Sutrisno, Hadi (2012) استخدام إستراتيجية كتابة دفتر اليومية وأثره في مهارة الكتاب: بحث وتجريبي بالتطبيق في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الأولى مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10720064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan di MAN I Malang Jawa Timur, di mana peneliti memfokuskannya terhadap salah satu strategi pembelajaran keterampilan menulis, yaitu strategi menulis jurnal. Penggunaan strategi ini dapat memberikan kesempatan yang banyak terhadap siswa untuk melatih keterampilan menulis mereka di luar sekolah.
Ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran keterampilan menulis di MAN I Malang Jawa Timur, salah satunya adalah sedikitnya jam pelajaran untuk pelajaran Bahasa Arab padahal siswa butuh latihan yang banyak dalam pelajaran ini. Dalam upaya mengatasi permasalahan ini, peneliti mencoba memberikan solusi dengan cara menambah latihan menulis di luar jam pelajaran yang dikemas dalam sebuah strategi pembelajaran, yaitu menulis jurnal, sehingga peneliti mengadakan penelitian mengenai pengaruh strategi ini dengan judul “Penggunaan Strategi Menulis Jurnal (Diary) dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan strategi menulis jurnal (diary) dalam pembelajaran keterampilan menulis berbahasa Arab
dari segi: (1) penggunaan struktur kalimat yang benar dan (2) penggunaan bentuk-bentuk nahwu yang sesuai pada siswa MAN I Malang Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dengan pendekatan kuantitatif di mana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (kontrol dan eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MAN I Malang, dengan sampel berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa di kelas control dan 19 siswa di kelas eksperimen.
Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan strategi menulis jurnal (diary)mempunyai dampak yang positif dan efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis berbahasa Arab dari segi: (1) penggunaan struktur kalimat yang benar dan (2)penggunaan bentuk-bentuk nahwu yang sesuai.
Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa strategi menulis jurnal (diary) dengan berbahasa Arab dapat direkomendasikan untuk menjadi salah satu kegiatan intensif siswa guna melatih kemampuan siswa dalam keterampilan menulis berbahasa Arab di luar jam pelajaran. Hal-hal yang perlu disarankan dalam penelitian ini adalah supaya guru menerapkan strategi ini dengan mengarahkan dan menyesuaikan dengan kurikulum yang ada, serta memberikan porsi yang sesuai untuk tingkatan siswa yang diajar sehingga dapat diketahui efektifitas dalam penggunaannya.
ABSTRACT
This research is a research that was done at MAN I Malang East Java where the reseacher focused into one of writing skill learning strategies, that was journal writing strategy. The use of this strategy could give opportunity more into students to practice writing skill outside school.
There are some problems faced in writing skill teaching at the MAN I Malang, East Java, one of which is least hours of Arabic lesson. In an effort to solve this problems, the reseacher try to provide a solution by adding writing practice outside of class hours for Arabic lesson is packed in a learning strategy, namely a journal writing, so the researcher conducting research on the effects of this strategy by title “The Use of Journal Writing Strategy (Diary Writing Strategy) and the Influence in Writing Skill Learning”.
This research purposed to know how far effectiveness or influence of using journal writing strategy (diary writing strategy) in the learning of Arabic writing skill from the aspect of: (1) using structure Arabic language sentence well and (2) using grammar types well at 11st grade students of MAN I Malang in East Java.
This research used the experimental method that the researcher design pre-test and post-test for both groups (experimental and control group). The population of this research is the 11st grade students of MAN I Malang, so the researcher taken 38 students consisting of 19 students for control group and 19 students for experimental group.
The results of this research were: (1) using journal writing strategy (diary writing strategy) in Arabic writing skill learning has positive influence or effective from the aspect of: (1) using structure Arabic language sentence well and (2) using grammar types well at 11st grade students of MAN I Malang in East Java.
Based on the research results obtained, the researcher concluded the Arabic- language journal writing strategy (diary writing strategy) can be recommended to be one of students’ intense activities to train students’ ability in the Arabic-language writing skill outside of school hours. Things that need to be suggested in this research are teachers to implement this strategy by pointing and adjusting the existing curriculum, as well as providing appropriate portion to the level of students who are taught until can be seen the effectiveness of this strategy.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | كتابة دفتر اليومية; مهارة الكتاب; مدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية الأولى; journal writing, writing skill; MAN I Malang; Menulis jurnal; keterampilan menulis; MAN I Malang | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:20 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:17 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8003 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |