فعالية طريقة التفكير, الكلام, الكتاب في ترقية المهارات اللغوية: بحث وتجريبي في البرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية في جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالانج

Inayati, Luthfiyah (2012) فعالية طريقة التفكير, الكلام, الكتاب في ترقية المهارات اللغوية: بحث وتجريبي في البرنامج الخاص لتعليم اللغة العربية في جامعة مولانا مالك ابراهم الإسلامية الحكومية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10720058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Metode Think-Talk-Write/TTW menurut Martini Yatim dan Bansu I. Ansari, adalah metode yang membantu mahasiswa dalam pelatihan keterampilan bahasa dan kegiatan pelatihan bahasa secara lisan dan tulisan dengan baik dan lancar. Metode ini digunakan berdasarkan pada pendidikan merupakan salah satu perilaku social, dimana mahasiswa dituntut untuk berpikir، berbicara dan menulis dalam mengungkapkan suatu topik tertentu. Metode ini digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis dan berlatih bahasa dengan lancar sebelum menuliskannya.

Metode ini memungkinkan mahasiswa dalam menentukan inti pembahasan sebelum mahasiswa menuliskannya. Bagaimanapun, metode ini membantu mahasiswa dalam mengumpulkan dan mengembangkan ide-ide melalui percakapan yang benar.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban dari rumusan penelitian, diantaranya adalah (1) bagaimana penerapan metode Think-Talk-Write /TTW dalam meningkatkan keterampilan bahasa di PKPBA UIN MALIKI Malang, (2) sejauh manakah keefektifitasan dari metode Think-Talk-Write /TTW dalam meningkatkan keterampilan berbicara, (3) sejauh manakah keefektifitasan dari metode Think-Talk-Write
/TTW dalam meningkatkan keterampilan menulis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, dimana peneliti menggunakan dua kelompok, satu kelompok eksperimen dan satu kelas kontrol.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penerapan metode Think-Talk-Write / TTW dimulai dengan beberapa tahap yang teratur yaitu pembukaan, inti acara meliputi penjelasan, penerapan; dimana pengajar menerapkan tahap-tahap dalam metode Think-Talk-Write /TTW, yaitu mahasiswa berpikir tentang apa yang ada digambar secara individu, mahasiswa mengungkapkan jawaban secara lisan melalui diskusi, kemudian berupa tulisan secara individu, penugasan dan penutupan.

Metode ini tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa dalam keterampilan berbicara berdasarkan pada hasil perhitungan rumus T-table yang menyebutkan bahwa nilai T = -3,76 lebih kecil dari 1,721, maka ho diterima dan h1 ditolak، berarti hipotesis ditolak. Demikian juga pada keterampilan menulis berdasarkan pada hasil perhitungan rumus T-table yang menyebutkan bahwa nilai T = -4,38 lebih kecil dari 1,753 maka ho diterima dan h1 ditolak, berarti hipotesis ditolak. Hal ini disebabkan karena kualitas kelompok kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen.

ABSTRACT

The Think-Talk-Write/TTW method according to Martini Yatim and Bansu I. Ansari, is a method that helps students in vocational training and language training in spoken and written language well and smoothly. This method is used based on education is one of social behavior، in which students are required to think, speak and write in expressing a particular topic. This method is used to improve writing skills and practice the language fluently before writing.

This method allows students to determine the core of the discussion before the students write them down. However, this method helps students to gather and develop ideas through conversation correct.

This study aims to provide answers to the formulation of researc, such as (1) how the application of the method of Think-Talk-Write / TTW in improving language skills in PKPBA MALIKI UIN Malang, (2) the extent to which the effectiveness of the method of Think-Talk-Write / TTW in improving speaking skills, (3) the extent to which the effectiveness of the method of Think-Talk-Write / TTW in improving writing skills.

This study uses a quantitative approach to the methods of experimental research، where researchers use two groups، one experimental and one control class.

Based on the analysis method is known that the application of Think-Talk-Write / TTW began with a regular stage of opening، the core of the event include an explanation, the application; where teachers implement the steps in the method of Think-Talk-Write / TTW, the students think about what is drawn individually, students express answers orally through discussion، then the form of individual posts, assignment and closing. This method has no effect on student learning outcomes in speaking skills based on the calculation of the formula T-table that says that the value of T = -3,76 is less than 1,721, then H0 is accepted and H1 is rejected, then the hypothesis is rejected.

Similarly, the writing skills based on the calculation formula T-table that says that the value of T = -
4,38 is less than 1,753 then H0 is accepted and H1 is rejected, then the hypothesis is rejected. This is because the quality is higher than the control group experimental class.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Huda, Miftahul and Mahmud Adam Ibrohim, Faishol
Keywords: طريقة التفكير; الكلام; الكتاب; المهارات اللغوية; Think; Talk; Write/TTW Method; Language Skills; Metode Think; Talk; Write/TTW; Keterampilan Bahasa
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:35
Last Modified: 12 Sep 2017 08:35
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7991

Actions (login required)

View Item View Item