Latuconsina, Sarah Noviyanti (2013) تطور تعليم اللغة العربية في معهد دار القرآن الأنورية بتوليهو, مالوكو الوسط من السنة 1963-2010 : دراسة وصفية تحليلية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11720008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran bahasa Arab pertama kali di Pondok Pesantren Darul Qur’an al- Anwariyah yaitu dengan mempelajari Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an “Nurullathif” di desa Tulehu, Maluku Tengah sejak tahun 0692 M hingga berganti status menjadi Pondok Pesantren pada tahun 3110M hingga kini. Tentu saja ada perkembangan pembelajaran bahasa Arab dari waktu ke waktu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyebaran Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Anwariyah, dan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Anwariyah dari segi kurikulum, isi, metode, media pembelajaran, maupun evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data meliputi wawancara dan pengumpulan dokumentasi, dan triangulasi. Adapun instrumen untuk mengukur adanya perkembanga pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan menggunakan tolak ukur dari Program Evaluasi CIPP dari Stufflebeam. Dan teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan merangkum data.
Hasil dari penelitian ini yaitu adanya perkembangan pembelajaran bahasa Arab mulai awal berdirinya TPQ Nurullathif” hingga berpindah status menjadi Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Anwariyah dengan tolak ukur program evaluasi model CIPP dari Stufflebeam. Namun, dari segi metode pembelajaran, pondok ini tidak pernah menggunakan metode Sorogan yang notabene digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di setiap pondok salafiyah. Karena pembelajaran kitab kuning tidak diberlakukan di pondok Pesantren Darul Qur’an Al-anwariyah.
Penulis yakin masih banyak kekurangan dari penelitian ini secara umum, khususnya dari segi teori yang mana penulis hanya menerapkan program evaluasi bentuk CIPP dari Stufflebeam sebagai instrumen semata untuk mengukur perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Untuk itu, penulis menghimbau kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan teori program evaluasi bentuk CIPP dari Stufflebeam untuk mengukur perkembangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.
ABSTRACT
The Arabic language learning in Islamic Boarding School “Darul Qur’an Al- anwariyah” at Tulehu, Center of Maluku began from Qur’an learning at Qur’an Education Park “Nurullathif” from 0692 A.D until it changed to Islamic Boarding School “Darul Qur’an Al-Anwariyah” from 3110 A.D till now. And for sure there’s improvement of Arabic language learning from each periods.
The purposes of this research are to describe the growth of Islamic Boarding School “Darul Qur’an Al-Anwariyah”, and to describe the improvement of Arabic language learning in terms of Curriculum, learning content, learning methods, learning media, and also evaluation.
This Qualitative Research uses indeepth interview, collecting documents, and triangulation. The instrument of this research is quality standarts of program evaluation CIPP by Stufflebeam . And the data analysis techniques are based on Miles and Huberman ways: Data Reduction, Data Display, conclusion drawing/verification.
The study describes that there’re improvement in Arabic language learning from the first year in the Qur’an Education Park “Nurullathif” to Islamic Boarding School “Darul Qur’an Al-Anwariyah” by quality standarts of Evaluation Program CIPP by Stufflebeam. But there was no evolution in the teaching of Arabic in terms of the way, although not used way “Sorogan” in teaching Arabic language of the first garden structure Quran education "Nour Latif" so far, because the students did not learn books Alocefria.
For sure there are many shortcomings of this study in general, especially in terms of the theory which the writer only implement the evaluation program CIPP of Stufflebeam forms as merely an instrument to measure the improvement of Arabic learning. To that end, the writer urge further research to use evaluation program theory CIPP of Stufflebeam form to measure the development of Arabic learning in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Machmudah, Umi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطور; تعليم اللغة العربية; Improvement; Arabic Language Teaching; Perkembangan; Pembelajaran Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:09 | |||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2017 15:09 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8095 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |