Sani, Dian Ahkam (2014) Game online mahasantri menggunakan metode Fuzzy Sugeno untuk mengatur perilaku raja NPC (Non Playable Character). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10650086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Permainan/ game adalah salah satu dari sekian banyaknya cara untuk kita melepas kejenuhan dari urusan-urusan duniawi, karena dalam game terdapat banyak unsur kesenangan ataupun hanya sekedar berolahraga ringan. Game tidak selamanya berdampak negatif bagi pemainnya, tetapi dengan game yang didalamnya terdapat unsur pendidikannya-lah yang akan membantu pemain dalam proses belajar mengajar. Game online mahasantri adalah game yang didalamnya terdapat pembelajaran atau pengenalan kosa-kata bahasa Arab. Pemain akan mendapatkan rintangan dalam mencari kosa kata bahasa Arab, karena akan menghadapi NPC dan Raja NPC yang sangat bervariasi.
Raja NPC akan menyesuaikan tindakannya sesuai dengan kepandaian pemain. Metode Fuzzy Sugeno adalah metode yang bisa mengatur perubahan perilaku yang dimiliki oleh Raja NPC dari 2 variabel yaitu: banyaknya NPC terbunuh, dan kesehatan yang dimiliki Raja NPC. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa implementasi Fuzzy Sugeno untuk memberikan perilaku pada NPC pada game online dapat berjalan dengan baik. Dari uji coba algoritma dihasilkan perilaku Raja NPC menyerang sebesar 50%, mengejar 30% dan bertahan 20%.
ENGLISH:
Games/ Gaming is one of the many ways to refresh our mind from the affairs of the word. Because in the game, there are many elementsof pleasure or just easy exercise. Games do not always have a negative impact for the player, but with a education game who will assist the player in learning process. Mahasantri online game is a game which there nare learning or introducing of Arabic vocabulary. Players will get a hurdle to finding Arabic vocabulary, because player will encounter NPC and King of NPC that very varied.
King NPC will costumize his actions in accordance with the intelligence of players. Fuzzy Sugeno method is a method that can regulate behavior change which is owned by King of NPC of 2 variables: the number of NPCs killed, and the health of the King of NPC. Based on the test results it can be concluded that the implementation of the Fuzzy Sugeno to give the NPC behavior can run well. From the behavioral testing the result is King NPC attack by 50%, pursue 30% and survive 20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurhayati, Hani and Nashichuddin, Achmad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Mufrodat; Game Side Scrolling; Fuzzy Sugeno | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:07 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8058 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |