Ihsan, Ihsan (2014) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 1 Kota Bima. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12770038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Tujuan mengkaji tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di lingkungan sekolah yang cukup beragam baik dari segi golongan maupun adat istiadat, suku, ras, etnis, bahasa serta kebudayaan dan agama seperti, agama Islam, agama Kristen, agama Katotik, agama Hindu dan agama Budha.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang keragaman yang multikultural dan strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 1 Kota Bima. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru maupun kepala sekolah dan staf-staf sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang multikultural dalam sebuah lembaga pendidikan di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Kota Bima. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan analisis data yang akan dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik suatu kesimpulannya.
Yang menjadi fokus penelitian ini sebagai berikut : (1) Bagaimana nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP Negeri 1 Kota Bima melalui PAI? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kota Bima?
Hasil penelitian ini menunjukkan yakni : (1) Kondisi warga sekolah di SMP Negeri 1 Kota Bima cukup beragam. Adanya bermacam-macam etnis, agama, status sosial dan cara berpikir yang berbeda-beda pada sebuah lembaga pendidikan. (2) Nilai-nilai multikultural yang tepat yang telah diterapkan oleh guru pendidikan agama islam pada lembaga sekolah (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yang telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Hal ini berdasarkan pada kegiatan-kegiatan belajar mengajar yang sudah teridentifikasikan bahwa guru secara umum sudah menerapkannya dengan menggunakan strategi model PAKEM. Selain itu, interaksi sosialnya antara para guru dan staf-staf berjalan dengan baik secara toleran dalam lembaga sekolah ini.
ENGLISH:
Reciting of the strategy of Islamic teacher to implant Multy Cultural values for Education is very important, even it has different etnic, religion, language, cultural and many religion; Islam, Kristen, Katolik, Hindu and Budha.
The purpose of this research is ti discribe and analize about the multy cultural and strategy of Islamic teacher to implant the multy cultural values at SMPN 1 Bima, and we hope it can be reference for the all teachers and head master of schools to create the multy cultural in the school.
This research includes to the Qualitative research, and the location of this research at SMPN 1 Bima. The collecting of data is using any equipment and instrument, they are observation, interview and documentation. And also this research uses the deep analyzing by giving the meaning of data that can be taken to be conclusion.
The focus of this research are : (1) How to implant the multy cultural values at SMPN 1 Bima?. (2) How to strategy of Islamic teacher to implant the multy cultural values at SMPN 1 Bima?
The resul of this research are : (1) That the condition of the all member of this school, SMPN 1 Bima is different. Every one of the member of thus school has unique and identition by it’s self, like ethnic, religion, and the different sosial grade. (2) That the multy cultural values were practiced in this school, at SMPN 1 Bima by the all’s teacher. (3) The strategy of Islamic teacher to implant the multy cultural values at SMPN 1 Bima which are suitabled by multy cultural education purpose. It;s according to the all’s data which are identificated that the all’s teacher has practiced in this school is aplyed with strategy PAKEM. Beside of that, the interaction between teacher’s and student has been running well.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Padil, Moh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi guru PAI; Menanamkan nilai-nilai multikultural; The Strategy of Islamic Teacher; to Implant Multy Cultural values | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:00 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8030 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |