Mukhlisin, M. Arif (2014) Game Sharraf Solitaire menggunakan neural network backpropagation untuk penentuan level pada game pembelajaran tashrif isthilahi dalam ilmu sharraf. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10650099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA;
Bahasa Arab adalah bahasa penghuni Syurga dan Al-Qur’an pun diturunkan dengan bahasa arab. Bahasa arab harus dipelajari untuk memahami isi kandungan dari Al-Qur’an tetapi bahasa arab dianggap sulit untuk dipelajari oleh sebagian besar manusia. Banyak cabang ilmu untuk belajar bahasa arab salah satunya adalah nahwu dan sharraf. Berbagai metode dan media belajar dibuat untuk memudahkan dalam pembelajaran. Salah satunya adalah media game. Game ini adalah Game Edukasi Kartu Sharraf tashrif isthilahi, mencoba untuk mengatur semua urutan kartu mulai dari fi'il madhi sampai isim alat, mulai dari yang urutan terbawah hingga keatas. Leveling pada game ditentukan berdasarkan move dan time yang telah ditentukan jadi harus menyusun kartu secepat mungkin untuk menang. Game ini diharapkan dapat mempermudah pembelajaran Tashrif Isthilahi dalam ilmu sharraf.
Metode yang utama digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma Neural Network Backpropagation yang diterapkan dalam leveling. Leveling pada game ditentukan pada waktu dan perpindahan kartu setelah menyelesaikan permainan. Apabila user sudah berhasil menyusun keseluruhan kartu, apakah user bisa melanjutkan level selanjutnya ataukah tetap pada level tersebut tergantung pada berapa lama waktu yang ditempuh pada level tersebut dan banyaknya perpindahan kartu.
Berdasarkan hasil pengujian setelah meninjau hasil analisis, perancangan, dan implementasi dapat disimpulkan bahwasannya aplikasi game ini lebih mendukung android versi Jelly Bean. Algoritma Neural Network Backpropagation merupakan algoritma pembelajaran tersupervisi yang dapat melakukan learning terhadap inputan dan menghasilkan output berupa sebuah keputusan dan cocok untuk diterapkan dalam game ini dengan tujuan agar setiap permainan dapat memainkan sesui dengan level pemahamannya dan tidak jenuh untuk memahami wazan yang terdapat pada masing-masing level, pemain juga dapat merasa tertantang untuk menyelesaikan seluruh level, dalam menjalankan proses perhitungan membutuhkan waktu 3-5 detik hingga mendapatkan sebuah keputusan. Hal ini dikarenakan proses perhitungan propagasi balik yang terus berjalan dan mengupdate bobot hingga mendapatkan pola yang cocok untuk menghasilkan output.
ENGLISH:
Arabic is the language of the the heavenly host and the Qur'an was derived with the Arabic language. Arabic language must be learned to understand the contents of the Qur'an, but the Arabic language is considered difficult to learn by most human. Many branches of science to learn the Arabic language and one of them is nahwu sharraf. A variety of learning methods and media were made to facilitate learning. One is the media game. This game is Educational Card Game Sharraf Tashrif isthilahi, trying to organize all the order cards from ficil Madhi to isim tools, ranging from the bottom up and up. Leveling in the game is determined by the move and a predetermined time so had to arrange the card as soon as possible to win. The game is expected to facilitate learning in science sharraf Tashrif Isthilahi.
The main method used in this study are Backpropagation Neural Network algorithm is applied in leveling. Leveling in the game is determined at the time and displacement card after completing the game. If the user has been successfully set up the entire card, whether the user can continue the next level or remain at these levels depending on how much time it took in the level and amount of displacement of the card.
Based on the test results after reviewing the results of the analysis, design, implementation and application of this game can be summed up more support android version of Jelly Bean. Based on the test results after reviewing the results of the analysis, design, implementation and application of this game can be summed up more support android version of Jelly Bean. algorithm of Neural Network Backpropagation is a supervised learning algorithm that can perform the learning input and produce output in the form of a decision and is suitable to be applied in this game with the aim that every game can play within their level of understanding and not saturated to understand wazan contained in each level in running the calculation process takes 3-5 seconds to get a decision. This is because the propagation calculation process continues to run and update the weights to get a suitable pattern for generating the output.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nugroho, Fresy and Barizi, Ahmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Bahasa Arab; Arabic; Game Sharraf Solitaire; Neural Network Backpropagation; Tashrif Isthilahi; | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:06 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:06 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8087 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |