Safinah, Elis (2014) Fuzzy State Machine (FuSM) untuk memberikan perilaku Non Playable Character (NPC) pada game pembelajaran Juz Amma. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10650057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran Al-Quran pada anak usia dini merupakan hal sangat penting karena agama merupakan salah satu dasar yang harus di bangun sejak usia dini. Pada jaman globalisasi saat ini sangatlah penting pengetahuan tentang agama salah satunya mempelajari Al-Quran untuk menciptakan suatu akhlak yang baik. Berangkat dari permasalahan tersebut maka dibangunlah sebuah game yang bersifat edukasi untuk pembelajaran Al-Quran khususnya surat-surat pendek Juz Amma. Game berunsur edukasi ini harusnya bersifat menyenangkan agar tidak membosankan sehingga perlu adanya penerapan Artificial Intelegent (kecerdasan buatan). Dalam penelitian ini game dibangun untuk memberikan perilaku terhadap NPC ayat. Perilaku NPC ayat akan mengalami perubahan kecepatan pada pergerakannya menggunakan logika fuzzy. Perilaku yang dimaksud adalah bergerak dengan lambat,dan cepat. Dengan melakukan uji coba sistem menjadikan game lebih menarik dan menyenangkan dengan penerapan logika fuzzy.
ENGLISH:
Qur’anic learning for an early childhood is an important thing, because religion is one of the foundation must be built from an early age. The knowledge about religion is a very important in this globalization era such us learn the Qur’an to create a good character. From these problems, it built an educational game for Qur’anic learning especially Juz Amma. This educational game should be fun so it either’s not be bored so it needs the application of Artificial Intelligent. In this research, the game is built to provide the behavior of the NPC verse. NPC verse behavior will change in the speed of its movement using fuzzy logic. The behavior means moving with slow and fast. By testing the system to make the game more interesting and fun with the application of fuzzy logic.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Faisal, Muhammad and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Fuzzy State Machine(FuSM); Non-Playable Character(NPC); Juz Amma; Android | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:41 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:41 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8112 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |