Rancang bangun game pengenalan Asma’ul Husna menggunakan metode MCRN-Generator

Basid, Puspa Miladin Nuraida Safitri A. (2014) Rancang bangun game pengenalan Asma’ul Husna menggunakan metode MCRN-Generator. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10650038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam game petualangan pemain dituntut kemampuan berfikirnya untuk menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter, menggunakan benda-benda yang tepat dan diletakan di tempat yang tepat. Gameplay jenis ini adalah player memecahkan bermacam-macam puzzle melalui interaksi dengan orang lingkungan dalam game tersebut. Adventure Game adalah jenis permainan yang menunut kemampuan berfikir untuk menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa, menggunakan benda-benda yang tepat dan diletakan di tempat yang tepat. Namun semakn berkembangnya zaman, isi dari kebanyakan adventure game yang ada adalah kekerasan dan tidak mendidik. Padahal pemain game ber-genre ini tidak hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak. Sehingga mempengaruhi pertumbuhan anak. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan membangun sebuah aplikasi permainan berjenis adventure game yang mengandung unsur pendidikan. Aplikasi ini menggabungkan unsur-unsur adventure game dengan pendidikan, dimana pemain harus mengambil semua Asma’ul husna untuk melanjutkan ke level selanjutnya. Untuk membangun game ini dibutuhkan suatu metode pengacakan sehingga game menjadi lebih menantang dan menyenangkan. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah multiplicative congruential number generator(MCRN-Generator). MCRN-Generator adalah salah satu cabang dari Linear Congruental Generators. Metode ini menghasilkan deretan angka yang tidak akan sama berdasarkan nilai acuan dan batas yang di masukan. Hasil dari algoritma ini digunakan untuk mengacak asma’ul husna yang akan muncul dan lokasi munculnya asma’ul husna dalam permainan.

ENGLISH:

In the adventure game players are required to analyze where the ability to think visually, solve puzzles, and concludes the series of events and conversations of characters, using the appropriate objects and placed in the right place. This type of gameplay is the player must solve a variety of puzzles by interacting with the environment in the game. Adventure Game is a kind of game that requires the ability to think visually place to analyze, solve puzzles and concluded a series of events, using the appropriate objects and placed in the right place. However, the development of the times, the content of most adventure games there is violence and not educate. Though gamers this genre not only adults but also children. Thus affecting the growth of the child. Based on this research with the goal of building an application type adventure game containing elements of educational games. This application combines elements of adventure games with education, where players must take all Asma'ul Attributes to proceed to the next level. To build this game needed a method of randomization so that the game becomes more challenging and fun. One method that can be used is the multiplicative congruential number generator (MCRN-Generato ). MCRN-Generator is one branch of Linear Generators Congruental. This method produces a series of numbers that will not be the same based on reference values and limits on the input The results of the algorithm used to scramble the Asmaul Husna and Attributes and the emergence of location Asmaul Husna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Arif, Yunifa Miftachul and Nurhayati, Hani
Keywords: Adventure Game; Multiplicative Congruential Random Number Generator; Random; Android; Asma’ul Husna
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 13 Oct 2017 07:02
Last Modified: 13 Oct 2017 07:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8128

Actions (login required)

View Item View Item