Kholisoh, Himmatul (2014) Gender dalam perspektif dosen pendidikan agama Islam di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Gender merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan perguruan tinggi agama Islam (PTAI) mengingat lembaga pendidikan ini adalah salah satu bagian dari agen perubahan sosial, selain peran utamanya dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, perguruan tinggi agama Islam (PTAI), diharapkan mampu menginternalisasikan nilai-nilai relasi gender ke dalam lembaga dan masyarakat luas. Fokus penelitian ini adalah bagaimana dosen pendidikan agama Islam memaknai gender, kategorisasi pemikiran dosen tersebut tentang gender, dan bagaimana implikasi gender di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang perspektif dosen.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemaknaan gender perspektif dosen pendidikan agama Islam, mendeskripsikan kategorisasi pemikiran dosen tehadap gender, dan mendeskripsikan implikasi gender di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang berdasar perspektif dosen pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, dengan deskriptif kualitatif. Jadi mendeskripsikan pandangan dosen tentang konsep gender dan aplikasinya dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif, yang meliputi konseptualisasi, kategorisasi, dan deskripsi yang dikembangkan atas dasar pendapat dan kejadian yang diperoleh ketika penelitian berlangsung.
Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) gender memiliki pemaknaan yang berbeda-beda dilihat dari perspektif dosen pendidikan agama Islam, yakni gender adalah perimbangan berdasarkan kodrat, kemudian merupakan upaya dalam penyamaan harkat-martabat, dan sebuah perspektif berdasarkan konstruksi sosial. (2) pengkategorisasian paparan terkait gender ditemukan tiga kategori, yaitu kategori tradisional, kategori tradisional, dan kategori konvergensi. (3) terdapat implikasi gender yang cukup signifikan pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, yakni terlihat pada penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan-pengajarannya melalui kegiatan pembelajaran dan metodenya, pada bidang penelitian melalui karya ilmiah dan buku yang diterbitkan, sedangkan bentuk pengabdian pada masyarakat melalui seminar kebidangan gender yang dilakukan dan terjun langsung pada masyarakat untuk pengenalan tentang kegenderan.
ENGLISH:
Gender is an inseparable unity with the Islamic colleges considering this educational institution is one part of a social change agent, in addition to its primary role in developing and applying science. Thus, Islamic colleges, are expected to internalize the values of gender relations in organizations and society at large. The focus of this research is how to interpret Islamic education lecturer gender, categorization of the faculty of thinking about gender, and how gender implications in the State Islamic University ( UIN ) Maulana Malik Ibrahim Malang faculty perspective.
The purpose of this study is to describe the meaning of the gender perspective of Islamic religious education lecturer, lecturer thought tehadap describe gender categorization, and describe the implications of gender in the State Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Islamic education lecturer based perspective.
This study used a qualitative approach to the type of field research, with qualitative descriptive. So the view of the lecturer described the concept of gender and its application in education. Data was collected by interview, observation, and documentation. Analysis of the data using an interactive model of data analysis, which includes conceptualization, categorization, and descriptions are developed on the basis of the opinion and events obtained when the study took place.
The results of the research are: (1) gender has a different meaning from the perspective of Islamic religious education lecturer, the gender balance is based on nature, then an equalization effort in dignity, and a construction based on a social perspective. (2) gender-related exposure categorization was found three categories, namely traditional categories, traditional categories, and the category of convergence. (3) there is a significant gender implications at the State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, which looks at the application of Tri Dharma University which includes education-teaching through learning activities and methods, in the field of research through scientific papers and books published, while the shape community service through seminars conducted gender track and jump directly to the public for the introduction of gender.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhudi, Muhammad Mujab | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Gender; Perspektif Dosen; Perspective Lecturer | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2017 14:00 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8015 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |