار التصنيف; Question Items Analysis; Placement Test; Analisis Butir Soal; Placement Test
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:40
Last Modified: 29 Dec 2017 03:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8134

Actions (login required)

View Item View Item