Mutmainah, Rofikasari (2014) Metode internalisasi nilai-nilai karakter dalam keluarga santri, pedagang dan guru di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu upaya keluarga dalam meningkatkan kualitas moral generasi muda dan membentuk kepribadian anak didik adalah dengan pendidikan karakter yakni perlu adanya metode internalisasi nilai-nilai karakter kepada anak-anak mereka di dalam lingkungan keluarga. Pendidikan karakter akan berjalan efektif dan utuh jika melibatkan tiga institusi, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidikan karakter tidak akan berjalan dengan baik jika mengabaikan salah satu institusi, terutama keluarga. Pendidikan informal dalam keluarga memiliki peran penting dalam proses pembentukan karakter seseorang. Hal itu disebabkan keluarga merupakan lingkungan tumbuh dan berkembangnya anak-anak sejak usia dini hingga mereka menjadi dewasa. Melalui pendidikan dalam keluargalah karakter seseorang anak dibentuk.
Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam keluarga dan metode internalisasi nilai-nilai karakter dalam keluarga tersebut. Sehingga tujuan dari adanya penelitian ini yaitu 1). Mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang ada dalam keluarga santri, pedagang dan guru di kecamatan Bantur Kabupaten Malang, 2). Mendiskripsikan metode internalisasi nilai-nilai karakter dalam keluarga santri, pedagang dan guru di kecamatan Bantur Kabupaten Malang.
Metode yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian fenomenologis. pendekatan kualitatif sebagai metode yang dapat menggali makna dibalik data yang nampak. Adapun jenis fenomenologis digunakan karena penelitian ini mengalir secara alamiah.
Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah 1). Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam keluarga santri, pedagang dan guru, meliputi beberapa nilai-nilai karakter, adalah: Pertama. Nilai karakter yang ditanamkan dalam keluarga santri yaitu a). nilai karakter keagamaan, b). nilai karakter kejujuran, c). nilai karakter kedisiplinan, d). nilai karakter peduli, e). nilai karakter sopan santun, f). nilai karakter tanggung jawab, dan g). nilai karakter sabar. Kedua. Nilai karakter yang ditanankan dalam keluarga pedagang yaitu: a). nilai karakter kejujuran, b). nilai karakter berjama’ah atau kerjasama, c). nilai karakter menghargai waktu, d). nilai karakter bersabar, e). nilai karakter berdoa, f). nilai karakter kreatif, g). nilai karakter disiplin, h). nilai karakter religius, i). nilai karakter akhlak dan j). nilai karakter tanggung jawab . Ketiga. Nilai karakter yang ditanamkan dalam keluarga guru yaitu: a). nilai karakter kejujuran, b). nilai karakter kedisiplinan, c). nilai karakter religius, d). nilai karakter mandiri, e). nilai karakter peduli lingkungan, f). nilai karakter intelektual, g). nilai karakter akhlak, h). nilai karakter percaya diri dan i). nilai karakter berprestasi. 2). Metode internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang digunakan pada keluarga santri, pedagang dan guru adalah: Pertama. Keluarga santri yaitu: a). metode pembiasaan, b). metode implementasi dan c). metode keteladanan. Kedua. Metode internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang digunakan pada keluarga pedagang yaitu: a). metode keteladanan, b). metode nasehat, c). metode implementasi, dan d). metode pembiasaan. Ketiga. Metode internalisasi dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang digunakan pada keluarga guru yaitu: a). metode keteladanan, b). metode pembiasaan, c). metode cerita, d). metode kasih sayang dan e). metode hafalan.
ENGLISH:
One family attempts to improve the moral quality of the young generation and shaping the personality of students is character education internalization method of character values to their children within the family. Character education will be effective and complete if it involves three institutions: family, school and community. Character education will not run properly if it ignores one of three institutions, especially the family. Informal education in the family has an important role in the formation of one's character. That is because the family is growing and growing environment of children from an early age until they become adults. Through education children in families that a person's character is formed.
The object of this study is the values of character that instilled in the family and methode of internalizing that values of the characters in the family. The purpose of this study is the presence of 1). Describing the character values that exist in the student’s family, traders and teachers in the district of Bantur Malang, 2). Describing the method of internalizing the values of the characters in the family of students, traders and teachers in the district of Bantur Malang.
The method that the researchers use is a qualitative approach using a type of phenomenological research. Qualitative approach is a method to explore the meaning behind the data. The type used for this study is phenomenological methode that flows naturally.
Conclusions that can be drawn from this study is 1). The values that instilled in the family character of students, traders and teachers, covering some of the values of character they are: First. character values that instilled in students that a family a). religious character value, b). character values of honesty, c). character values of discipline, d). caring character value, e). character value manners, f). character values of responsibility, and g). patient character value. second. Character values that instilled in a traders family, namely: a). character values of honesty, b). togetherness character or value of cooperation, c). appreciate the value of the time character, d). patient character value, e). character value of praying, f). creative character value, g). character values of discipline, h). religious character value, i). values and moral character j). character values of responsibility. Third. character values that instilled in teacher’s family, namely: a). character values of honesty, b). character values of discipline, c). religious character value, d). independent character value, e). environmentally conscious character value, f). intellectual character value, g). attitude character value, h). confidence character values i). value of outstanding character. 2). Methods internalization in instilling the values of the characters that used in a family of students, traders and teachers are : First. Families of students are: a). habituation method, b). implementation methods and c). exemplary method. Second. Methods of internalization in instilling the values of the characters that used in a merchant family, namely: a). exemplary method, b). advice method, c). methods of implementation, and d). habituation methods. Third. Methods of internalization in instilling the values of the characters that used in a family of teachers, namely: a). exemplary method, b). habituation method, c). story methods, d). method affection and e). memorization.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah and Padil, Moh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Metode; Nilai Karakter; Keluarga; Method; Character Values; Family | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:00 | |||||||||
Last Modified: | 13 Oct 2017 14:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8024 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |