Sirojuddin, Akhmad (2014) Pengembangan bahan ajar mind map berbasis multimedia aurora 3D pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Unggulan Al-Yasini Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12770007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan bahan ajar Mind Map berbasis Multimedia Aurora 3D pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Unggulan Al-Yasini Pasuruan ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya bahan ajar yang memilik kriteria sebagai bahan ajar yang mempunyai spesifikasi berbasis Multimedia, lebih lanjut penelitian ini dilakukan sebagai jawaban akan tantangan internal Pendidikan Agama Islam yakni minimnya keinginan untuk mengembangkan bahan ajar khususnya bagi para pendidik atau guru dan jawaban akan tantangan eksternal Pendidikan Agama Islam, yaitu dengan mendekatkan pendidikan kita dengan zaman globalisasi yang lebih mengedepankan aspek teknologi informasi yang serba cepat, praktis, efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana prosedur pengembangan bahan ajar Mind Map berbasis Multimedia pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Unggulan Al-Yasini Pasuruan dan untuk menjelaskan bagaimana tingkat kemenarikan, efektivitas pada produk pengembangan bahan ajar tersebut.
Model pengembangan yang digunakan dalam metode penelitian dan pengembangan bahan ajar ini adalah model R&D Borg dan Gall yang telah disederhanakan dengan beberapa langkah, yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan produk (3) validasi ahli dan revisi (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Sedangkan subjek uji coba terdisi atas ahli materi/isi, ahli desain dan media pembelajaran, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VII B di SMP Unggulan Al-Yasini Pasuruan. Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan bahan ajar Mind Map berbasis Mutimedia Aurora 3D dan (2) produk pengembangan ini telah terbukti menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan penilaian guru Pendidikan Agama Islam sebesar 90,12 % (sangat baik), tanggapan siswa kelas VII SMP Unggulan Al-Yasini sebesar 92,2 % (sangat baik). Adanya peningkatan hasil belajar sebesar 14%, hal ini didasarkan dari hasil pre-test 73,9 % dan nilai post-test sebesar 87,9%. Memenuhi kriteria ketuntasan belajar sebesar 90 % yang dibuktikan dari 32 siswa yang mengikuti post-test 29 orang mendapat skor diatas 75 dan 3 orang mendapatkan skor dibawah 75. Merujuk pada hasil uji beda sebesar 0, 000 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test dan Post-test setelah menggunakan bahan ajar Mind Map berbasis Multimedia Aurora 3D.
ENGLISH :
Education is an important point in development of human resources quality, including Islamic education (IE) Development of teaching material of Mind Map 3d Aurora Multimedia-based on the subject of IE at 7th grade of SMP Unggulan Al-Yasini pasuruan has availability lack background of multimedia-based learning. This research was trying to offer an information technology products as challenge solutions in order to face globalization external demans which sued to learn IE timely, practically, effectively and fun. The research purposes were describing procedures of learning development of Mind Map Multimedia-based on the subject of IE at 7th grade of SMP Unggulan Al-Yasini pasuruan and explaining levels of persuasion and effectiveness of product development.
This research was using R&D Borg and Gall model that simplying with a few steps, among them were (1) performing an analysis of product to be developed (2) developing product (3) specialist validating and revision (4) small scale field trials and revision (5) large scale field trials and final product. Subject for this research composed of expert material, instructional design and media expert, IE teachers and 7th grande student of SMP Uggulan Al-Yasini Pasuruan The research result were (1) successfully explaining in detail procedures of learning development of Mind Map 3D aurora Multimedia-based, and (2) successfully proven that product development was interesting and effective to improve student learning result. This conclutions were based on the result of retrieved from respondents, namely : IE teachers (90,12%-very good), and the student (92,2-very good). Increasing learning result (14%) had indicated by rising percentage of pre-test (73,9%) and post-test (83,9%). The result had beenfulfilling by pass scores criteria (90%), which 29 student got score above 75 point and 3 student under 75 point. Using multimedia-based learning Mind Map 3D Aurora was giving significant differences between average value of pre-and post test, that was 0.000 < 0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni and Marno, Marno | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Mind Map; Multimedia; Pendidikan Agama Islam; Development of teaching material; Mind Map; Multimedia; Islamic education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2017 22:00 | |||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 13:20 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/8000 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |