Musyarofah, Atiqatul (2014) Pengembangan alat peraga pop up dalam pembelajaran cerita sejarah Ibnu Sina pada mata pelajaran PAI bagi siswa kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan alat peraga pop up untuk pembelajaran memahami cerita sejarah Ibnu Sina sebagai tokoh ilmuwan muslim pada mata pelajaran pai bagi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya alat peraga pop up. Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat memenuhi tersedianya alat peraga pop up yang dapat meningkatkan keefektifan, keefisienan, dan kemenarikan alat peraga pop up untuk pembelajaran memahami cerita sejarah Ibnu Sina di SMPsecara umum dan SMP Negeri 2 Cluring, Banyuwangi khususnya sebagai sasaran pengguna alat peraga pop up. Adapun tujuan pembelajaran, dan materi tentang sejarah Ibnu Sina pada kelas VIII Semester II. Dalam pengembangan ini, pengembang mengadopsi model pengembangan Borg and Gall, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) penyusunan prototype alat peraga buku pop up, (4) uji coba, (5) revisi produk, (6) hasil akhir. Berdasarkan model tersebut, alat peraga pop up dikembangkan melalui langkah-langkah pengembangan Arief. S. Sadiman, sebagai berikut : (1) merumuskan tujuan, (2) merumuskan butir-butir materi, (3) merumuskan materi secara terperinci, (4) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (5) menulis naskah media, dan (6) uji coba.
Hasil uji ahli materi didapatkan skor total yaiti 80% dengan kuaalifikasi baik. Dari hasil uji ahli materi didapatkan skor total yaiti 90% dengan kuaalifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba pengguna/ guru tersebut didapatkan skor total yaiti 94% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba pengguna/ guru tersebut didapatkan skor total yaitu 92,27% dengan kuaalifikasi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa yang diukur melalui pre test dan pos, dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata perolehan nilai pre-test adalah 63,67. Sedangkan perolehan rata-rata nilai post test adalah 82,33 berarti sebanyak 100% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru, agar lebih kreatif lagi dalam mebuat media pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik untuk meningktkan minat dan motivasi siswa agar lebih mudah memahami pelajaran yang disampaiakn oleh guru bidang studi. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya lebih mengembangkan lagi media-media pembelajaran agar lebih kreatif lagi, dengan memperhatikan karakteristik media yang bagus dan menarik, yang terkait dengan harga atau biaya yang dikeluarkan untuk membuat media serta keefisienannya ketika dibawa.
ENGLISH:
Development of a pop-up props for learning to understand the story of Ibn Sina as the character history of Muslim scientists in the subject of pies for the eighth grade students of Junior High School is based on the fact that the unavailability of props pop up. The result of this development is intended to meet the availability of props pop up that can improve the effectiveness, efficiency, and attractiveness pop up props for learning to understand the story of the history of Ibn Sina in general SMPsecara and SMP Negeri 2 Cluring, especially as the target user Banyuwangi props pop up . The purpose of learning, and material about the history of Ibn Sina on the Class VIII Semester II. In this development, the developers adopted a development model Borg and Gall, namely (1) needs analysis, (2) product development, (3) the preparation of prototype props pop-up book, (4) testing, (5) revision of the product, (6 ) final result. Based on these models, props pop up is developed through the development steps Arief. S. Sadiman, as follows: (1) set goals, (2) formulating the particles of matter, (3) formulating the material in detail, (4) develop a gauge of success, (5) writing the script the media, and (6) test try.
The test results obtained total scores matter experts yaiti 80% with good kuaalifikasi. From the test results matter experts obtained a total score of 90% with kuaalifikasi yaiti very well. From the test results the user/the teacher obtained a total score yaiti 94% with excellent qualifications. From the test results the user/the teacher obtained a total score is 92.27% with very good kuaalifikasi. While the student learning outcomes as measured by pre-test and post, from the calculation is known that the average acquisition value of pre-test is 63.67. While the average acquisition value is 82.33 post test means as much as 100% of students meeting the criteria of mastery learning. Based on these results, it can be suggested to the teacher, to be more creative in instructional media mebuat effective, efficient and attractive to meningktkan interest and motivation of students to more easily understand the lessons disampaiakn by subject teachers. For further research, should further develop the media to be more creative learning, taking into account the characteristics of good and interesting media, relating to the price or cost incurred to make the media and keefisienannya when taken
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo and Marno, Marno | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan; Alat Peraga Pop Up; Cerita Sejarah; Pendidikan Agama Islam; Development; Viewer Tool Pop Up; Stories History; Islamic Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2017 21:57 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2017 21:57 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8046 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |