تعليم المفردات في كتاب العربيّة بين يديك باستخدام الأغنيّة الفصية: بحث تطويري تجريبي في البرنامج الخاصّ لتعليم اللغة العربية في جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالانج

Hikmah, Nurul (2012) تعليم المفردات في كتاب العربيّة بين يديك باستخدام الأغنيّة الفصية: بحث تطويري تجريبي في البرنامج الخاصّ لتعليم اللغة العربية في جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kosa kata adalah salah satu unsur bahasa yang penting yang mencakup beberapa makna dalam penggunaan kalimat baik dari pembicara maupun penulis, kepandaian sesorang dalam berbahasa akan bertambah jika bertambah kosa kata yang dia miliki karena kepandaian berbahasa seseorang itu tergantung pada kosa kata yang dia kuasai.

Dalam pembelajaran mufrodat dibutuhkan beberapa media pembelajaran agar siswa bisa menguasainya, Media ini sangat penting dan harus di gunakan oleh dosen bahasa arab untuk mempermudah pembelajaran bahasa asing. Pembelajaran bahasa arab juga membutuhkan strategi pembelajaran untuk membantu para Dosen bahasa arab dalam pembelajaran kosa kata yang sesuai dengan materi pelajaran salah satunya yaitu dengan Nyanyian dan strategi ini adalah merupakan strategi yang baru.

Kitab Arobiyah Baina Yadaik adalah kitab pegangan untuk pembelajaran bahasa arab untuk semua kemahiran bahasa bagi para mahasiswa di Pembelajaran Khusus Bahasa Arab (PKPBA) UIN MALIKI Malang yang dikarang oleh Abdurrahman bin Ibrahim Al-Fauzan dkk. Terdiri dari 3 jilid. Kitab ini menuntut mahasiswa untuk menguasai semua kemampuan bahasa. baik kemampuan berkomunikasi maupun budaya. Adapun problematika yang dihadapi mahasiswa khususnya di dalam pembelajaran mufrodat yaitu sulitnya menghafalkan mufrodat yang banyak yang ada di kitab Arobiyah Baina Yadaik khususnya jilid 2.

Penggunaan nyanyian di dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab ada 2 macam : 1. Ada kalanya Nyanyian sambil belajar , 2. Belajar sambil menyanyi . penggunaan nyanyian ini bisa menghilangkan rasa bosan para mahasiswa saat belajar bahasa arab , membuat mereka senang , menambah kosa kata mereka, dan memudahkan mereka untuk menghafal kosa kata.

Penelitian pengembangan eksperiment ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui tata cara pengaplikasian pembelajaran kosa kata dalam kitab Arobiyah Baina Yadaik menggunakan nyanyian untuk mahasiswa PKPBA UIN MALIKI Malang , 2. Mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran kosa kata dalam kitab Arobiyah Baina Yadaik untuk mahasiswa PKPBA UIN MALIKI Malang.

Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk pengembangan eksperiment research pembelajaran kosa kata dengan nyanyian. Model pembelajaran ini terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan , pengamatan, evaluasi untuk kelas (G1 dan G5) pada bulan Maret 2012.

Hasil penelitian dari pembelajaran kosa kata dengan nyanyian ini adalah Pembelajaran kosa kata dengan menggunakan nyanyian mempunyai keefektifan dengan hasil T- test = 64, 10 . dengan H0 = Pembelajaran kosa kata dengan menggunakan nyanyian tidak efektif untuk mahasiswa PKPBA UIN MALIKI Malang, H1= Pembelajaran kosa kata dengan menggunakan nyanyian efektif untuk mahasiswa PKPBA UIN MALIKI Malang dengan standar hasil ujian:
Ho diterima jika hasil t 2,01/ 2,75
H1 ditolak jika hasil t 2,01/ 2,75

Karena hasil T-test 10,61 dari 2,01/ 2,75 maka H0 = di tolak dan H1= diterima yang menunjukkan bahwa pembelajaran kosa kata dengan menggunakan nyanyian efektif bagi mahasiswa PKPBA UIN MALIKI Malang.

Sedangkan saran yang di tambahkan peneliti untuk para dosen bahasa arab di PKPBA UIN MALIKI Malang adalah : Para Dosen seharusnya menggunakan metode yang bervariasi serta strategi yang bermacam-macam dalam pembelajaran bahasa arab misalnya salah satunya dengan menyanyi, Para Dosen seharusnya selalu mempersiapkan materi dengan matang setiap kali masuk kelas, Para Dosen seharusnya bisa memotivasi para mahasiswa/i dengan kekreatifan mereka dalam menghilangkan rasa bosan, malas dan rasa capek para mahasiswa/i.

ABSTRACT

Vocabulary is one of the essential elements of language that includes some meanings in the use of sentences either from the speaker or writer, someone’s skill in a language will be increased if his vocabulary is increased, because the ability of someone’s language depends on the vocabulary in which he mastered.

Learning vocabulary takes some learning media so that students can master it, media is very important and must be used by the Arabic language lecturers to facilitate foreign language learning. Arabic language learning also requires a learning strategy to assist the lecturer in learning Arabic vocabulary which appropriate to the subject matter, one is by singing and this is a new strategy.

Arobiyah Baina Yadaik is a course book for learning Arabic language to many language proficiency for students in Intensive Learning Arabic (PKPBA) UIN Maliki Malang which is written by Abdurrahman bin Ibrahim Al-Fauzan and friends. It consists of three volumes. This book requires students to master all language skills, either good communication skills or culture. However, the problem faced by students in their study especially in learning vocabulary is the difficulty of memorizing a lot of vocabularies in Arobiyah Baina Yadaik’s book especially for volume 2.

The uses of singing in Arabic vocabulary learning are two kinds: 1. Singing while learning, 2. Learning while singing. The use of these songs can relieve boredom while students learn the Arabic language, make them happy, add their vocabulary, and enable them to memorize vocabulary.

This experiment development study aimed to: 1. Know the application of learning vocabulary in the book of Arobiyah Baina Yadaik using singing to the students of PKPBA UIN Maliki Malang, 2. Know the effectiveness of learning vocabulary in the book Arobiyah Baina Yadaik to the students of PKPBA UIN Maliki Malang.

In this study the researcher used a quantitative approach in research experiment development of vocabulary learning by singing. This learning model consists of four steps: planning, action, observation, evaluation for class (G1 and G5) in March 2012.

The result of this study is learning vocabulary by using the song has the effectiveness as the results of T-test = 10,61. with H0 = Learning vocabulary by using the song is not effective for PKPBA’s students UIN Maliki Malang, H1 = Learning vocabulary by using the song is effective for PKPBA’s students UIN Maliki Malang with standard test results:

Ho accepted if the t ≤ 2.01 / 2.75
H1 is rejected if the t > 2.01 / 2.75

Because the T-test 10.61> of 2.01 / 2.75 then H0 rejected and H1 accepted indicate that learning vocabulary by using the song is effective for PKPBA’s students UIN Maliki Malang.

The researcher suggest to the lecturesr of PKPBA UIN MALIKI Malang : They should use various methods and stratetigies learning Arabic such as singing. Furthermore, they should always prepare the material well before starting the class. They also should motivate the students by using their creativityin order to lose their bore, laziness and tire.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh, Syuhadak and Masduki, Masduki
Keywords: تعليم المفردات; كتاب العربيّة بين يديك; الأغنيّة; Learning Vocabulary ; Book of Arobiyah Baina Yadaik; Song; Pembelajaran Kosakata; Kitab Arobiyah Baina Yadaik; Nyanyian
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:27
Last Modified: 12 Sep 2017 08:27
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8008

Actions (login required)

View Item View Item