Implementasi Finite State Machine (FSM) pada game edukasi bahasa Arab

Annubaha, Chakim (2014) Implementasi Finite State Machine (FSM) pada game edukasi bahasa Arab. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09650193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam Al-Quran, Hadits, dan berbagai sumber pengetahuan agama Islam. Oleh karena itu, menguasai bahasa Arab menjadi sangat penting dalam mempelajari Islam. Akan tetapi, banyak kendala dalam mempelajari Bahasa Arab karena kompleksitas strukturnya dan terbatasnya media untuk memudahkan pembelajaran. Maka dari itu dibutuhkan sebuah media untuk memudahkan pembelajaran Bahasa Arab dengan memanfaatkan kemajuan teknologi pada saat ini, di antaranya adalah game Artificial Intelegent (AI) dimana AI adalah suatu cara yang sederhana untuk membuat komputer dapat “berpikir” secara intelligent atau suatu sistem yang meperlihatkan karakteristik yang ada pada tingkah laku manusia, seperti mengerti suatu bahasa, mempelajari,mempertimbangkan dan memecahkan suatu masalah.

Penelitian ini berbasis pada pertanyaan mendasar bahwa bagaimana menggunakan teknologi game komputer untuk pembelajaran Bahasa Arab, juga bagaimana efektifitas metode Finite State Machine (FSM) untuk meningkatkan kualitas game pembelajaran tersebut. Game 3D bergenre Adventure menjadi bentuk game yang dipilih untuk memudahkan dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dengan memasukkan soal-soal TOAFL (Test Of Arabic As a Foreign Language) sebagai konten pembelajaran dan metode Finite State Machine (FSM) digunakan untuk mengontrol perubahan animasi karakter player sehingga player lebih berperilaku natural dalam permainan. Dari hasil implementasi dan uji coba, menunjukkan bahwa metode FSM berjalan sesuai perencanaan sehingga membuat permainan lebih natural dan atraktif. Hal ini dapat diamati ketika bermain game, animasi karakter player bisa berubah berdasarkan variabel if-then yang dipenuhi, jika benar >=3 && uang = 1000, maka animasi player berubah menjadi animasi player baju muslim, dan seterusnya sesuai kondisi yang dipenuhi. Sehingga, dapat dikatakan bahwa metode FSM cocok diterapkan pada pengontrol animasi karakter player dalam game ini.

ENGLISH :

Arabic language is the language that used in the Al-Qur’an, Hadits and other Islamic knowledge resource. Therefore, master in Arab language becomes significant to learn Islamic knowledge. But there are a lot of constraint to learn Arabic language because the complexity of the structure and the restricted media to facilitate the learning, so that it needs a media to make the Arabic Language learning easier by utilizing the advance technology nowadays, for instance game of Artificial Intelegent (AI) which AI is the simple way to make the computer can “think” intelligently or the system which shows the characteristic on human behavior, such as understanding a language, learning, considering and solving the problem.

This research bases on the main question about how to use the computer game technology to learn Arabic Language and how the affectivity of Finite State Machine (FSM) method to increase the quality of that learning game. 3D game with adventure genre becomes a certain game that chosen to facilitate Arabic Language, especially, by entering the questions of TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) as the learning contain and the method of Finite State Machine (FSM) to control the change of player character animation, so the player acts more naturally to play. Based on the implementation and the test, it shows that the method of FSM runs in planning for the result that the game is more natural and attractive. It can be observed when playing the game, the player character animation can change based on the variable of if-then which is requested, if it is benar >=3 && uang = 1000, so the player animation change to the player animation of moslem clothes and so on based on the requested condition. It concludes that the method of FSM is suitable to be applied on the controller of player character animation in this game.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurhayati, Hani and Syauqi, A’la
Keywords: Bahasa Arab; Game; Edukasi; Artificial Intelegent; Arabic language; Arabic; Education Finite State Machine
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 14 Sep 2017 15:05
Last Modified: 14 Sep 2017 15:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item