Masrur, Achmad (2014) Modernisasi pendidikan Islam : telaah pemikiran Azyumardi Azra tentang modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pembaruan pendidikan Islam merupakan tuntutan kebutuhan dunia pendidikan Islam saat ini. Melihat ketertinggalan dan keterbelakangan umat Islam dewasa ini, maka inti dari pembaruan pendidikan Islam adalah berupaya meninggalkan pola pikir lama yang tidak sesuai dengan kemajuan zaman (future oriented) dan berupaya meraih aspek-aspek yang menopang untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. Pendidikan Islam yang sebenarnya adalah keseimbangan antara dunia dan akhirat, keseimbangan antara pengetahuan wahyu dan pengetahuan usaha manusia, keseimbangan antara imtak dan iptek, sehingga menghasilkan kesejahteraan spiritual dan material. Azyumardi Azra adalah salah satu tokoh yang masyhur dalam era ini. Melihat ketertinggalan pendidikan Islam yang jauh terbelakang dari pendidikan umum, Ia kemudian memunculkan gagasannya dalam bentuk modernisasi pendidikan Islam. Dalam penelitian ini ada tiga tujuan yang dicapai, yaitu: (1) menganalisis dan mendeskripsikan gagasan Azyumardi Azra mengenai pendidikan Islam; (2) menganalisis dan mendeskripsikan modernisasi kelembagaan pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra (3) menganalisis dan mendeskripsikan modernisasi kurikulum pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenisnya adalah library research. Karena itu, pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan karya tulis (kepustakaan) Azyumardi Azra yang berkaitan dengan pendidikan islam. Setelah data-data penelitian terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data. Metode analisis yang digunakan ialah Content Analysis (analisis isi), yakni untuk memperoleh gambaran tentang sosok Azyumardi Azra serta mengungkap ide atau gagasan-gagasan modernisasinya tentang pendidikan islam yang melingkupi dalam kelembagaan serta kurikulum. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat poin pokok dalam gagasan modernisasi pendidikan Islam Azyumardi Azra, yaitu: Univikasi agama, sains, dan teknologi, Rasionalitas dan inklusivisme pendidikan islam; transformasi pendidikan Islam; Demokratisasi pendidikan Islam. Dari empat poin diatas sehingga menciptakan out-put mampu menjadi agen of change di tengah masyarakat global dalam lima peran, yaitu (1) Perubahan sistem nilai, (2) output politik , (3) output ekonomi, (4) output sosial, (5) output cultural. Pendekatan kurikulum yang digunakan adalah child oriented dan keadaan sosial yang dikembangkan dalam kerangka integrasi ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum, sains, dan teknologi.
ENGLISH :
The Islamic education reform is a demanding needs of today's Islamic education. Seeing backwardness and backwardness of Muslims nowadays, the core of the reform of Islamic education is attempting to leave the old mindset that is not in accordance with the progress of time (future oriented) and strive for sustaining aspects to adjust to the progress of time. Islamic education is a balance between the real world and the hereafter, the balance between knowledge and revelation knowledge of human endeavor, the balance between faith and piety and science, resulting in spiritual and material welfare. Azyumardi Azra is one of the famous figures in this era. Seeing lag far backward Islamic education from general education, he then raises his ideas in the form of modernization of Islamic education. In this study there are three objectives are achieved, namely: (1) analyze and describe the idea Azyumardi Azra on Islamic education; (2) analyze and describe the institutional modernization of Islamic education According to Azyumardi Azra (3) analyze and describe the modernization of Islamic education curriculum according Azyumardi Azra.
The study approach used in a qualitative approach. Type is library research. Therefore, data collection was done by collecting papers (literature) Azyumardi Azra related to Islamic education. After the research data collected, the next step is to analyze the data. The analytical method used was content analysis (content analysis), ie, to obtain a picture of the figure Azyumardi Azra and uncover ideas or notions of modernization of Islamic education in the surrounding institutional and curriculum. The results study is that there are four main points in an idea Azyumardi Azra modernization of Islamic education, namely: Unification of religion, science, and technology, Rationality and inclusivism Islamic education; transformation of Islamic education; Democratization of Islamic education. From four points above so as to create out-put is able to become agents of change in the global community in the five roles: (1) Changes in the value system, (2) political outputs, (3) economic output, (4) social outputs, (5 ) cultural output. The approach used curriculum is child-oriented and social circumstances that developed within the framework of the integration of religious knowledge with the general sciences, science, and technology
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Modernisasi; Azyumardi Azra; Pendidikan Islam; Modernization; Azyumardi Azra; Islamic Education | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2017 21:59 | ||||||
Last Modified: | 14 Sep 2017 21:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8029 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |