Rosyadi, Ahmad Wahyu (2014) Algoritma pencarian beam a* untuk menentukan rute arah gerak potongan kata pada game puzzle bahasa Arab. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10650031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang sangat penting di dunia ini, karena bahasa Arab telah dijadikan sebagai bahasa resmi oleh beberapa negara seperti Saudi Arabia, Kuwait, Irak, Syria, Libanon, dan Mesir. Saat ini telah banyak metode-metode atau cara untuk pembelajaran bahasa Arab. Namun hal terpenting yang harus ditumbuhkan adalah rasa senang terhadap bahasa Arab itu sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut telah diciptakan berbagai media alternatif sebagai penunjang dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah game. Game ini merupakan slide puzzle game yaitu pemain bertugas untuk menyusun huruf-huruf yang teracak menjadi kata bahasa Arab kemudian pemain memilih terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa algoritma Beam A* cocok digunakan untuk menentukan rute arah gerak potongan kata karena algoritma ini dapat menemukan rute dengan waktu yang cukup cepat yakni 59,438 milisecond per huruf dan dengan keberhasilan mencapai 100%. Selain itu penggunaan algoritma Beam A* untuk mengacak kata dalam game ini terbukti mampu untuk mengacak kata yakni 100% berhasil walaupun untuk kasus dengan jumlah 7 huruf masih menghasilkan acakan yang kurang optimal dikarenakan acakan bisa disusun lebih cepat dari batas geseran.
ENGLISH:
Arabic is one of the most important languages in the world, because Arabic has been used as an official language by some countries such as the State of Saudi Arabia, Kuwait, Iraq, Syria, Lebanon, and Egypt. There are many ways or methods of learning Arabic. But the most important thing that must be grown is the pleasure of the Arabic language itself. To achieve it, a variety of alternative learning media has been created as a support in the learning process, one of which is gaming. This game is a slide puzzle game that player must arrange the scrambled letters into words and then the player chooses Arabic translation in Indonesian.
Based on the test results it can be concluded that the Beam A* algorithm suitable for determining the direction of motion of the fragments because it can find a route with a fast enough time 59,438 milliseconds per letter and achieve 100% success. In addition, this algorithm to scramble the words in this game proved to be able to scramble the words 100% successful even for cases with 7 letters the result is less than optimal because the scrambled can be arranged faster than the boundary shear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nugroho, Fresy and Kurniawan, Fachrul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Bahasa Arab; Arabic Language; Game Slide Puzzle; Path Finding; Beam A* | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:03 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:03 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8125 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |