إعداد الكتاب التعليمي والمواد المسموعة على أساس المنهج الدراسي على مستوى الواحدة التعلمية: بحث تطويرى وتجريبي بالتطبيق على مدرسة وهاب حسب الله العالية الإسلامية تامباك براس جومبانج

Faida, Ummul (2012) إعداد الكتاب التعليمي والمواد المسموعة على أساس المنهج الدراسي على مستوى الواحدة التعلمية: بحث تطويرى وتجريبي بالتطبيق على مدرسة وهاب حسب الله العالية الإسلامية تامباك براس جومبانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Buku teks adalah unsur yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, maka guru sebagai pendidik harus menyiapkan buku teks tersebut dengan sebaik mungkin, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai. Dalam hal ini peneliti melihat pentingnya menyiapkan buku teks untuk pengajaran menyimak bahasa Arab bagi siswa dan guru. Maka, penelitian ini berjudul “Menyiapkan buku teks untuk pengajaran menyimak berdasarkan KTSP pada Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh (program keagamaan) Tambakberas Jombang”.

Penelitian ini bertujuan untuk menyiapkan buku teks untuk pengajaran menyimak berdasarkan KTSP pada MAWH (program keagamaan), serta untuk mengetahui pendapat para ahli media, ahli materi dan guru tentang buku teks tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk 0) mengetahui proses pembuatan buku teks untuk menyimak berdasarkan KTSP, dan 2) mengetahui efektivitas penggunaan buku teks untuk menulis kata yang diperdengarkan, 3) mengetahui efektivitas penggunaan buku teks untuk memahami isi dialog atau wacana yang diperdengarkan, 4) mengetahui efektivitas penggunaan buku teks untuk mengungkapkan kembali secara lisan atau tulis yang diperdengarkan

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, karena metode penelitian yang digunakan menghasilkan produk buku bahan ajar dan media pembelajaran dan mengujikannya di lapangan setelah melalui validasi uji ahli. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XIB. Adapun model pengembangan yang dalam penelitian ini adalah (0) studi pendahuluan, (2) menyiapkan buku teks, (3) validasi ahli, (4) revisi, (5) uji lapangan, (6) hasil akhir (produk buku teks.)

Hasil penelitian ini adalah (0) buku teks untuk menyimak dan media pembelajaran, (2) rata-rata hasil tes siswa menulis kata yang diperdengarkan sebelum adalah 414 dan setelah 514, (3) rata-rata hasil tes siswa memahami isi dialog dan wacana yang diperdengarkan sebelum menggunakan buku teks 214 dan setelah 554, dan (4) rata-rata hasil tes siswa mengungkapkan kembali isi dialog dan wacana yang diperdengarkan sebelum menggunakan buku teks 354 dan setelah 514. Kuisioner oleh siswa tentang penggunaan buku teks menunjukkan %34 artinya bahwa buku teks ini baik dan efektif.

Hal-hal yang perlu disarankan dalam penelitian ini adalah 0) dalam buku teks untuk menyimak ini, peneliti belum membuat latihan menyimak siswa dengan permainan bahasa yang diperdengarkan, maka diharapkan agar guru/peneliti untuk menambah latihan-latihan tersebut agar siswa lebih menguasai bahasa Arab dengan baik dan menyenangkan. 2) buku teks pembelajaran menyimak terbatas untuk siswa Madrasah Aliyah proram keagamaan kelas XI untuk satu tahun ajaran, oleh karena itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menyusun dan mengembangkan buku teks bahasa Arab untuk kemahiran bahasa yang lain seperti kemahiran kalam, qira’ah dan kitabah.

ABSTRACT

Text-book is very important element in school activity, there for teacher as educator have to prepare the text-book with good as possible, so the target expected study can reach. In this case the researcher important seeing his prepare text-book for instruction to study Arabic language skill like listening teaching and studying. Hence, this research entitles " Preparing text-book for instruction to study the listening skill pursuant to KTSP at Islamic Wahab Hasbulloh Senior High School (religious program) Tambakberas Jombang".

This research aims to prepare text-book for instruction to study the listening skill with KTSP at MAWH (religious program), and know opinion all about media experts, item experts, method experts about text-book.

The purpose of this study there are four mention, ( 1) knowing the process of textbook to study the listening skill according to KTSP, ( 2) knowing test the effectiveness used of text-book to write sounded off word, ( 3) knowing test the effectiveness used of text-book to comprehend content dialogued or sounded off discourse, ( 4) knowing test the effectiveness used of text-book to lay open again which is sounded off discourse.

Based on the above research objectives, research using descriptive analysis of of this research of development, while the type of design is the development of
research because the research methods used to preparing a text-book and media product and testing in field after passing validasi experts test. As for population in this research is all class student of XIB religious program MAWH of Tambakberas Jombang. Do development of text-book step that is: antecedent study, preparing of text-book, experts test, revise, and empiric test.

Result of this research are ( 1) product text-book and media Arabic listening study, ( 2) the result of student test write sounded off word before using textbook is
40% and after is 50%, ( 3) result of student tes comprehend content dialogued and sounded off discourse before using text-book 20% and after is 55%. ( 4) result of student tes lay open again which sounded off before using text-book 35% and after is 50%. Found of a significant increase by student is the total value is 73%, this indicate
that their value has increased and effectived.

While researchers suggestion presented are ( 1) should be the practice Arabic listening with game of sounded off Ianguage, to be student more is mastering of Arabic Ianguage better and please. ( 2) for researchers to compile and develop Arabic Ianguage text-book for the deftness of other Ianguage skill like speaking, reading and
writing.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syaikhoun Mohammed, Mohammed and Muzakki, Ahmad
Keywords: إعداد; الكتاب التعليمي; مهارة الاستماع; preparing text-book; study the listening skill; study of media; menyiapkan buku teks; kemahiran menyimak; KTSP; media pembelajaran
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:34
Last Modified: 12 Sep 2017 08:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item