Rahmah, Nihayatur (2013) البيئة العربية ودورها في كفاءة مهارة الكتابة بداخلية خديجة الجامعية بنجلهور-باميكاسن-مدورا جاوا الشرقية: دراسة وصفية تقديمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lingkungan adalah segala sesuatu diluar seorang dan berpengaruh terhadap perkembangannya, dan khususnya sangat berpengaruh terhadap siswa dalam bembelajaran bahasa arab, ia merupakan segala sesuatu dan segala faktor materi dan ma'nawi yang berpengaruh dalam proses belajar mengajar dan keinginan, motivasi, keberanian mahasiswa untuk mengembangkan bahasa arab dan mempraktekannya dalm kenyataan hidup sehari-hari.
Berdasarkan pengamatan sebelum penelitian lapangan bahwa sesungguhnya lingkungan bahasa arab di asrama puteri khadijah kurang efektif dan ada beberapa masalah, asrama mengharap mahasiswa bisa memiliki kemampuan dan kemahiran bahasa, akan tetapi mahasiswa tidak memiliki kemampuan yang mempuni dalam empat kemahiran bahasa, seakan-akan adanya bi'ah itu hanya terfokus kepada kemampuan berbicara saja dan tidak mempunyai kemampuan yang mempuni dalam kitabah.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui keadaan lingkungan bahasa arab diasrama puteri khadijah, untuk mengetahui kegiatan mahasiswa dalam kemahiran menulis dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan bahasa arab terhadap kemampuan menulis mahasiswa di asrama puteri khadijah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif–analisis, metode pemaparan data sesuai dengan kenyataan serta menarik kesimpulan berdasarkan data yang nyata. Sedangkan sumber data adalah semua element yang ada di asrama puteri khadija (pengasuh, pembina, pengurus, anggota), dan dokumentasi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data adalah trianggulasi, keikutsertaan peneliti dalam beberapa kegiatan, diskusi dengan sejawat, observasi mendalam dll.
Hasil penelitian ini adalah: (1) lingkungan bahasa arab di asrama puteri khadijah terbagi menjadi menjadi dua, yaitu bi'ah thabi'iyah dan bi'ah isthina'iyah. Adapun bi'ah isthina'iyah terdiri dari pelajaran kaidah nahwu dan sharraf, pelajaran tartil qur'an, pelajaran aqidah, pelajaran qiro'ah, pelajaran akhlaq, pelajarn fiqh, pelajaran insya' dan imla', pelajaran tasawwuf, pelajaran metodologi penelitian, pelajaran tafsir, pelajaran penulisan skripsi. Sedangkan bi'ah thabi'iyah terdiri atas penggunaan bahasa arab dalam komunikasi sehari-hari, hafalan kosa-kata, majalah dinding (mading), lomba kebahasaan, muhadharoh, buletin, sepekan ramadhan, sepekan maulid, sepekan dies maulidiah asrama. (2) kegiatan mahasiswa dalam kemampuan kitabah antara lain terdiri atas: majalah dinding (mading), buletin, lomba karya tulis ilmiah, pelajaran insya' dan imla', penugasan, penulisan proposal penelitian skripsi, penulisan skripsi, (3) pengaruh lingkungan bahasa arab terhadap kemampuan menulis, ditemukan disitu memang ada pengaruh antara lingkungan bahasa arab dalam kemampuan mahasiswa dalam menulis, akan tetapi tingkat keterpengaruhannya itu yang berbeda antara masing- masing mahasiswa. Adapun tingkat keterpengaruhan itu terbagi menjadi dua: pertama sangat berpengaruh, hal ini adalah bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis bahasa arab yang baik, kedua sedikit pengaruh, hal ini adalah bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan yang minim dalam kemahiran menulis.
ABSTRACT
Environment is everything beyond a man and it is influence on its development, and specially to the students in learning Arabic, it is everything and every materials and purpose factors that affect to the learning process and the desire, motivation, student’s courageous to develop the Arabic and practice it in the daily activity. Based on pre-observations that the environment in Khadijah dormitory is less of effective and there are some problems.
Khadijah dormitory expect the student have a better skill in language. But they do not have enough ability in mastering four languages. As if bi’ah is just focus on the speaking skill, not in writing skill.
The purpose of this study to determine the conditions of Arabic environment in Khadijah dormitory, to determine the proficiency of students in writing activities and to determine the environmental impact of the Arabic language writing skills of students in Khadijah dormitory.
This research uses descriptive research-analysis, the method of exposure data in accordance with reality and draw conclusions based on real data. The data sources are all elements that exist in Khadijah dormitory (caretaker, Supervisor, administrators, members), and documentation. The data collection procedures are observation, interview and documentation. While checking data validity is triangulation, researcher participation in some activities, discussions with colleagues, observation.
The results of this study are: (1) the Arabic environment of Khadijah dormitory is divided into two, namely formal areas and informal areas. Bi'ah isthina'iyah consists of nahwu and sharraf, tartil qur'an, aqidah, qiro'ah, akhlaq, fiqh, insya' and imla', tasawwuf, reseacrh methodology, tafsir, thesis writing. While bi'ah thabi'iyah consists of Arabic as daily communication, vocabulary memorization, wall magazine, language competition, speech, bulletin, a week of Ramadan, a week of Maulidiyah, and a week of dies maulidiah. (2) the student activities in writing skill consists of: wall magazine, bulletins, scientific writing competition, writing class and dictation', assignment, thesis proposal writing, and thesis writing. (3) the influence of Arabic environment to writing skill, found that there was an influence of the environment in students' Arabic writing skill, but it has a different level of influence between each student. The influence level was divided into two: the first is very influential, it is for students who have good writing skill, the second bit of influence, it is for students who have minimal skills in writing proficiency.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al-Bari, Nur Hasan Abdul and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | البيئة العربية; مهارة الكتابة; Arabic environment; Writing skill; lingkungan bahasa arab; kemampuan menulis | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 18 Sep 2017 15:21 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 13:50 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8120 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |