Hafas, Muhammadani (2013) منهج تعليم اللعة العربية لطلاب البكالوريوس في تعليم اللغة العربية جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية بمالانج : دراسة تحليلية تقويمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembahasan tentang pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing termasuk sebagian penelitian yang luas dan terdapat permasalahan yang komplek. Salah satu unsur yang harus diperhatikan adalah kurikulum, karena kurikulum merupakan perangkat keberhasilan pembelajaran. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang didasarkan atas kebutuhan siswa, dan keberhasilannya dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Dalam proses pengajaran bahasa arab di jurusan pendidikan bahasa arab Universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang ada sedikit masalah, khusunya dalam menyiapkan kurikulum atau silabus, dan materi yang cukup bagi dosen di jurusan tersebut. Karena itu penulis menulis judul penelitian ini dengan “Kurikulum Pengajaran Bahasa Arab di s١ Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang, studi analisi evaluatif”.
Masalah dalam penelitian ini adalah: ada masalah dalam kurikulum pengajaran bahasa arab di s١ jurusan pendidikan bahasa arab UIN Maliki Malang. Masalah tersebut butuh terhadap rumusan masalah sebagaimana berikut: (١) Bagaimana metode pembuatan kurikulum pengajaran bahasa arab di s١ jurusan pendidikan bahasa arab UIN Maliki Malang? (٢) Apa unsur-unsur kurikulum pengajaran bahasa arab di s١ jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Maliki Malang? (٣) Apa masalah-masalah kurikulum pengajaran bahasa arab di s١ jurusan pendidikan bahasa arab UIN Maliki Malang? (٤) Sejauh mana kesesuaian kurikulum pengajaran bahasa arab di jurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan tujuan dan kesenangan siswa belajar bahasa arab?.
Metodologi penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif evaluatif, dengan mendeskripsikan apa yang ada, metode ini memperhatikan pembatasan aspek-aspek hubungan yang terdapat dalam peristiwa. penelitian deskriptif tidak berhenti pada batas deskripsi fenomena saja akan tetapi lebih jauh mengalisa, dan mengevaluasi dengan tujuan sampai pada evaluasi-evaluasi yang punya makna pada fenomena tersebut.
Hasil dari penelitian ni adalah: (١) metode membuat kurikulum pengajaran bahasa arab di s١ jurusan PBA UIN Maliki Malang dengan memperhatikan kurikulum ٢٠١٢ dan body of language PBA, memperhatikan tujuan, kemampuan, tingkatan, kecenderungan siswa dalam belajar bahasa arab, melakukan pretest terhadap mahasiswa, diskusi antar guru. body of knowledge itu menekankan lulusannya untuk menguasai bahasa arab dan menguasai ilmu pedagogik untuk mengajarkan bahasa arab. Sehingga materi kurikulum PBA mengarah pada: penelitian, pedagogik, kebahasaan, pengembangan kepribadian. (٢) Unsur-unsur kurikulum s١ PBA UIN Maliki Malang adalah: tujuan, materi, metode, evaluasi, dan referensi. (٣) Masalah-masalah yang ada pada kurikulum s١ PBA UIN Maliki Malang diantaranya: Masalah sedikitnya jumlah materi dibandingkan dengan jumlah tatap muka dalam jadwal perkuliyahan, dan masalah perbedaan standart evaluasi yang ada pada silabus dan satuan acara perkuliyahan. (٤) kurikulum PBA sesuai dengan tujuan dan kecenderungan siswa belajar bahasa arab, kecuali materi tentang penelitian dan berbicara.
ABSTRACT
Discussion about about researce in arabic teaching as foreigne language, is the one researce activity, which is has wide discussion and numerous problems. Further, in the discussion of Arabic Teaching, curriculum is one of unsure that must be attention most, because it was a device to reach successful in teaching and learning process. In addition, a good curriculum is based on learners and social’s needs.
And in process of teaching arabic in arabic teaching department State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, found any problems aspecially in write and prepare curriculum and material which is suitable amoung lectures in it’s departmen. So that, the subject of this researce is “Curriculum Teaching Arabic in Bachelor program of Arabic Teaching Department State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, study of Analisys and Evaluative”.
The problem of this researce is: curriculum teaching arabic in arabic teaching department state islamic university of maulana malik ibrahim malang. This problem need questions, that is: (١) how the method make curriculum in arabic teaching department state islamic university of maulana malik ibrahim malang?. (٢) What the characters of curriculum in arabic teaching department state islamic university of maulana malik ibrahim malang?. (٣) What the problems of curriculum in arabic teaching department state islamic university of maulana malik ibrahim malang?. (٤) How far the suitablelity curriculum arabic teaching with the student purpose and pleasure in studying arabic?.
The method of this researce is descriptive, analisys, and evaluative method, it’s descript anything, focuss on correlation which found on moment. And it’ researce not stop on discript of phenomenan only, but contunue farther, so it analize interpretate, evaluate and compare with the purpose to finish on evaluation which meaningfull with the phenomenan.
The result of this researce can conclused: (١) The method of making curriculum teaching of arabic in state islamic university of maulana malik ibrahim malang complete with attention on curriculum ٢٠١٢ and look at body of knowledge, as the candidate of arabic teacher the graduation of this department hoped understand arabic language and know about pedagogy. So the materials in this department consist of: researce, pedagogy skill, language skill, and individual improvement. (٢) The characters of curriculum teaching arabic consist of: purpose, material, method, evaluation, and references. (٣) The curriculum of teaching arabic in arabic teaching department state islamic university of maulana malik ibrahim malang has problems which is: The problem of minimize a number of material according to the schedule, and the problem differences between evaluation in curriculum and the unit of teaching program. (٤) The curriculum of arabic teaching is suitable with the student puprpose and pleasure in studying arabic, except the subject about researce and speaking.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | منهج; تعليم اللعة العربية; تقويم; Curriculum; Arabic Teaching; Evaluative; Kurikulum; Pengajaran Bahasa Arab; Evaluasi | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2017 15:22 | |||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2017 09:36 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8129 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |