Syarifaturrahmatullah, Syarifaturrahmatullah (2012) تطور منهج تعليم اللغة العربية فى جامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجرماسين كلمنتان الجنوبية: دراسة وصفية تقديمية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
10720039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Setiap bahasa memiliki kompetensi-kompetensi khusus yang harus dimiliki siswanya. Dalam Bahasa Arab, ada empat kompetensi yang harus dikuasai, yaitu: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Kementrian Agama telah mewajibkan seluruh sekolah di Indonesia untuk mengajarkan Bahasa Arab, mulai dari sekolah dasar sampai tingkat kampus.
Telah banyak percobaan dan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bahasa arab, baik itu kurikulum maupun metodologi. Tetapi kurikulum pembelajaran Bahasa Arab yang dikembangkan tersebut tidak memberi dampak yang signifikan dalam pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap empat kompetensi bahasa itu sendiri, bahkan ada siswa yang tidak mengetahui sedikitpun tentang kompetensi-kompetensi tersebut sebagaimana yang diharapkan oleh kurikulum pembelajaran itu sendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Unsur-unsur apa saja yang berkembang dalam kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Antasari Banjarmasin? (2) Apakah ada kesesuaian antara perkembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pelayanan Bahasa IAIN Antasari dengan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab bagi penutur non-Arab? (3) Apa kendala- kendala dalam perkembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Antasari Banjarmasin?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif evaluatif untuk mendiskripsikan dan mengevaluasi perkembangan kurikulum pembelajaran bahasa arab di IAIN Antasari banjarmasin Kalimantan Selatan dari segi tujuan, materi, metode dan evaluasi. Untuk mendapatkan data tersebut, peneliti mengunakan empat instrumen penelitian, yaitu: wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Telah terjadi perkembangan unsur-unsur kurikulum pembelajaran Bahasa Arab pada Pusat Pelayanan Bahasa IAIN Antasari sejak tahun 2003 sampai sekarang, (2) Adanya kesesuaian antara perkembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pelayanan Bahasa IAIN Antasari dengan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab bagi non-Arab, namun pola perkembangannya kembali pada pemahaman tradisional terhadap bahasa, (3) Kendala-kendala dalam perkembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab pada Pusat Pelayanan Bahasa IAIN Antasari antara lain: a) kendala- kendala yang berhubungan dengan guru dan mahasiswa, b) kendala-kendala yang berhubungan dengan pendidikan dan manajemen c) kendala-kendala yang berhubungan dengan sarana dan media.
ABSTRACT
Each language has its specific competencies which students should possess. In Arabic, there are four competencies to be mastered, namely: listening, speaking, reading, and writing. Ministry of Religious Affairs has required all schools in Indonesia to teach Arabic, ranging from elementary school through college level.
There have been many experiments and efforts made to improve students skills in Arabic, both the curriculum and methodology. However, curriculum for Arabic learning that was developed did not give a significant impact in students for understanding and knowledge the four language competency itself, even there are students who did not know anything about these competencies as intended by the curriculum of learning itself.
Problem statement in this research were: (1) what elements are developing in the curriculum of Arabic learning in IAIN Antasari Banjarmasin? (2) Is there a match between arabic learning curriculum development at Arabic Language Service Center IAIN Antasari with the Arabic learning curriculum for non-Arab speaker? (3) What are the obstacles in the development of Arabic learning curriculum at IAIN Antasari Banjarmasin?
This research used descriptive evaluative methods to describe and evaluate the progress of arabic learning curriculum at the IAIN Antasari banjarmasin South Kalimantan in terms of objectives, materials, methods and evaluation. To obtain these data, researchers use four research instruments, namely: interviews, observation, questionnaires and documentation.
The results of this research are as follows: (1) There have been curriculum elements development in Arabic learning at the Language Service Center IAIN Antasari since 2003 till now, (2) There is a match between arabic learning curriculum development in Arabic Language Service Center IAIN Antasari with the Arabic learning curriculum for non-Arab speaker, but the pattern of its development back to the traditional understanding of the language, (3) Constraints in the development of Arabic learning curriculum at Arabic Language Service Center IAIN Antasari include: a) the constraints associated with teacher and students, b) constraints relating to education and management c) constraints relating to the means and media.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr and Dimyati, Mohammad Afifuddin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطور منهج; تعليم اللغة العربية; Curriculum development; Arabic learning; Perkembangan Kurikulum; Pembelajaran Bahasa Arab | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Muhammad Syahriel | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2017 13:23 | |||||||||
Last Modified: | 27 Dec 2017 10:36 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7973 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |