Konsep Islam liberal Nurcholish Madjid dan implikasinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia

Fihrisi, Fathan (2014) Konsep Islam liberal Nurcholish Madjid dan implikasinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12770008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Indonesia telah memasuki era modern, efek yang kemudian ditimbulkan adalah mengecilnya wilayah agama dalam masyarakat. Keadaan tersebut secara otomatis memunculkan dikotomi keilmuan, karena ilmu agama dianggap tidak relevan dengan kehidupan modern. Nurcholish Madjid adalah tokoh yang getol menolak dikotomi keilmuan, ia menginginkan bangunan intelektual yang utuh yakni, memiliki persambungan dengan warisan intelektual masa lalu (Islam), namun dapat secara kreatif diterjemahkan kepada hal-hal yang relevan dengan tuntutan zaman. Pemikiran semacam itu dapat dikategorikan sebagai corak pemikiran Islam liberal. Islam liberal ialah kalangan Islam yang berusaha menghadirkan kembali pemikiran, paham, pendapat, gagasan, pranata yang dihasilkan umat Islam di masa lalu untuk dikontekstualisasikan dan dirubah sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan demikian dirasa perlu untuk mengembangkan gagasan tokoh Islam liberal dalam pendidikan Islam, mengingat realitas pendidikan Islam saat ini semakin tertinggal dari pendidikan umum, seiring dengan perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran tentang konsep Islam liberal Nurcholish Madjid, (2) mengetahui kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, (3) mengetahui implikasi konsep Islam liberal Nurcholish Madjid terhadap pendidikan Islam di Indonesia.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenisnya adalah library research. Karena itu, pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan karya tulis (kepustakaan) Nurcholish Madjid. Setelah data-data penelitian terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data. Metode analisis yang digunakan ialah Content Analysis (analisis isi), yakni untuk memperoleh gambaran tentang sosok Nurcholish Madjid serta mengungkap ide atau gagasan-gagasan liberal-nya, untuk kemudian diambil implikasinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan ada empat konsep Islam liberal Nurcholish Madjid, yaitu sekularisasi, demokrasi, pluralisme dan humanisme religius. Berdasarkan analisis peneliti, dari empat konsep itu pada akhirnya memunculkan pendidikan Islam berbasis Islam liberal Nurcholish Madjid. Diantaranya, pendidikan Islam yang non-dikotomis, pendidikan Islam yang demokratis, pendidikan Islam yang pluralis dan pendidikan Islam yang humanis. Konsep tersebut menunjukkan adanya relevansi dan signifikansi apabila dikembangkan dalam pendidikan Islam, mengingat kelemahan-kelemahan pendidikan Islam di Indonesia. Implikasinya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia adalah membentuk rumusan/ bangunan pendidikan Islam meliputi; tujuan pendidikan Islam, kelembagaan pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, evaluasi pendidikan Islam, Guru dan peserta didik.

ENGLISH :

Indonesia has entered the modern era, then the effect is caused by narrowing of the area of religion in the society. The state automatically bring up the dichotomy of science, because the science of religion is relevant to modern life. NurcholishMadjid is industrious character rejects the dichotomy of science, he wanted the whole building intellectual, has a junction with the intellectual legacy of the past (Islam), but can be creatively translated to things that are relevant to the demands of the times. That kind of thinking can be categorized as liberal Islamic thought patterns. Liberal Islam is the Islam that seeks to bring back the thought, understanding, opinions, ideas, institutions generated Muslims in the past to contextualize and changed according to the demands of the times. Thus it is necessary to develop the idea of liberal Islamic figure in Islamic education, Islamic education given the realities of today's increasingly lagging behind public education, along with the changing times. This study aims to (1) obtain an overview of the concept of liberal Islam Nurcholish Madjid, (2) identify the weaknesses of Islamic Education in Indonesia, (3) determine the implications of the concept of liberal Islam NurcholishMadjid against Islamic education in Indonesia.

The study approach used is a qualitative approach. Type is library research. Therefore, data collection was done by collecting papers (literature) Nurcholish Madjid. After the research data collected, the next step is to analyze the data. The analytical method used was content analysis (content analysis), ie, to obtain a picture of the figure NurcholishMadjid and uncover ideas or liberal ideas of his, and then taken implications for Islamic education in Indonesia.The results study indicate there are four Islamic concept of liberal NurcholishMadjid, the secularization, democracy, pluralism and religious humanism. Based on our analysis, of the four concepts that eventually led to Islamic education based on liberal Islam NurcholishMadjid. Among them, the non-Islamic education is dichotomous, democratic Islamic education, Islamic education and Islamic education pluralist humanist. The concept shows the relevance and significance when developed in Islamic education, given the weaknesses of Islamic education in Indonesia. Implications of Islamic Education in Indonesia is shaping the formulation / Islamic education building include; objectives of Islamic education, Islamic education institutions, methods of Islamic education, Islamic education evaluation, teachers and learners.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hady, Samsul and Abidin, Munirul
Keywords: Islam liberal; Nurcholish Madjid; Pendidikan Islam; Liberal Islam; Nurcholish Madjid; Islamic Education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 14 Sep 2017 14:59
Last Modified: 14 Sep 2017 14:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item