Astina, Chairani (2012) إعداد المواد التعليمية لمهارة الكلام لطلبة أكاديمية التمريض: بحث تطويرى وتجريبي بأكاديمية نبيلة للتمريض بمدينة بادنج بانجانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10720048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mahasiswa Keperawatan Akademi Nabila Panjang Panjang mempelajari bahasa Arab, untuk menciptakan staf profesional yang siap untuk menempatkan mereka di dalam dan luar negeri, dilengkapi dengan keterampilan dalam bahasa Arab. Tapi isi materi ajar di Akademik Keperawatan Padang Panjang untuk buku- buku teks yang digunakan sebagian besar belum bisa mewakili perannya sebagai bahan ajar yang membuat lebih mudah bagi mahasiswa untuk belajar bahasa Arab, karena dengan mengambil bahan ajar secara acak tidak sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Akademi keperawatan, dan kemudian mereka meng- copynya, di mana tujuannya adalah untuk memahami teks-teks kuno saja. Sehingga tidak mengembangkan kemampuan empat keterampilan dalam bahasa Arab, terutama keterampilan berbicara.
Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mendesain materi ajar keterampilan berbicara untuk meningkatkan keterampilan berbicara para mahasiswa Akademi Keperawatan Nabila Padang Panjang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain materi ajar keterampilan berbicara bagi mahasiswa Akademi Keperawatan untuk meningkatkan keterampilan berbicara para siswa dengan memperhatikan kecenderungan, kebutuhan dan tingkat kemampuan berbahasa mereka.
Penelitian ini merupaka penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif,.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk bahan ajar keterampilan berbicara (maharah kalam) bagi mahasiswa Akademi Keperawatan semester dua (tingkat satu) 2) Penggunaan produk bahan ajar yang telah didesain memiliki efektifitas yang sangat baik di dalam peningkatan keterampilan berbicara para mahasiswa.
Hal-hal yang perlu disarankan dan diusulkan dalam penelitian ini adalah:
1) guru hendaknya mendesain materi ajar dengan baik dan sesuai dengan kemampuan serta kecenderungan para mahasiswa keperawatan yang berkaitan dengan kehidupan mereka sehari-hari menggunakan metode dan strategi yang beragam, 2) guru hendaknya menghindari penggunaan bahasa ibu dalam pengajaran bahasa Arab yang menyebabkan mereka terbiasa belajar bahasa Arab dengan terjemah, 3) materi ajar keterampilan berbicara yang didisain oleh peneliti adalah bagian dari materi ajar yang dapat menunjang pengajaran berbicara dalam bahasa Arab di Akademi Keperawatan Nabila Padang Panjang atau di Akademi Keperawatan lainnya yang mana mahasiswanya belajar bahasa Arab.
ABSTRACT
Nursing students of the Academy of Nabila Panjang Panjang learn the Arabic language, to make the professional staff who are preparing to put them in and out of the country, equipped with skills in Arabic. But the content of educational materials in academic Nursing Padang Panjang for text books that are used can not to a large extent to make it easier for students to learn Arabic as it is to take learning materials randomly not be appropriate for the needs of the student Academy, then copy them to all students, where the aim is to understanding of the ancient texts only. So as not to develop the four language skills, especially speaking skill.
Based on this aspect, so the researcher tryed to prepare educational materials for the speaking skill in the hope that improves the ability of students to the Academy of Nursing Nabila Panjang Panjang.
The purposes of this research are: 1) A handbook to improve Arabic speaking skill for students of the Nursing Academy Nabila Padang panjang 2) test the effectiveness of handbook in improving student’s Arabic speaking skill of
Nursing Academy Nabila Padang Panjang.
This research used qualitative and quantitative approach and the type of this research was a kind of “Research and Development” ( R & D ).
The results of this research are: 1) product handbook of Arabic speaking skill based on the theories of design student handbook, 2) the experiment appointed that using product handbook could improve the ability of students to speak Arabic.
There are suggestions for the academy and it’s Arabic teachers: 1) rearrange the material of Arabic lesson, especially Arabic speaking skill, based on
need analysis 2) avoid the use of mother tongue when teaching Arabic speaking, because it makes the students get used to translate the lesson or explained in the mother tongue 3) the teaching materials designed for Arabic speaking skill for students academic nursing perspective is a tool of important tools in the teaching process that can benefit the Arabic teachers of Nursing Academy Nabila Padang Panjang or other academy nursing that the students learn Arabic.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المواد التعليمية; مهارة الكلام; Teaching Materials; Arabic Speaking Skill; Materi Ajar; Keterampilan Berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:36 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:30 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7983 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |