تطوير كتاب "إقرأ" على أساس التقابل اللغوي في تعليم مهارة القرءة القرآن: بالتطبيق على الطلبة بمعهد المأوى جاتي كوي مالانج الجنوبية

Hermansyah, Yudisthira Ade (2012) تطوير كتاب "إقرأ" على أساس التقابل اللغوي في تعليم مهارة القرءة القرآن: بالتطبيق على الطلبة بمعهد المأوى جاتي كوي مالانج الجنوبية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Buku “Iqra” dengan Menggunakan Analisa Kontrastif Bahasa untuk Pengajaran Al Qur’an” yang diujicobakan di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Ma’waa yang teletak didesa Jatiguwi, Sumberpucung, Malang.

Tujuan utama penelitian ini adalah: (0) mengembangkan buku Iqro’ dengan dasar analisa kontrastif bahasa dan (0) mengetahui efektifitas hasil pengembangan buku dalam mengajarkan ketrampilan membaca Al Qur’an.

Dalam penelitian ini, penulis menggunanakan metode penelitian pengembangan (R&D), dan populasi penelitian yang digunakan adalah santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Ma’waa pada tahun ajaran 0200/0200. Dan sampel yang diambil adalah para santri yang belum menguasai ketrampilan membaca Al Qur’an sejumlah 83 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menghimpun data adalah: wawancara, dokumentasi, angket, dan tes (pre- test dan pos-test), dan dalam menganalisa data hasil tes, peneliti menggunakan rumus tes-t.

Sedangkan buku yang dikembangkan mempunyai karakteristik: (0) menggunakan metode suara, (0) berurutan dari huruf yang sama dengan bahasa indonesia, kemudian huruf yang mirip dengan bunyi bahasa Indonesia, dan terakhir huruf Arab yang tidak ada pada bahasa Indonesia, (8) terdiri atas 02 halaman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengajar yaitu: (0) memberikan contoh yang benar, (0) memperhatikan pelafalan siswa, (8) bijak dalam menghadapi kesalahan siswa, (4) memperbanyak latihan, (5) sering megulangi materi (6) menanamkan kecintaan terhadap bahasa Arab.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, penulis menyimpulkan bahwa buku Iqra’ yang dikembangkan dengan dasar analisis kontrastif bahasa cukup efektif, khususnya bagi santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Ma’waa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai post-tes, dan nilai siswa yang lebih besar dari nilia tabel t yaitu 0020.

ABSTRACT

This is a research about the developing Iqra’ book entitled: The Developing “Iqra” Book Based on Language Contrastive Analysis for Teaching Qur’an Reading The experiment was conducted at Al Ma’waa Islamic Boarding School at Jatiguwi, Sumberpucung, Malang.

The main purposes of this research are: (0) developing Iqra' book through the language contrastive analysis, (0) knowing the effectiveness of using the book.

This research is using research and development method (R&D), the population is the student of Al Ma'waa Boarding School year 0200/0200, and the samples are 83 students who have not mastered reading Arabic yet. The instruments used were: Interview, documentation, questioner, and test which consists of pretest and posttest. And for analyzing data, the writer used the test-t formula.

The characteristics of the developing book are: (0) using the verbal method, (0) organizing letters which are same sound with the Indonesian language, then organizing letter which have the same sound with Indonesian language sounds, and then the original letters of Arabic’s (8) consisting of 02 pages.

There are many things to be payed attention by the teacher such as : (0) giving the correct examples, (0) to watch the student pronunciation, (8) remind the students fault wisely, (4) giving the exercises over and over, (5) repeat the last lesson many times, (6) Advice the student to love Arabic language. The result of the research conducted at Al Ma’waa shows the effectiveness of developed Iqra’ books.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Mahmud Adam Ibrohim, Faishol
Keywords: تطوير; التقابل; القرءة; Developing; contrastive; reading; Pengembangan; kontrastif; membaca
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:35
Last Modified: 18 Sep 2017 03:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item View Item