Arisnaini, Arisnaini (2012) تعليم الإنشاء باستخدام الفيس بوك وتأثيره في إنجاز الطلبة في مهارة التعبير التحريري. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
10720050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mata pelajaran insyak bertujuan agar siswa dapat mengarang dan mengungkapkan pikiran dan perasaannya dengan cara menulis dengan baik,bermutu dan sesuai dengan kaidah bahasa arab., Hal ini tentunya dapat terwujud jika insyak diajarkan dengan memakai media,media merupakan unsur yang penting dalam pembelajaran, untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. namun pada kenyataannya mayoritas siswa Makhad Darul Ulum Jambo Tape fasih dalam berbicara akan tetapi sangat lemah dalam menulis.
Melihat fenomena tersebut, maka peneliti ingin menerapkan media facebook untuk membantu meningkatkan kemampuan menulis melalui mata pelajaran insyak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (۱) Bagaimana penerapan Pengajaran insyakdengan menggunakan media facebook terhadap siswa Ma’had Darul Ulum Jambo Tape Banda Aceh? (۲) Sejauhmana pengaruh pengajaran insyak dengan menggunakan media facebook terhadap prestasi siswa pada ketrampilan menulis?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (۱) untuk Mendiskripsikan bagaimana penggunaan facebook dalam pengajaran insyak terhadap siswa Ma’had Darul Ulum Jambo Tape Banda Aceh. (۲) Untuk Mendiskripsikansejauhmana pengaruh penggunaan facebook dalam pengajaran insya terhadap prestasi belajar siswa pada ketrampilan menulis.
Metodepeneltian yang digunakan oleh peneliti didalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang melakukan uji coba keberhasilan pada pengajaran insya dengan menggunakan media facebook.Instrument yang digunakan peneliti adalah observasi,angketdan test.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pembelajaran insyak dengan menggunakan facebook sebagai berikut (۱) Langkah-langkah pembelajaran insyak dengan menggunakan facebook (a) Peneliti memeilih media facebook dan materi- materinya dengan menganalisa kebutuhan siswa dan permasalahan- permasalahan dalam pembelajaran insyak.(b) peneliti memilih dua aplikasi yang ada didalam facebook yaitu chat dan coment (c) Peneliti menulis kompetensi dasar dan indikator(d) Peneliti membuat akun dan password untuk setiap siswa (e) Peneliti menulis soal dan komentar darinya dan mengirimkannya kepada siswa (f) Peneliti mengadakan evaluasi (g) Penulis membatasi tulisan dari ٥-۱۰ baris.
(۲) hasil penelitian menunjukan bahwa belajar insyak dengan memakai facebook sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis murid kelas limaaliyah di Ma’had Darul Ulum Banda Aceh, peneliti telah membandingkan hasil nilai dar kedua kelompok yaitu kelompok eksperiment dan non eksperiment,ini terlihat pada ujian bakdi bahwa nilai t (۲,٤۷) dalam penelitian ini lebih besar dari nilai t-test(۲,۷) pada tingkatan ٥%.
Dari sini kita dapat mengetahu bahwa hasil penelitian tersebut dapat diterima (maqbul) dengan kata lain bahwa belajar insyak dengan menggunakan facebook sangat berpengaruh dalam belajar siswa khususnya dalam ketrampilan menulis.
ABSTRACT
Insyak subjects intended for students to write and express their thoughts and feelings by writing a good, quality, and in accordance with the rules of the Arabic language.,
This could happen if insyak taught by means of media, media is an important element in learning, to achieve effective learning and fun. but in fact the majority of students
Makhad Darul Ulum Jambo Tape fluent in speaking but very weak in writing.
Looking at the phenomenon, the researchers wanted to implement facebook media to help improve writing skills through subjects insyak Formulation of the problem statement in this research were :(1) How is the Teaching
insyak study using facebook for student Ma'had Darul Ulum Jambo Tape Banda Aceh?
(2) How far the influence of teaching insyak using facebook on student achievement in writing skills?
The purpose of this kind researc is to: (1) describe how to use facebook in the teaching of students at Ma'had Darul Ulum Jambo Tape Banda Aceh. (2) to describe the extent of the influence of the use of facebook in teaching willing to student achievement in writing skills.
Other research methods used by researchers in this study is a quantitative approach. The type of study is a research experiment to test the success of the teaching of media
willing to use facebook. Research instruments used were observation, questionnaires and tests.
The results obtained are insyak Learning to use facebook as follows (1) learning to use facebook insyak analyze students' needs and problems in learning insyak. (2) the
results showed that learning to use facebook insyak great influence on student achievement and effective in improving the writing skills of fifth graders Ma'had Darul Ulum aliyah in Banda Aceh, was seen in the value of t in this study is greater than the value of t -test at 5%
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Imam and Machmudah, Umi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم الإنشاء; الفيس بوك; مهارة التعبير التحريري; Teaching Insyak; Facebook; Learning Achievement; Writing Skills; Pengajaran Insyak; Facebook; Prestasi Belajar; Ketrampilan Menulis | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:33 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2017 15:33 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7985 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |