تصميم الأغاني للأطفال لترقية إستيعاب المفردات العربية: بحث تطويرى وتجريبي في روضة الأطفال "كسوما موليا" بكاديري

Farhisiyati, Rufa Hindun (2012) تصميم الأغاني للأطفال لترقية إستيعاب المفردات العربية: بحث تطويرى وتجريبي في روضة الأطفال "كسوما موليا" بكاديري. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Telah kita ketahui bahwasanya pada zaman sekarang ini banyak ditemukan strategi dan media pembelajaran yang baru yang sangat menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Misalnya dalam tingkatan anak-anak, guru harus mencari metode pembelajaran Bahasa Arab yang sesuai dengan karakteristik mereka. Salah satunya yaitu mereka senang bermain dan bernyanyi. Maka dalam hal ini guru bisa mengajarkan Bahasa Arab dengan menggunakan lagu-lagu sebagai medianya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain lagu anak-anak untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab dan mengetahui keefektifitasannya sebagai media pembelajaran Bahasa Arab. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dan eksperimen dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, peneliti menggunakan contoh tahap-tahap pengembangan dari metode Borg dan Gall.

Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 35 siswa dalam kelas ujicoba di RA Kusuma Mulia di Kediri. Dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi, wawancara, penyebaran angket dan test. Sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif dan statistik.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Produk Desain Lagu Anak-anak untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab, 2) Spesifikasi produk yang di desain yaitu; (a) Didalamnya terdapat 10 lagu, (b) kosakata didalam lagu ditampilkan dengan gambarnya yang sesuai, (c) durasi setiap lagu 3-5 menit, (d) semua lagu dijadikan satu dalam program Flash. 3) Penggunaan produk yang telah didesain memiliki efektifitas yang sangat baik dan sangat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab. Hal ini berdasarkan perbandingan nilai post-test antara kelas ekperimen dan kelas kontrol yang terdapat pada table t dalam hal perbandingan pada level 1% dan 5 % adalah (2.65<3.92>2.00)

ABSTRACT

Nowadays, there are many new strategies and media that interest students in learning processes. For instance, for young learners in learning Arabic, teacchers should find learning strategies that are suitable with student’s development. Some of the student’s characters are that they like playing and singing.

The teachers are expected to teach Arabic using songs as the media. The purpose of the study is to develop children songs to improve the mastery of Arabic vocabulary and to know the efficiency of using the songs as the media.

The design of the study was Research and Development and experimental study that used both qualitative and quantitative approach. The reseacher used Borg ang Gall design. The sample of the study were 35 students at RA Kusuma Mulia Kediri. The instrument that were used to collect the data were observation sheet, questionnaire, and test. The data were analyzed descriptively and statistically.

The results of this study are: 1) Children Songs to Improve Arabic vocabulary, 2) The specification of the products are; (a) there are 10 children songs, (b) the vocabulary matches the picture, (c) the duration of each song is 3-5 minutes, (d) all songs are compiled in a Flash program. 3) The product has high efficiency and really help students improve their Arabic vocabulary.

This result is based on the comparison between the score of the post-test of the experimental and control class that is shown by the t-table on the comparison level of 1% and 5% is (2.65 <3.92> 2.00)

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Muhammad and Mubarok, Zulfi
Keywords: تصميم الأغاني للأطفال; المفردات العربية; Desain; Children Song; Arabic Vocabulary; Desain; Lagu Anak-anak; Kosakata Bahasa Arab
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:35
Last Modified: 12 Sep 2017 08:35
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item