Sangdi, Sangdi (2013) تطوير مواد تعليم مهارة الكلام على أساس الأسلوب الاتصالي التفاعلي: بالتطبيق على طلبة المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الداخلية 1 سوراكرتا جاوى الوسطى. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11720005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini memfokuskan pada pembelajaran bahasa Arab berbasiskan pendekatan komuniatif interaktif. Permasaahan dalam penelitian ini adalah setiap siswa merasa kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam ketermpilan berbicara, dan tidak adanya buku pegangan dalam pembelajaran keterampilan berbicara.
Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mengembangkan materi ajar keterampilan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara para siswa di boarding school Surakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi ajar keterampilan berbicara bagi siswa boarding school untuk meningkatkan keterampilan berbicara para siswa dengan memperhatikan kecenderungan, kebutuhan dan tingkat kemampuan berbahasa mereka.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk bahan ajar keterampilan berbicara (maharah kalam) bagi siswa boarding school semester dua 2) Penggunaan produk bahan ajar yang telah didesain memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam peningkatan keterampilan berbicara para siswa.
Hal-hal yang perlu disarankan dan diusulkan dalam penelitian ini adalah: 1) guru hendaknya mempersiapkan materi ajar dengan baik dan sesuai dengan kemampuan serta kecenderungan para siswayang berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari menggunakan metode dan strategi yang beragam, 2) guru hendaknya mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran, 3) materi ajar keterampilan berbicara yang dikembangkan oleh peneliti adalah bagian dari materi ajar yang dapat menunjang pengajaran berbicara dalam bahasa Arab di Boarding School Surakarta atau di Boarding School lainnya yang mana siswanya belajar bahasa Arab.
ABSTRACT
This study focuses on the learning of Arabic based on Communicative Interactive Approach. The research problems are the students have difficult in their study, especially in speaking skill, and there is no book for speaking skill.
Based on this aspect, so the researcher tryed to develop educational materials for the speaking skill in the hope that improves the ability of students to the Boarding School of Surakarta.
The purposes of this research are: 1) A handbook to improve Arabic speaking skill for Boarding School students of Surakarta 2) test the effectiveness of handbook in improving student’s Arabic speaking skill of Boarding School Surakarta.
This research used qualitative and quantitative approach and the type of this research was a kind of “Research and Development” ( R & D ).
The results of this research are: 1) product handbook of Arabic speaking skill based on the theories of design student handbook, 2) the experiment appointed that using product handbook could improve the ability of students to speak Arabic.
There are suggestions for the Arabic teachers: 1) rearrange the material of Arabic lesson, especially Arabic speaking skill, based on need analysis 2) rearrange the lesson plan in teaching proceses 3) the teaching materials developed for Arabic speaking skill for Boarding School students perspective is a tool of important tools in the teaching process that can benefit the Arabic teachers of Boarding School Surakarta or other Boarding School that the students learn Arabic.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المواد تعليمية; مهارة الكلام; أساس الأسلوب الاتصالي التفاعلي; Teaching Materials; Arabic Speaking Skill; Communicative Interactive Approach; Materi Ajar; Keterampilan Berbicara; Pendekatan Komunikatif Interaktif | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:09 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 14:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8091 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |