إعداد كرّاسة التدربيات وفعاليتها في ترقية مهارة الكلام: بحث تطويرى وتجريبي في مدرسة المحمدية الأولى المتوسطة في سيدوحارجوا

Hikmah, Khizanatul (2012) إعداد كرّاسة التدربيات وفعاليتها في ترقية مهارة الكلام: بحث تطويرى وتجريبي في مدرسة المحمدية الأولى المتوسطة في سيدوحارجوا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10720041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bahwasanya Mempelajari bahasa arab bukanlah suatu hal yang mudah dan praktis baik bagi penutur asli (bahasa arab) dan selain penutur asli. Hal ini menunjukkan adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab, diantaranya dari segi keterampilan berbicara.

Nampak dengan jelas permasalahan ini terjadi pada Siswa SLTP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, diantaranya adalah kurang adanya kemampuan siswa dalam ta’bir yang baik dan benar, kurangnya latihan berbicara bagi siswa, sedikitnya latihan berbicara yang ada pada buku teks, dan tidak adanya buku pendamping. Namun demikian, para siswa membutuhkan solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab. Adapun salah satu usaha meningkatkan kemampuan siswa terhadap keterampilan berbicara adalah dengan memberikan latihan-latihan kalam dalam LKS keterampilan berbicara.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penyusunan Lembar Kerja Siswa (Lks) dalam meningkatkan keterampilan berbicara di SLTP Muhammadiyah 1 Sidoarjo tahun ajaran 2011-2012?, 2) Sejauh mana efektifitas Lembar Kerja Siswa (Lks) untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SLTP Muhammadiyah 1 Sidoarjo tahun ajaran 2011-2012?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf deskriptif serta metode penelitian dan pengembangan (R&D) dan eksperimen dengan menggunakan pre- test dan post-test pada dua kelompok (kelas percobaan dan kelas control). Populasi dari penelitian ini meliputi seluruh siswa SLTP Muhammadiyah 1

Sidoarjo. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII meliputi kelas B berjumlah 30 siswa (Kelas Kontrol), dan kelas C berjumlah 30 siswa (kelas Percobaan). Adapun Instrumen Penelitian adalah adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan test.

Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) LKS Keterampilan Berbicara terdiri dari empat bab yang meliputi : bab 1 “ke perpustakaan”, bab 2 “kunjungan „umar ke rumah sakit”, bab 3 “keluarga”, bab 4 “pertandingan sepak bola”, dan setiap dars terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator, petunjuk khusus, 10 tadribat kalam, tadrib idhofy berupa permainan bahasa, mahfudhot, dan kosakata. 2) Berdasarkan pada : a) Adanya perbedaan dari hasil Pre-Test dan Post-Test pada kelompok percobaan yaitu 14,000 yang diperoleh dari 57,333 (hasil Pre-Test) dan 71,333 (hasil Post-Test), b) hasil Uji T-Hitung (9,595) lebih besar dari T-Tabel 5% (2,75) dan 1% (2,04).

Artinya ada perbedaan cukup signifikan antara kemampuan berbicara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan LKS keterampilan berbicara. Dengan demikian, bahwa penggunaan LKS efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa.

ABSTRACT

The learning Arabic is not something easy and practical for the native speakers (Arabic) and not native speakers. It is shows the existence of problems in learning Arabic, including speaking skills. Clearly this issue appears to occur at the Islamic Junior High School of Muhammadiyah 1 Sidoarjo, among them is the lack of ability of the students in the speaking of good and right, the lack of exercise students at speaking, the lack for speaking practice in a textbook, and the least of the companion book. However, the students needed a solution to develop the skills of speaking Arabic.

As for one of the student's ability to increase business speaking skills is by student worksheet of speaking skills.

Therefore, Problem statement of this research are : 1) How design student Worksheet to develop the speaking skills at the Islamic Junior High School of Muhammadiyah 1 Sidoarjo in academic year 2011-2012?, 2) How effectiveness of Student Worksheets to develop the speaking skills of students at the Islamic Junior High School of Muhammadiyah 1 Sidoarjo in acadepmic year 2011-2012?

This research used descriptive-quantitative approach and the type of this research was a kind of “Research and Development” (R&D) and experiment using the pre-test and post-test with two groups (experiment class and control class). The population of this research was students in Islamic Junior High School of Muhammadiyah 1 Sidoarjo in academic year 2011-2012. Then, purposive random sampling was used, 30 students is B class (control class), and 30 students is C class (experiment class).

As for the research instrument is a researcher, observation, interview, documentation, questionnaire, and test.

The result of this research are : 1) the student worksheet of speaking skills consist is four chapters which include, chapter 1 “going to Library”, chapter 2 “‟umar visit to hospital”, chapter 3 “the family”, chapter 4 “competition of football”, and each consists of competence standart, base competence, indicator, special instruction, 10 speaking exercise, two game language, word pearl, and vocabulary. 2) Based on : a) the distinction from pre-test and post-test in experiment class is 14,000 of geet from 57,333 (Pre-test results) and 71,333 (Post- Test result), b) test result of T-Count (9,595) is bigger than T-table (2,75) for the measure of 5%, and bigger than for the measure of 1% (2,04).

It means there is a significant difference between ability to talk before and after used a student worksheet of speaking skills. Therefore, it can be concluded that use of student worksheet is more effective to develop the speaking skills of students.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syaikhoun Mohammed, Mohammed and Mahmud Adam Ibrohim, Faishol
Keywords: كرّاسة التدربيات وفعاليتها; مهارة الكلام; Student Worksheet; their effectivenees; speaking skills; Lembar Kerja Siswa (LKS); Efektifitasnya; Keterampilan Berbicara (Kalam)
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 12 Sep 2017 08:36
Last Modified: 12 Sep 2017 08:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item