Rosikh, Fahrur (2012) تطوير أسلوب المناظرة بالمدخل الفعال في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الإسلامية بمعهد الإصلاح لامونجان. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan prodak berupa model pembelajaran debat aktif dengan pendekatan active learning serta menguji efektifitas penerapanya dalam pengajaran keterampilan berbicara.
Rumusan penelitian terdiri dari: 1) apakah karakteristik dari model debat aktif dengan pendekatan actice learning yang dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MA Ponpes Al-Ishlah?, dan 2) sejauhmana efektivitas penggunaan model debat aktif dengan pendekatan actice learning yang dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MA Al-Ishlah?.
Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian pengembangan, Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Madrasah Aliyah Al-Ishlah semester genap tahun ajaran 2011-2012, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas X-u. Dan instrument penelitian yang dipakai adalah; wawancara, angket dan tes.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Karakteristik dari model pembelajaran debat aktif dengan pendekatan active learning yang dikembangkan diantara lain: a)tujuan, model ini bertujuan untuk memecahkan permasalah dalam pengajaran keterampilan berbicara. b)bentuk, model pembelajaran debat aktif dengan pendekatan active learning yang dikembangkan tertuang dalam Silabus dan RPP. c)langkah-langkah model debat aktif dengan pendekatan active learning terdiri dari tiga tahap, pertama: pemberian kosa-kata, penyampaian materi, diskusi. kedua: penyampaian gagasan, sanggahan, kesimpulan. ketiga: evaluasi dan refleksi. d)unsur-unsur model debat aktif sesuai dengan kurikulum dan berpusat pada siswa. 2) Penerapan model debat aktif dengan pendekatan active learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara efektif, nilai T-hitung 0,453 dan T-tabel 0,329.
Adapun Nilai rata-rata hasil tes keterampilan berbicara pada aspek penggunaan kaidah nahwu nilai pretes 31,38 dan postes 33,33. Sedangkan pada aspek berbicara sesuai konteks tertentu nilai pretes 33,97 dan postes 41,76. Kesimpulanya dari paparan tersebut dapat diketahui bahwa kedua aspek tersebut terdapat peningkatan.
ABSTRACT
Arabic class teaching, especially in speaking skill teaching at Madrasah Aliyah Al Ishlah, has some problems and challenges to overcome. The problems can be found in the form of teaching and learning process, psychological problems, and language mastery problems. Based on these problems, the researcher conducts this study under the title Developing Active Debate Learning Model in Speaking Skill Teaching intended to know a carakteristik of active learning model as the solution of the existing problems.
This problem statement of this research is : 1) what is a carakteristik of active debate model in speaking skill learning at MA-Al-Ishlah. 2) how the effectivity of active debate model use in speaking skill learning at MA Al Ishlah.
This research is considered to be a development research since the research method used is aimed to result a product. The data collected is in the form of qualitative and quantitative data. The population used in this research is all the X grader students of MA Al Ishlah Sendangagung Paciran, Lamongan in the second semester of 2011-2012 period. In addition, the research instruments used are: interview, questioner, and test.
The results of tis research are: 1) the carakteristik of active debate model are: a)propouse to medice of speaking skill learning problems. b) active debate model puten of Silabus and RPP. c)product design of active debate learning consisting of three steps, the first step: vocabulary provision, general material explanation, group discussion. The second step: defining each motion of pro-contra team, rebuttal counter of pro-contra team, conclusion. The third step: evaluation and review. d)the active debate model suitable whit curriculum dan student. 2) The use of active debate model in effectively speaking skill learning.
The average score of speaking skill pre- test is 33,97 and the post test score is 41,76 which shows a skill improvement.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | بحث تطوير; أسلوب المناظرة; مهارة الكلام; development research; active debate model; speaking skill; penelitian pengembangan; model debat aktif; keterampilan berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:34 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 14:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7987 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |