Sulthoni, Fuad Hadi (2014) Rancang bangun aplikasi T-commerce (informasi notebook/laptop) untuk televisi digital menggunakan teknologi Multimedia Home Platform (MHP). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09650182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA :
Aplikasi T-Commerce untuk televisi digital menggunakan teknologi Multimedia Home Platform (MHP), dimana teknologi ini digunakan pada sistem penyiaran TV Digital DVB-T, dan merupakan sistem yang akan diterapkan oleh Indonesia dalam program Kementrian Komunikasi dan Informasi. Aplikasi ini bertema layanan informasi harga notebook/laptop, karena barang ini sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data yang dibutuhkan, analisis data, perancangan sistem, evaluasi, program, dan diakhiri dengan pembuatan laporan akhir. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, studi literature, dan studi pustaka. Aplikasi ini tampil dengan beberapa menu dengan paremeter harga dan menu cari barang yang menggunakan parameter merek sebuah notebook/laptop.
UML (Unified Modeling Language) adalah model yang digunakan dalam memaparkan analisis kebutuhan fungsional, diantaranya Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Aplikasi Informasi Notebook/Laptop terdiri dari dua sub aplikasi, aplikasi yang pertama adalah aplikasi form input data yang berfungsi untuk memasukkan data ke database, dan aplikasi yang kedua adalah aplikasi Multimedia Home Platform (MHP) berbasis Xlet yang bertugas untuk melakukan interaksi secara langsung kepada pengguna. Black Box adalah metode yang digunakan dalam melakukan testing dan implmentasi sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian yang telah dilakukan dengan melakukan pengujian 20 kali setiap halaman muka aplikasi, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Halaman Utama, “Harga Dibawah 4 Juta”, “Harga Dibawah 7 Juta”, dan “Harga Diatas 7 Juta” menghasilkan 100% keberhasilan. Form input data yang juga melakukan 20 kali proses memasukkan data menghasilkan prosentase 90% keberhasilan atau 2 kali mengalami kegagalan dalam ketepatan data, sedangkan halaman “Cari Barang” menghasilkan prosentase 95% atau mengalami kegagalan 1 kali dalam menampilkan data.
ENGLISH :
T-Commerce applications for digital television use Multimedia Home Platform technology (MHP), which is the technology used in Digital TV broadcasting system DVB-T, and a system that will be implemented by the Indonesian Ministry of Communication and Information program. This application price information service themed notebook/laptop, because these items are needed by all walks of society. Stages of research began collecting the required data, data analysis, system design, evaluation, program, and ends with the final report generation. Methods of data collection using the method of observation, interviews, literature studies, and literature. These applications appear with some paremeter menu with prices and menu items using parametric searching branded a notebook/laptop.
UML (Unified Modeling Language) is the model used in the analysis describes the functional requirements, such as Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram and Class Diagram. Information Application Notebook/Laptop consists of two sub-application, the first application is an application that serves the data input form for entering data into the database, and the second application is the application of Multimedia Home Platform (MHP) based Xlet assigned to interact directly with users. Black Box is the method used to perform testing and implmentasi system. Based on the results of the implementation and testing that has been done by testing 20 times each application's home page, it can be concluded that the Home, “Harga Dibawah 4 Juta”, “Harga Dibawah 7 Juta” and “Harga Diatas 7 Juta” yield 100% success. Form data input that also perform 20 times the data generating process of inserting the percentage of success of 90% or 2 times a failure in the accuracy of the data, while the percentage of “Cari Barang” for goods resulted in 95% or fail 1 time in displaying the data.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Suhartono, Suhartono and Zaman, Syahiduz | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | T-Commerce; Multimedia Home Platform (MHP); Notebook/Laptop; Televisi Digital; Digital Television; UML | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2017 22:05 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2017 22:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8079 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |