Mustofa, Momahhad Arif (2012) استخدام أسلوب المقابلة في تعليم مهارة الكلام: بحث تجريبي في مدرسة موليا كانتشانا الثنوية الإسلامية الحكومية تولانج باوانج الغربية لامبونج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (38MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian di mana peneliti memfokuskannya terhadap salah satu teknik pengajaran kemahiran berbicara, yaitu teknik wawancara. Teknik ini memeberikan kesempatan yang luas terhadap siswa untuk melatih kemahiran berbicara mereka dan hal ini dibutuhkan dalam belajar kemahiran berbicara.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui efektifitas penerapan teknik wawancara dalam pengajaran kemahiran berbicara dari seri artikulasinya,2) mengetahui efektifitas penerapan teknik wawancara dalam pengajaran kemahiran berbicara dalam aspek kosa-kata, 3) mengetahui efektifitas penerapan teknik wawancara dalam pengajaran kemahiran berbicara dari seri gramatikal, 4) mengetahui efektifitas penerapan teknik wawancara dalam pengajaran kemahiran berbicara dalam aspek kelancaran.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan obyek yang diteliti yaitu siswa kelas 11 MAN Mulyakencana Tulang Bawang Barat Lampung dengan menentukan beberapa siswa sebagi sampel penelitian secara random.
Pada hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Teknik wawancara mempunyai dampak yang positif dan efektif digunakan untuk pengajaran kemahiran berbicara dari segi artikulasi/ pengucapan. Hal ini berdasarkan perhitungan antara dua kelompok, bahwa t0 lebih besar dari pada t yang ada di jadwal (3,12>2,76), 2) Teknik wawancara mempunyai dampak yang positif dan efektif digunakan untuk pengajaran kemahiran berbicara dari segi kosa-kata. Hal ini berdasarkan perhitungan antara dua kelompok, bahwa t0 lebih besar dari pada t yang ada di jadwal (4,3>2,76), 3) Teknik wawancara mempunyai dampak yang positif dan efektif digunakan untuk pengajaran kemahiran berbicara dari segi tata bahasa. Hal ini berdasarkan perhitungan antara dua kelompok, bahwa t0 lebih besar dari pada t yang ada di jadwal (4,20>2,76), dan 4) Teknik wawancara mempunyai dampak yang positif dan efektif digunakan untuk pengajaran kemahiran berbicara dari segi kelancaran. Hal ini berdasarkan perhitungan antara dua kelompok, bahwa t0 lebih besar dari pada t yang ada di jadwal (3,14>2,76).
ABSTRACT
This research is be concentrated by researcher for one of speaking teaching technique, that is interview technique. It gives some time for speaking practic and learning of speaking needs its. This technique is applied in MAN Mulya Kencana Tulang Bawang Barat Lampung.
The targets of this research is: 1) knowledge of effectively for Apllying at Interview Techqnique to Teaching of Speaking skill of pronunciation aspect, 2) knowledge of effectively for Apllying at Interview Techqnique to Teaching of Speaking skill of vocabulary aspect 3) knowledge of effectively for Apllying at Interview Techqnique to Teaching of Speaking skill of gramatical aspect, 4)knowledge of effectively for Apllying at Interview Techqnique to Teaching of
Speaking skill of fluency aspect.
The type of this research is experiment research with quantitative approach. As for object in this reseach is students in second class of MAN Mulya Kencana Tulang Bawang Barat Lampung, and some people of them to be sample its.
The conclusion for this research is: 1) the interview technique to teaching of speaking skill of pronunciation aspect is effective based on accounting of experiment group and control group, that t0 bigger of t on the list (3,12>2,76), 2) the interview technique to teaching of speaking skill of vocabulary aspect is effective based on accounting of experiment group and control group, that t0 bigger of t on the list (4,3>2,76), 3) the interview technique to teaching of speaking skill of gramatical aspect is effective based on accounting of experiment group and control group, that t0 bigger of t on the list (4,20>2,76), and 4) the interview technique to teaching of speaking skill of fluency aspect is effective based on accounting of experiment group and control group, that t0 bigger of t on the list (3,14>2,76).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Masduki, Masduki | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | أسلوب المقابلة; تعليم مهارةالكلام; Interview Technique; Teaching of Speaking Skill; Teknik Wawancara; Pengajaran Kemahiran Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:32 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 14:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8021 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |