Darman, Isra Hayati (2011) تصميم المنهج على أساس متعدد الأبعاد لتعليم اللغة العربية في المعهد الإسلامي: بحث تطويرى في المعهد الإسلامي بياكمبوه سومطرة الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10720047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah kurikulum khusus untuk pengajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Ma’had Islamy berdasarkan kurikulum multidimensi. Tidak adanya kurikulum terpadu sebagai pedoman bagi guru dan siswa dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar yang efektif di pesantren adalah dasar pijakan penelitian ini. Untuk itu, peneliti melihat bahwa kurikulum multidimensi sangat cocok dengan tujuan utama pembelajaran Bahasa Arab dan motivasi siswa untuk belajar Bahasa Arab di sana.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, serta memakai langkah-langkah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiono dan langkah-langkah pengembangan kurikulum yang dikemukakan oleh Jack C. Richard dengan modifikafi. Adapun subjek coba dari penelitian ini terdiri dari 45 orang siswa dan 10 orang guru di Pondok Pesantren Ma’had Islamy.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan pengolahan datanya menggunakan teknik analisis isi, analisis deskriptif dan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kurikulum berbasis multidimensi untuk pengajaran Bahasa Arab di Ma’had Islamy yang berisi: gambaran umum, profil Ma’had Islamy, kalender pendidikan, kurikulum multidimensi, tujuan pembelajaran Bahasa Arab, isi (materi pelajaran), aktifitas pembelajaran, metode- metode pembelajaran, media yang digunakan, evaluasi dan ujian, buku sumber pengajaran dan silabus. (2) Hasil dari validasi yang telah dilakukan oleh para validator kurikulum pembelajaran Bahasa Arab terhadap kurikulum ini secara umum mencapai 92,7% “baik sekali”. Menurut para validator, isi kurikulum yang didesain ini jelas, memenuhi syarat yang ditentukan, sesuai dengan tingkatan siswa dan mengandung unsur-unsur kurikulum multidimensi serta menjaga karakteristiknya.
Dan hasil analisis data yang didapat melalui angket ataupun wawancara dengan para guru menunjukkan bahwa kecocokan kurikulum ini untuk diterapkan di Ma’had Islami mencapai tingkat 95,24%. Ketua yayasan, pimpinan pondok dan para guru di pondok pesantren ini telah sepakat untuk memakai dan menerapkan kurikulum ini sebagai pedoman bagi mereka dalam pelaksanaan aktivitas belajar mengajar setelah dilakukan perbaikan seperlunya.
ABSTRACT
This research was intentionally performed to design a specific curriculum for teaching process of Arabic language at the Ma’had Islamy Islamic Boarding School based on multidimensional curriculum.
The reason of choosing this topic was the absence of an integrated curriculum which can be used as a guide for teachers and students to perform an effective learning and teaching process in the Ma’had Islamy. The author assumed that the multidimensional curriculum is relevant with the main goals of Arabic teaching in this school and useful to motivate the students to learn Arabic language in the Ma’had Islamy.
This development research with qualitative approach, used a model proposed by Sugiono and the curriculum development model proposed by Jack C. Richard with modification. The subjects of the research were 45 students and 10 teachers from the Ma’had Islamy Islamic Boarding School. The data was collected by using observation, interview, and questionnaire. The data was then analysed by using a content analysis technique, a descriptive analysis and a descriptive statistic analysis.
The result of this study says that: (1) the proposed multidimensional curriculum for the Arabic language teaching at the Ma’had Islamy consists of: general overview, profile of the Ma’had Islamy, academic calendar, multidimensional curriculum, goals of Arabic language learning, contents (subject material), learning activities, learning methods, media, evaluation and examinations, teaching resources and sillaby . (2) The final assessment of this designed curriculum from the validators resulted the score of 92,7%, which means “very good”.
The validators stated that the content of this curriculum is clear and has fulfilled the requisite requirement, relevant with the student levels, contains of multidimensional curriculum elements, and keep it’s characteristics. The result of data analysis obtained from the questionnaires and interview with the teachers shows that the suitability of the designed curriculum to be applied at the Ma’had Islamy has a score of 95,24 %. The head of the organisation, the head of Islamic boarding school, and teachers at the school have agreed to use and apply the designed curriculum as a guide for them during the teaching and learning process of Arabic language after necessary revision.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wargadinata, Wildana and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم اللغة العربية ;تصميم; المنهج متعدد الأبعاد :Design; Multidimensional Curriculum; Arabic Language Teaching; Pengembangan; Kurikulum Multidimensi; Pengajaran Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2017 15:36 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 11:00 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7982 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |